11 cara menurunkan berat badan dengan cepat

Memiliki berat badan ideal merupakan impian semua orang mulai dari pria, wanita, tua maupun muda. Tapi tidak semua orang benar-benar serius mendapatkannya, hal ini dapat dilihat dari gaya hidup yang mereka jalani. Cara menurunkan berat badan itu sebenarnya mudah jika anda benar-benar serius melakukannya, tapi di sisi lain juga sulit jika anda tetap tidak mau merubah kebiasaan buruk.

Tips dan cara menurunkan berat badan dengan cepat

1. Olahraga rutin. Anda malas berolahraga tapi ingin punya badan ideal? Hmmm,,tampaknya sulit. Tubuh kita memerlukan keseimbangan untuk bisa bekerja dengan baik, olahraga adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan agar mencapai keseimbangan tersebut. Olahraga selain bermanfaat menurunkan berat badan dengan cepat juga memiliki banyak manfaat diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung, diabtes, stroke dan osteoporosis. Untuk membuat olahraga tampak lebih mudah anda tidak perlu membayangkan jenis olahraga yang sulit seperti lari, ngegym, sepak bola atau siteup, cukup luangkan waktu sekitar setengah jam perhari dengan bersepeda atau jalan kaki itu sudah sangat baik jika dilakukan secara rutin.

gambar cara menurunkan berat badan
Gambar: menurunkan berat badan
2. Hindari makanan berlemak. Cara ini sebenarnya tidak kalah merepotkan dengan olahraga, kalau berhubungan dengan gaya hidup tampaknya memang sulit dirubah. Kebiasan mengkonsumsi makanan berlemak memang cukup sukar dihilangkan terlebih masyarakat kita banyak yang memasak menggunakan santan, padahal santan jika dipanaskan bisa menjadi sumber lemak. Jadi untuk menurunkan berat badan anda harus benar-benar mengurangi makanan bersantan dan makanan berlemak lainnya.

3. Minum lebih banyak air. Dari sekian banyak cara menurunkan berat badan mungkin cara ini lah yang paling mudah, cukup dengan banyak minum air putih. Manfaat minum air putih sangat banyak bagi kesehatan, termasuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu anda membakar lemak, sehingga metabolisme tubuh sangat berpengaruh terhadap kenaikan atau penurunan berat badan. Selain itu air juga dapat menekan nafsu makan sehingga membuat anda kenyang lebih lama.

4. Hindari minuman manis. Kebanyakan kita lebih suka minum jus atau minuman bersoda selepas makan dibandingkan air putih. Padahal kita tahu minuman tersebut jika dikonsumsi secara terus menerus dapat memicu obesitas dan naiknya gula darah. 

5. Madu dan air hangat. Madu meskipun memiliki rasa manis akan tetapi tidak memicu naiknya berat badan selagi anda tidak mengkonsumsinya secara berlebih. Bahkan madu yang dicampur dengan air hangat dipercaya cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Madu dapat membakar lemak berlebih sehingga membantu penurunan berat badan. minumlah campuran madu dan air hangat di saat perut kosong atau di pagi hari untuk mendapatkan hasil maksimal. selengkapnya 30 Manfaat madu untuk kecantikan dan pengobatan

6. Cukupi kebutuhan serat. Makanan yang mengandung tinggi serat sangat baik dikonsumsi saat anda menjalani diet. Serat membantu melancarkan pencernaan yang pada gilirannya dapat menurunkan berat badan. Selain itu serat juga membuat perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga mencegah anda negmil.

7. Memenuhi kebutuhan protein. Kebutuhan orang akan protein memang tidak bisa ditawar lagi mengingat nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak protein dari pada karbohidrat lebih cenderung memudahkan kita dalam menurunkan berat badan. Tentunya hal ini juga melihat dari mana kita mendapatkan asupan protein tersebut. Carilah sumber protein yang rendah lemak seperti ikan, protein nabati dan yogurt rendah lemak. Protein dapat membuat anda kenyang lebih lama dan mencegah otot kehilangan nutrisi. Berbeda dengan karbohidrat protein dicerna lebih lama, hal ini akan membuat Tubuh mengeluarkan lebih banyak energi sehingga ada lebih banyak lemak yang dibakar.

