Friday, March 13, 2015

20 Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan pengobatan

Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak zaitun biasa dimanfaatkan sebagai minyak untuk memasak, tambahan produk kecantikan, sabun dan sebagai obat. Di zaman dahulu saat belum terdapat lampu minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan bakar lampu penerangan.

Manfaat minyak zaitun untuk pengobatan dan kesehatan


Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan
Minyak zaitun murni
1. Mengandung antioksidan. Minyak zaitun mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat menghalau radikal bebas. Radikal bebas bisa disebabkan dari beberapa faktor diantaranya Ketika kita mencerna makanan maka radikal bebas yang diproduksi secara alami oleh tubuh dapat merusak sel. Radikal bebas dari faktor lingkungan seperti debu, asap kendaraan, asap rokok, dan pestisida juga sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit kanker. Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan membantu anda menangkal efek buruk radikal bebas tersebut melalui antioksidan yang dimilikinya.

2. Mengatasi Nyeri. Manfaat Minyak zaitun dikenal sebagai obat karena mengandung zat yang disebut oleocanthal, zat ini memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi, sehingga membuat minyak zaitun seperti Ibuprofen alami. Penelitian menunjukkan minyak zaitun dapat benar-benar memberikan manfaat yang nyata pada sejumlah peradangan penyakit kronis.

3. Mencegah kanker. Minyak zaitun dikatakan sebagai agen anti kanker untuk melindungi tubuh terhadap pertumbuhan kanker, terutama kanker usus. Penelitian di Oxford University telah menunjukkan adanya hubungan positif antara kandungan asam dalam minyak zaitun dan pencegahan kanker usus. Di negara Inggris, kanker usus merupakan salah satu penyakit mematikan dan membunuh hampir dua puluh ribu warga setiap tahunnya.

4. Mengandung HDL (lemak baik). Lemak tak jenuh tunggal atau HDL (High density lipoproteins) adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun dari rangkaian atom-atom karbon yang memiliki satu ikatan ganda. Ikatan ganda ini menyebabkan molekul lemak tersebut tidak jenuh atau masih bisa menambah atom hidrogen. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat memberikan dorongan kesehatan pada jantung anda. Penyakit jantung dapat diakibatkan oleh tingginya kadar LDL dalam darah (lemak jahat). Minyak zaitun mengandung 70% asam lemak tak jenuh tunggal yang akan mengurangi LDL dan meningkatkan tingkat HDL (lemak baik).

5. Menurunkan darah tinggi. Sebuah studi menemukan bahwa minyak zaitun mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan pada pasien dengan tekanan darah tinggi dan mengurangi kebutuhan mereka terhadap konsumsi obat-obatan penurun tekanan darah hingga 48% . Jadi bisa disimpulkan bahwa minyak zaitun merupakan obat penstabil tekanan darah secara alami.

6. Mengontrol kadar insulin. Minyak zaitun dikenal mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal, menurut Mayo Clinic. MUFAs, lemak tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Saat kadar insulin bisa terkontrol itu artinya akan menjauhkan anda dari resiko penyakit diabetes, dan untuk pasien diabtes akan sangat terbantu untuk menurunkan kadar gula darah mereka.

7. Melindungi hati. Minyak zaitun kaya akan antioksidan, yang memberikan perlindungan kepada hati terhadap oksidatif radikal bebas. Saat kita dalam keadaan stres berbagai molekul dalam tubuh kita mulai bereaksi secara kimia dengan radikal bebas sehingga akan mengganggu struktur dan kegiatan sel-sel di tubuh kita. Nah,,antioksidan dalam minyak zaitun tersebut bekerja melawan radikal bebas dan melindungi jaringan hati dari kerusakan

8. Mencegah Penyakit Alzheimer. Mengkonsumsi minyak zaitun mungkin tidak akan menyembuhkan pasien dengan Penyakit Alzheimer, akan tetapi Senyawa fenolik alami dalam minyak zaitun sangat efektif dalam mencegah penyakit tersebut. Menurut para ilmuwan, phytonutreint ini mendeteksi protein abnormal bernama 'beta-amyloid', yang bertanggung jawab terhadap munculnya Penyakit Alzheimer.

9. Mencegah osteoporosis. Penelitian berhasil mengungkap bahwa mencukupi kebutuhan oleates serta asam lemak esensial bermanfaat membantu mineralisasi tulang yang sehat sebuah proses yang membantu tulang berkembang pada anak-anak dan mencegah hilangnya kalsium pada orang dewasa, dan minyak zaitun adalah sumber asam lemak esensial yang cukup baik.

10. Kaya akan vitamin E. Minyak zaitun diperkaya dengan vitamin E. Dalam 100 gram minyak zaitun ekstra virgin segar mengandung 14.39 mcg vitamin E atau sekitar 96% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Selain baik untuk kulit Vitamin E juga merupakan antioksidan larut yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas berbahaya.

11. Menurunkan berat badan. Meskipun minyak zaitun adalah lemak akan tetapi telah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma minyak zaitun dapat menciptakan rasa kenyang sehingga akan menekan nafsu makan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Women's Health pada bulan Juni 2010 lalu, juga menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 3 sendok makan minyak zaitun setiap hari selama delapan minggu mengalami penurunan berat badan dibandingkan mereka yang mengikuti diet rendah lemak.

