Dampak negatif kurang minum air putih bagi kesehatan

Manfaat minum air putih sangat banyak bagi tubuh karena air memiliki peran penting untuk mendukung kinerja organ-organ di dalam tubuh termasuk jantung dan otak. Kita dianjurkan minum 7-8 gelas air putih perhari bukan tanpa alasan, pasalnya ada banyak penyakit yang hinggap di tubuh saat kita kurang memenuhi kebutuhan air putih ini. Berikut beberapa dampak buruk saat kurang memenuhi kebutuhan air putih:

1. Membuat kita cepat lelah. Dehidrasi ringan mungkin tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, akan tetapi sering mengalami dehidrasi dalam jangka waktu lama bisa memicu masalah kesehatan seperti mudah lelah dan kurang bersemangat, hal ini dikerenakan air berfungsi menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dalam keadaan dehidrasi tubuh akan menyerap energi di dalam tubuh sehingga membuat kita mudah lelah.

Gambar ilustrasi air putih
Ilustrasi air
 2. Menurunkan konsentrasi. Sebagian besar otak kita terdiri dari air sehingga untuk membuatnya bekerja dengan baik anda membutuhkan lebih banyak air. Penelitian menunjukkan mencukupi kebutuhan air putih akan membuat kita lebih mudah berkonsentrasi dan berfikir.

3. Memicu naiknya kolesterol. Ketika kita dalam keadaan dehidrasi akan ada banyak cairan yang hilang di dalam sel sehingga tubuh mencoba untuk menghentikan kerugian ini dengan memproduksi lebih banyak kolesterol.

4. Gangguan pencernaan. Jika seseorang tidak minum cukup air mereka tidak memiliki cairan yang cukup untuk membantu proses pencernaan. Hal ini akan mengakibatkan sembelit, sindrom iritasi usus, kembung, sakit perut, mual dan dalam kasus kronis dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

5. Meningkatkan resiko penyakit jantung. Semakin banyak cairan yang hilang di dalam tubuh, akan membuat darah menjadi lebih keras sehingga otot jantung harus bekerja untuk memompa darah melalui sistem peredaran darah. Penelitian juga telah membuktikan bahwa minum air putih dapat membantu mengurangi stres dan depresi. Kita tahu keduanya dapat memicu penyakit jantung.

6. Memicu kulit kering. Sebuah studi pada tahun 2007 lalu yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic mengungkap hubungan antara kurangnya konsumsi air putih dan kulit kering. Sebagian Peserta penelitian diminta minum 2,25 liter air per hari selama empat minggu. Hasilnya mereka yang lebih banyak minum air putih memiliki kesehatan kulit yang lebih baik.

7. Tubuh menjadi lebih panas. Salah satu manfaat dari minum air putih adalah mendinginkan tubuh. Tubuh menggunakan air untuk mendinginkan organ penting dari overheating terutama setelah berolahraga atau aktivitas fisik yang berat.
loading...