30 Manfaat madu untuk kecantikan dan pengobatan

Manfaat madu untuk kecantikan, pengobatan dan juga kesehatan sudah lama di kenal bahkan sejak zaman mesir kuno. Madu adalah cairan lengket menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah sebagai makanan bagi mereka. Madu diperoleh lebah dari nektar bunga yang dihisap kemudian di bawa ke sarang mereka sebagai cadangan makanan. Manfaat madu sangat banyak sekali untuk kesehatan karena mengandung hampir semua vitamin, beberapa mineral, gula alami dan beberapa zat penting bagi tubuh manusia. Madu memiliki beberapa jenis tergantung dari mana si lebah menghisapnya, akan tetapi secara umum dibagi menjadi dua bagian besar. Pertama adalah Madu ternak dihasilkan lebah dari satu jenis tanaman saja, misalnya dari pohon randu sehingga disebut madu randu. Kedua Madu hutan berasal dari berbagai jenis nektar bunga dan memiliki nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan jenis pertama karena dihasilkan dari banyak jenis tanaman atau bunga.

gambar manfaat madu untuk pengobatan
Gambar madu
 Kandungan nutrisi madu 

Khasiat dan manfaat madu sangat banyak bagi tubuh manusia, hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang banyak pula. Kandungan madu sebenarnya tergantung dari mana lebah tersebut menghisap, tetapi secara garis besar madu memiliki kandungan yang hampir sama seperti air, gula, karbohidrat, vitamin A, B, C, E dan beberapa enzim.


Manfaat madu untuk pengobatan dan kesehatan

1. Mengobati batuk. Dalam Sebuah penelitian di tahun 2007 lalu dari Penn State College of Medicine diketahui bahwa madu dapat membantu menenangkan batuk pada anak-anak terutama di malam hari. Studi lain yang dipublikasikan di Pediatrics juga menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda, dalam studi tersebut melibatkan 270 anak berusia sekitar 1-5 tahun yang menderita batuk di malam hari, dalam penelitian ini masing-masing anak diberikan dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur, hasilnya mereka yang mendapatkan madu memiliki frekuensi batuk lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

2. Memberikan pasokan energi. Madu memiliki rasa manis yang berarti memiliki kandungan gula alami. Kandungan gula dalam madu berbeda dengan gula pasir karena gula dalam madu lebih lambat dicerna sehingga bisa memberikan anda energi secara bertahap, ini sangat cocok dijadikan sebagai suplemen penambah energi alami bagi anda yang memiliki aktivitas padat.

3. Meningkatkan produksi darah merah. Manfaat madu dalam tubuh berbeda-beda tergantung bagaimana anda mengkonsumsinya. Saat dicampur dengan air hangat madu dapat meningkatkan jumlah darah merah. Perlu kita ketahui bahwa Sel darah merah memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita seperti membawa oksigen dalam darah ke berbagai bagian tubuh termasuk otak. Itu artinya madu bisa menjadi obat alternatif bagi penderita anemia karena madu dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang ditandai dengan pusing, lemas dan mudah mengantuk, hal ini bisa terjadi akibat kita kekurangan zat besi.

4. Melawan bakteri. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat bermanfaat bagi tubuh anda karena dapat melawan bakteri dan mikroba dengan acara merangsang antibodi. Dalam sebuah studi berhasil mengungkap jika madu memberikan manfaat untuk mengobati luka. Studi ini diikuti oleh 59 pasien luka dan borok, semua pasien diberikan madu kecuali satu orang pasien dan hasilnya semua pasien menunjukkan peningkatan kecuali 1 pasien yang tidak mendapatkan madu tadi. Selain mendapat peningkatan penyembuhan, luka yang terinfeksi menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah diobati dengan madu.

5. Membantu menurunkan berat badan. Banyak orang berfikir jika mengkonsumsi madu dapat menaikkan berat badan karena memiliki rasa manis. Cairan lengket ini memang tinggi kandungan gula akan tetapi tidak akan membuat anda menjadi gemuk karena gula dalam madu lebih lama dicerna oleh tubuh. Bahkan sebaliknya madu dapat bermanfaat menurunkan berat badan saat dicampur dengan air hangat dan lemon. Untuk mendapatkan manfaat ekstra minumlah ramuan tadi di waktu perut kosong pada pagi hari sebelum sarapan.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Penyakit ini sering dipicu akibat pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengkonsumsi makanan berlemak sehingga dapat meningkatkan kolesterol dalam darah yang akan memicu penyakit jantung. Madu dicampur dengan kayu manis telah terbukti dapat merevitalisasi arteri dan vena jantung sekaligus mengurangi kadar kolesterol dalam darah hingga 10%. Konsumsi campuran madu dan kayu manis secara teratur dapat membantu anda mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu bagi penderita penyakit jantung madu akan membantu meringankan penyakit mereka.