12. Membantu mengatasi sembelit. Minyak zaitun memiliki tekstur lembut sehingga sangat ramah untuk saluran pencernaan. Minyak zaitun dapat bertindak sebagai pencahar alami yang membantu mengatasi sembelit. Selain itu minyak zaitun juga bermanfaat membantu mengatasi asam refluks, borok, gastritis dan fungsi pankreas.

13. Mencegah Pembekuan darah. Studi menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mencegah pembekuan darah yang bertanggung jawab terhadap serangan jantung dan stroke.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

14. Menunda proses penuaan. Antioksidan dalam minyak zaitun benar-benar memberikan keuntungan bagi anda. Hal ini dikarenakan hampir semua masalah kesehatan dan penuaan diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa dicegah dengan mengkonumsi makanan tinggi antioksidan seperti minyak zaitun. Selain minyak zaitun sumber lain antioksidan adalah buah dan sayur segar. Penelitian medis telah menunjukkan bahwa tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin E bisa mempercepat pemecahan asam lemak tertentu, sebuah proses yang dapat menyebabkan penuaan. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun dipercaya memberikan pertahanan terhadap efek tersebut, dan dengan demikian membantu mempertahankan kemampuan mental dan kontrol otot lebih lama dan lebih baik. Manfaat lainnya adalah vitamin A membantu mencegah dan meminimalkan perkembangan kulit keriput.

15. Melembabkan rambut secara alami. Masalah rambut kering mengganggu anda? Tidak perlu khawatir, minyak zaitun bisa anda gunakan sebagai bahan perawatan kecantikan rambut secara alami. Caranya campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan setengah sendok teh madu pada sebuah mangkuk kecil. Ambil mangkuk besar yang terpisah dengan air mendidih dan tempatkan mangkuk kecil tadi di atasnya untuk membuat kualitas nutrisi keduany tetap terjaga. Terapkan ramuan tadi ke kulit kepala sambil memijatnya secara perlahan dan biarkan selama 20 menit, setelah itu bersihkan seperti biasa. Selengkapnya bisa anda baca 30 manfaat madu untuk kecantikan

16. Menghilangkan strech mark. Minyak zaitun membantu meregenerasi serta meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini selain mencegah timbulnya stretch mark paska melahirkan juga membantu menghilangkan strech mark secara perlahan. Pijatkan minyak zaitun hangat pada daerah yang terkena strech mark dua kali seminggu untuk membantu elastisitas kulit yang pada gilirannya akan menyamarkan strech mark secara perlahan.

17. Melembabkan kulit. Minyak zaitun adalah bahan sempurna untuk perawatan kecantikan. Untuk membuat kulit anda lembab alami minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang baik. cara penggunaannya campurkan 1 sdm madu murni, 1 sdm minyak zaitun dan kuning telur. Blender ketiganya hingga benar-benar tercampur. Jika sudah selesai oleskan ke seluruh bagian wajah anda hingga merata Biarkan selama 15-20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

18. Mengatasi rambut keriting. Jika anda menginginkan rambut lurus alami anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Ambil beberapa tetes minyak zaitun kemudian aplikasikan ke seluruh bagian rambut anda hingga merata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih.

19. Menghilangkan kotoran telinga. Jika Anda memiliki kotoran di telinga yang sudah mulai mengeras dan susah untuk dikeluarkan, anda bisa memakai minyak zaitun sebagai bahan pelumas. Teteskan minyak zaitun di telinga dan tunggu sekitar 1 jam sambil bersanatai setelah itu bersihkan seperti biasa.

20. Kondisioner alami. Minyak zaitun telah digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan sejak zaman Mesir kuno. Hangatkan minyak zaitun dalam microwave atau di air panas. Kemudian terapkan dengan lembut dari pangkal sampai ujung rambut. Diamkan selama 10 sampai 20 menit, kemudian bersihkan dengan cara keramas.

Cara penyimpnanan: Penyimpanan yang benar sangat penting untuk menjaga kualitas dan kandungan nutrisinya mengingat minyak zaitun sangat rentan dengan perubahan suhu. Manfaat minyak zaitun bisa saja berkurang jika dibiarkan dengan suhu panas dan kontak langsung dengan sinar matahari seperti menurunnya kualitas vitamin E, beta-karoten, dan tingkat fenol lainnya. Simpanlah minyak zaitun di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebagai tambahan usahakan anda membeli minyak zaitun dengan botol gelap untuk menjaga kandungan nutrisinya.

Perhatian: Penting untuk dicatat bahwa minyak zaitun tidak dianjurkan untuk memasak, karena dia hanya boleh digunakan dalam keadaan dingin. Struktur kimia minyak zaitun yang sebagian besar merupakan lemak tak jenuh membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif bila digunakan untuk memasak. Untuk itu lebih baik anda menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak zaitun atau minyak nabati lainnya seperti mentega dan margarin. 


Demikian tadi ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk kecantikan semoga bisa memberi tambahan wawasan bagi anda.
loading...