7 Fungsi dan manfaat vitamin A bagi tubuh

Vitamin A adalah nutrisi penting bagi tubuh kita yang memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi berdasarkan berbagai penelitian terbukti bahwa sebagaian besar masyarakat di Dunia tidak mendapatkan cukup asupan vitamin A dalam jumlah yang disarankan.

Kekurangan vitamin A biasanya terjadi akibat kurangnya asupan makanan yang mengandung tinggi vitamin A atau betakaroten. Kurangnya asupan vitamin A dapat ditandai dengan menurunnya penglihatan. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin A yang lebih banyak karena lebih rentan mengalami infeksi.

gambar manfaat vitamin A
Vitamin A
1. Mencegah kanker. Sebenarnya sampai saat ini hanya ada sedikit bukti bahwa tingginya asupan vitamin A pada manusia dapat mengurangi resiko penyakit kanker payudara dan kanker paru-paru. Meskipun demikian Vitamin A adalah antioksidan kuat untuk menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

2. Menjaga kesehatan mata. Memenuhi kebutuhan nutrisi mata sangat penting untuk membuatnya dapat bekerja dengan baik. vitamin A sudah dikenal sejak lama sebagai nutrisi utama bagi mata. Kurangnya vitamin A menyebabkan kornea menjadi kering sehingga akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur bahkan dalam kasus parah bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan. Kekurangan vitamin A juga menyebabkan kerusakan pada retina, yang memberikan kontribusi kebutaan.

3. Memperkuat sistem imun. Sistem imun yang kuat menjadi salah satu tolak ukur kesehatan seseorang secara keseluruhan. Memenuhi kebutuhan Vitamin A sangat penting untuk memperkuat sistem imun dari serangan infeksi. Bahkan kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kematian karena infeksi pernapasan.

4. Mencegah tanda-tanda penuaan. Vitamin A bekerja sebagai antioksidan yang bukan hanya melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas, tetapi juga membantu dalam peremajaan kulit. Vitamin A bermanfaat membantu memproduksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak muda.

5. Mencegah Jerawat. Vitamin A membantu mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga mengurangi risiko jerawat. Hal ini juga memperkuat jaringan pelindung kulit, sehingga meningkatkan kesehatan kulit dan vitalitas permukaan kulit secara keseluruhan. Selain itu Vitamin A juga sangat dibutuhkan untuk pemeliharaan jaringan kulit dan selaput lendir.

6. Mencegah Kencing Batu. Vitamin A mencegah pembentukan batu urin dengan cara mengurangi pembentukan kalsium fosfat. Hal ini juga membantu menjaga lapisan saluran kemih, sehingga mengurangi resiko batu ginjal.

7. Menajga kesehatan tulang dan gigi. Ketika diubah menjadi asam retinoat, vitamin A dapat mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Dentin juga membutuhkan vitamin A dalam pemembentukan lapisan keras yang menjadi pembentuk gigi kita, sehingga mencukupi kebutuhan Vitamin A dapat menguatkan tulang dan gigi. Manfaat Vitamin A yang lain adalah membantu menggantikan jaringan lama dengan jaringan baru.
loading...