8. Hindari Tidur selepas makan. Tidur selepas makan sangat tidak baik bagi kesehatan, terutama jika hal ini dilakukan pada malam hari. Saat kita tidur tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik sehingga membuat tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Selain itu sistem pencernaan saat tidur akan bekerja lebih keras dari pada biasanya, hal ini dapat memicu sakit maag dan gangguan pencernaan lainnya.

9. Dengan berpuas. Kalian pernah dengar kan diet OCD ala Dedy Corbuzier? Teori dari diet tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kita melakukan puasa, jadi intinya tidak makan. Meskipun diet dengan cara seperti ini bisa
menurunkan berat badan dengan cepat akan tetapi anda juga harus waspada, karena kebanyakan orang cenderung makan lebih banyak saat berbuka terutama dengan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini bukannya membantu anda menurunkan berat badan akan tetapi justru sebaliknya. Satu hal lagi yang perlu kita ingat adalah jangan sampai kita salah niat karena sebagai sorang muslim semua Ibadah pada dasarnya hanya untuk Alloh.

10. Menghitung jumlah kalori. Dalam menjalani diet prinsipnya bukan menghindari makanan berkalori secara mutlak, karena hal ini tidak mungkin kita lakukan mengingat tubuh juga membutuhkan kalori untuk energi. jadi cara yang bisa dilakukan adalah mengetahui berapa kebutuhan kalori perhari sehingga anda dapat memilih makanan dengan tepat tanpa khawatir akan memicu naiknya berat badan. Kebutuhan kalori masing-masing orang tentunya tidak sama tergantung usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan tingkat aktivitas. Jika merasa kesulitan melakukan hal tersebut anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter.

11. Sarapan sehat. Makanan yang anda konsumsi saat sarapan akan  ikut ambil bagian dalam menurunkan berat badan. Sarapan sehat yang mengandung tinggi nutrisi serta rendah lemak akan membantu anda mendapatkan energi untuk beraktivitas lebih lama. Jadi anda tidak akan merasa lebih cepat lelah dan lapar, sehingga mengurangi kebiasaan negmil. Beberapa menu makanan sehat untuk sarapan diantranya: buah-buahan, sayur, gandum, biji-bijian, susu rendah lemak dan kentang.

Penyebab naiknya berat badan

Kehamilan. Pada masa kehamilan seorang ibu akan lebih banyak makan dibandingkan biasanya, ini akan memicu naiknya berat badan bagi sang ibu. Sebenarnya keadaan tersebut lumrah mengingat dalam keadaan mengandung sang ibu membutuhkan tambahan nutrisi untuk dia dan bayinya, bahkan dalam keadaan hamil sebaiknya anda tidak boleh mencoba melakukan diet untuk menurunkan berat badan karena bisa berbahaya bagi sang bayi, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah membatasi asupan makanan tinggi kalori dan menggantikannya dengan buah dan sayur.

Menopause. Selama menopause, perubahan hormonal akan memicu peningkatan nafsu makan dan menyebabkan penambahan berat badan. Perubahan komposisi tubuh juga membuat anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Faktor genetik. Obesitas atau berat badan berlebih ada hubungan erat dengan faktor genetik. Orang yang memilki orangtua gemuk memiliki resiko obesitas lebih tinggi daripada keturunan dari orang tua ramping. Fakta ini bukan untuk membuat orang dengan keturunan gemuk berkcil hati untuk menurunkan berat badan, akan tetapi lebih mendorong mereka lebih waspada.

Kurangnya aktivitas fisik. Padatnya aktivitas masyarakat di kota-kota besar menjadikan mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga sehingga lebih sering mengalami obesitas.  Hal ini juga diperparah dengan pola makan yang tidak teratur dengan tidak memperhitungkan jumlah nutrisi.

Stres. Stres ternyata dapat mempengaruhi naiknya berat badan seseorang. Ini dikarenakan stres dapat memperlambat metabolisme tubuh. Efeknya berat badan pun bertambah. Karena saat stres kadar insulin yang berperan menyimpan lemak di dalam tubuh menjadi meningkat. Selain itu, lemak juga lebih sulit diubah menjadi energi.

Pola makan. Pola makan bisa dikatakan menjadi penyumbang terbesar naiknya berat badan seseorang. Banyak mengkonsumsi makanan berlemak, manis dan berminyak dengan tidak diimbangi makan buah dan sayur bisa mempercepat peningkatan timbunan lemak di perut anda. Oleh sebab itu sangat penting mengatur pola makan atau program menurunkan berat badan anda akan sia-sia.
loading...