7. Membantu mengobati diare. Madu memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu mengatasi diare secara alami. Selain itu madu juga memberikan energi bagi anda untuk mencegah dehidrasi yang diakibatkan sering BAB.

8. Mengatur gula darah. Meskipun madu mengandung tinggi gula akan tetapi bagi penderita diabetes tidak perlu khawatir untuk menkonsumsinya. Madu diketahui tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan lainnya. Kombinasi fruktosa dan glukosa dalam madu bahkan dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Selain itu cairan yang dihasilkan lebah ini juga memiliki indeks hipoglikemik lebih rendah dibandingkan gula pada umumnya, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

9. Mengobati Arthritis. Beberapa orang yang menderita Arthritis melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik setelah mengkonsumsi campuran antara madu dan kayu manis. Sebuah studi di Copenhagen University menemukan bahwa penderita Arthritis yang diberi madu dan kayu manis selama seminggu merasa lebih baik. Caranya adalah campurkan 1 sendok madu dengan satu sendok teh kayu manis, kemudian Minum setengah gelas sebelum sarapan dan sebelum tidur.

10 Membantu mencegah sakit gigi. Sebelumnya Para peneliti dari New York menunjukkan bahwa madu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Namun, para ilmuwan di Selandia Baru mendapatkan hasil yang sebaliknya, mereka mengatakan bahwa madu justru memberikan efek yang positif pada gigi karena memiliki sifat anti-mikroba sehingga dapat menjaga kebersihan mulut, mengobati gusi yang terinfeksi serta menghindari kerusakan gigi.

11. Mencegah kanker. Madu mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu melawan efek buruk radikal bebas, hal inilah yang membuat orang mengatakan bahwa madu dapat mengobati penyakit kanker. Sebenarnya kebenaran manfaat madu untuk mengobati kanker masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Hal yang paling masuk akal adalah madu dapat mencegah penyakit kanker karena kandungan antioksidannya tersebut, meskipun demikian mengkonsumsi madu mungkin bisa membantu penderita kanker untuk meringankan penyakit mereka .

12. Membantu menjaga kesehatan pencernaan. Madu dapat bermanfaat membersihkan usus besar dengan menghilangkan racun. Ini akan membantu mempromosikan bakteri baik dalam usus sehingga pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Selain itu madu juga membantu mengurangi sembelit, kembung dan gas, sekaligus sebagai pencahar alami. Madu juga kaya probiotik (bakteri baik) seperti bifido dan laktobasilus yang membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi alergi.

13. Infeksi kandung kemih. Madu dan kayu manis adalah kombinasi yang sempurna sebagai obat. Keduanya adalah solusi anti-bakteri super untuk mengobati infeksi kandung kemih dan sistitis bakteri. Sifat anti-mikroba dan penyembuhan dari madu dapat membersihkan kandung kemih dari semua infeksi.

14. Mengatasi stres dan penuaan. Madu mengandung tinggi antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas sering dikatakan sebagai salah satu penyebab utama proses penuaan kulit. Sebagai langkah pertahanan, orang-orang biasanya menambahkan makanan yang mengandung tinggi antioksidan sepert buah dan sayur termasuk juga madu. Penggunaan madu sebagai pemanis alami secara teratur dapat meningkatkan suplay antioksidan dalam tubuh. 

15. Menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah diklaim bertanggung jawab atas tingginya faktor serangan jantung. Sebaliknya menurunya kadar kolesterol bisa menjadi indikasi rendahnya resiko penyakit jantung dan stroke. Madu mengurangi kolesterol total (3%), LDL-C (5,8), triacylglycerole (11%), GDP (4,2%), dan CRP (3,2%), dan peningkatan HDL-C hingga 3,3%, sedangkan pada pasien dengan tinggi kolesterol, madu akan membantu penurunan kolesterol sebesar 3,3%, LDL-C sebesar 4,3%, triacylglycerole sebesar 19%, dan CRP sebesar 3,3%.

16. Meningkatkan kerja memori. Menurut penelitian yang dilansir Reuters, 102 wanita sehat yang memasuki usia menopause diminta untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu dapat mengingat 1 kata tambahan dari 15 kata yang diajukan pada tes memori jangka pendek. Akan tetapi para kritikus mengatakan bahwa itu tidak ilmiah karena hanya sebagian kecil dan tidak berlangsung lama.

17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi madu dan bubuk kayu manis secara rutin sering dikatakan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Para ilmuwan berhasil menemukan bahwa madu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral dalam jumlah besar, keduanya merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan sekaligus menjaga keseimbangan nutrisi. Madu juga mampu memperkuat sel-sel darah putih untuk melawan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan virus.

18. Menghilangkan bau mulut. Sifat antibakteri yang dimiliki madu menjadi salah satu alasan kenapa madu dikatakan dapat menghilangkan bau mulut. Bau mulut memang sering disebabkan akibat bakteri yang menempel di mulut dan sela-sela gigi. Bahkan Orang Amerika Selatan sering berkumur dengan satu sendok teh madu yang dicampur dengan bubuk kayu manis dalam air hangat untuk membuat nafas mereka tetap segar sepanjang hari.

19. Membantu detoksifikasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Madu membantu Anda meningkatkan kualitas tidur dan memberikan sifat antivirus yang melindungi Anda dari sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan mikroba. Untuk mendapatkan hasil maksimal minumlah madu yang dicampur susu rendah lemak sesaat menjalang tidur.

20. Mengatasi kelelahan pada otot. Madu adalah suplemen alami bagi para atlet, selain memberikan suplay energi yang melimpah Campuran fruktosa alami dan glukosa yang dimilikinya ternyata diketahui juga bisa membantu memulihkan kelelahan pada otot setelah beraktivitas berat. hal ini lah yang membuat para atlet sering menggunakan madu sebagai suplemen sebelum dan sesudah bertanding.

21. Mencegah flu. Flu adalah penyakit ringan dan tidak berbahaya tetapi cukup mengganggu aktivitas terutama di saat tidur. Tahukah anda jika minum madu dalam keadaan perut kosong diketahui bisa membantu membersihkan tubuh dari lendir dan dahak. Madu juga akan bekerja dengan menghilangkan zat-zat berbahaya dan campuran dari perut.

22. Sebagai salep alami. Madu yang dicampur dengan propolis dapat digunakan sebagai salep alami untuk mengatasi gatal-gatal dan alergi di kulit. Sifat penyembuhannya juga sangat luar biasa untuk menyembuhkan luka bakar dan mencegahnya dari infeksi.

23. Menyehatkan lambung. Madu dapat membersihkan perut saat dikonsumsi sebelum makan. Caranya minum 1 sendok teh madu di pagi hari sebelum makan, tunggu kira-kira 15 menit, kemudian minum satu gelas air hangat. Cara tersebut selain dapat membersihkan lambung juga bisa mencegah penyakit maag.

24. Nutrisi untuk mata. Anda sering berada di depan komputer? Sebaiknya harus lebih memperhatikan kesehatan mata dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kombinasi antara madu dan wortel dipercaya dapat membantu meningkatkan kerja mata anda karena keduanya merupakan sumber vitamin yang baik terutama vitamin A.

Manfaat madu untuk kecantikan 

gambar Manfaat madu
madu kecantikan
 
25. Menjaga kesehatan rambut. Madu bekerja Sebagai emolien untuk menghaluskan dan melembutkan rambut secara alami. Manfaat madu dapat membantu mencegah rambut rontok, dan memperbaiki folikel rambut. Karena sifat antibakteri yang dimilkinya membantu menghilangkan bakteri di kulit kepala yang menyebabkan gatal.

26. Menjadi pelembab kulit. Madu bisa menjadi pelembab alami bagi kulit kering sehingga membuatnya lembab alami. Caranya tuangkan 1-2 sendok madu ke dalam wadah kemudian campurkan dengan minyak zaitun. Terapkan ke seluruh bagian wajah anda hingga merata dan diamkan hingga 15-30 menit setelah itu bersihkan dengan air hangat. Cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi kulit kering.

27. Mengatasi jerawat. Jerawat telah menjadi masalah klasik bagi para remaja di seluruh dunia. Selain mengganggu penampilan, rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh jerawat juga menjadi alasan tersendiri kenapa anda harus menghilangkannya. Madu bisa menjadi alternatif bagi anda untuk menghilangkan jerawat karena memiliki sifat antibakteri. Madu juga bekerja dengan baik pada jenis kulit sensitif.

28. Menghilangkan flek hitam di wajah. Madu dikatakan dapat mencerahkan kulit secara alami. Hal ini dikarenakan madu mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri yang memiliki manfaat mengurangi bekas luka dikulit yang diakibatkan oleh jerawat. Cara penggunaan: Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak minyak zaitun. Terapkan pada daerah yang gelap/bekas luka, pijat dengan ujung jari dengan gerakan melingkar selama kurang lebih satu sampai dua menit. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat.

29. Menghilangkan bekas make up. Sisa make up yang tidak dibersihkan secara sempurna dapat menimbulkan masalah pada kulit. Madu bisa anda jadikan sebagai pembersih wajah alami. caranya: campurkan madu dan minyak kelapa hingga merata dengan perbandingan yang sama. Pijatkan pada seluruh wajah secara perlahan untuk membersihkan seluruh area wajah dari sisa make up. Setelah itu bilas dengan air hangat.

30. Melembabkan bibir. Jika anda suka menggunakan bahan alami untuk perawatan, madu bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bermanfaat bagi kulit dan rambut madu juga bisa dimanfaatkan sebagai lipstik memerahkan bibir. Penggunaan lipstik biasanya akan membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah akan tetapi madu malah sebaliknya membuat bibir anda tampak lebih kenyal dan lembab alami.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat madu untuk kecantikan dan pengobatan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.
loading...