10 Buah-buahan untuk diet sehat

Menjalani diet itu sebenarnya susah-susah gampang karena ini berangkat dari niat anda. Jika anda bisa mengontrol makanan dengan membatasi asupan karbohidrat dan lemak berlebih maka kemungkinan anda berhasil sangat besar, akan tetapi jika tidak bisa meninggalkan makanan tersebut, tampaknya sulit bagi anda untuk mendapatkan tubuh ideal. Diet buah-buahan sebenarnya sudah lama diterapkan di negara-negara Eropa dan Amerika, dengan memilih jenis buah yang mengandung tinggi nutrisi, plus rendah kalori. Kenapa buah menjadi pilihan yang baik ? hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dalam buah yang sangat lengkap mulai dari vitamin, mineral dan serat. Sebagai informasi untuk anda yang sedang menjalani diet, berikut:

10 Buah-buahan untuk diet sehat

Gambar buah untuk diet sehat
Gambar: buah untuk diet
1. Buah Lemon. Bicara mengenai daftar buah-buahan untuk diet sehat tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan buah yang satu ini. Buah lemon adalah Pendetoks hati yang sangat baik. Menjaga kesehatan hati sangat penting untuk membantu tubuh mencerna dan membakar lemak, karena hati adalah salah satu organ penting yang bekerja menjalankan fungsi-fungsi tersebut. Selain itu buah lemon juga dapat menjaga kesehatan pencernaan saat dicampur dengan air hangat dan madu, ini bisa menjadi pilihan yang sempurna bagi anda untuk menurunkan berat badan.

2. Buah alpukat. Buah alpukat merupakan salah satu sumber lemak baik yang dapat membantu menghilangkan lemak jahat. Kebanyakan orang yang menjalani diet dengan membatasi karbohidrat saja gagal untuk menurunkan berat badan karena di sisi lain kandungan lemak di dalam tubuh mereka masih cukup tinggi. Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 20 gram lemak sehat. Lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sekaligus meningkatkan kadar testosteron yang merupakan salah satu hormon penting bagi tubuh untuk meningkatkan libido, energi, sistem imun, dan perlindungan terhadap osteoporosis.

3. Buah jeruk. Jeruk adalah buah segar dengan rasa asam manis yang unik. Buah ini sangat digemari oleh masyarakat di Dunia tidak terkecuali di Indonesia. Buah jeruk selain lezat ternyata juga bisa dijadikan sebagai buah untuk diet karena mengandung rendah kalori dan tinggi antioksidan. Selain itu buah jeruk juga mengandung tinggi serat yang berfungsi melancarkan pencernaan anda. Dalam sebuah studi yang melibatkan 91 penderita obesitas, menunjukkan bahwa buah jeruk dapat membantu program diet mereka. Para peserta disuruh mengkonsumsi setengah jeruk segar sebelum makan, dan hasilnya mereka mengalami penurunan berat badan sebesar 3,5 pon (1,6 kg) selama 12 minggu.

3. Buah strawberry. Buah dengan tampilan menawan ini ternyata juga cukup ampuh membantu menurunkan berat badan. Diet buah-buahan sangat dianjurkan karena buah dapat membantu mengontrol asupan kalori sambil memberikan tambahan vitamin dan mineral. Secangkir strawberry hanya memiliki 50 kalori dan 7 gram gula, namun menyediakan 3 gram serat. Kelebihan lain dari buah ini adalah memiliki rasa manis yang bisa membantu anda mendapatkan energi untuk beraktivitas.

4. Buah melon dan semangka. Kedua Buah-buahan ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang bermanfaat mengontrol suhu tubuh dan membantu mengatasi dehidrasi secara alami. Selain itu kedua buah tersebut juga menyediakan energi yang diperlukan membantu saraf dapat berfungsi secara optimal. Sangat penting bagi anda memilih buah-buahan dengan rendah karbohidrat dan tinggi air seperti keduanya karena akan membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak berlebih.

5. Buah apel. Mencukupi kebutuhan serat masih menjadi pilihan utama saat anda ingin menjalai diet. Buah Apel merupakan sumber serat cukup baik. Serat pangan tidak hanya memberikan kontribusi menigkatkan sistem pencernaan yang sehat tetapi juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan mencegah kanker usus besar. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Appetite menemukan bahwa ketika wanita makan tiga buah apel atau pir, mereka mengalami penurunan berat badan lebih baik dari orang-orang yang mendapatkan serat dari gandum meskipun dengan jumlah serat yang sama.

7. Buah pir. Makan satu buah pir sudah memenuhi sekitar seperempat dari kebutuhan serat harian anda. Terpenuhinya kebutuhan serat sangat baik untuk sistem pencernaan terutama saat menjalai diet. Selain itu serat juga membantu mengurangi kadar kolesterol sehingga akan memperkecil risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe II. Kandungan serat dalam buah pir juga membuat anda kenyang lebih lama.

8. Buah anggur. 1 Cangkir buah anggur menyediakan 62 kalori, 0,3 gram lemak, 0,6 gram protein, 15,8 gram karbohidrat dan sudah memenuhi 17 persen kebutuhan vitamin K harian anda. Karena kandungan nutrisi dalam buah anggur cukup banyak maka anggur sangat cocok dijadikan buah untuk diet sehat. Selama anda menjalani diet nutrisi seperti protein, karbohidrat dan juga lemak tetap anda butuhkan agar tubuh bisa bekerja dengan optimal. Buah anggur dapat memenuhi kebutuhan tersebut dalam jumlah yang tepat, meskipun demikian tentunya anda juga masih membutukan dari sumber makanan lain.

9. Blueberry. Seperti buah-buahan lainnya, buah blueberry mengandung air dan serat cukup tinggi, yang dapat membuat kenyang lebih lama. Hal ini akan menghilangkan kebiasaan negmil anda. Blueberry juga sangat manis, sehingga bisa anda jadikan sebagai camilan sehat penambah energi. Selama diet anda juga sangat membutuhkan energi untuk mendukung aktivitas. Manfaat lain dari blueberry adalah buah ini sangat tinggi antioksidan sehingga dapat menjauhkan anda dari beberapa penyakit.

10. Buah pepaya. Buah pepaya menjadi penutup daftar buah-buahan untuk diet sehat. Buah pepaya memiliki kandungan Papain, sebuah enzim yang berfungsi membantu penyerapan protein untuk mempermudah proses pencernaan. Buah pepaya juga sering dikatakan sebagai pencehar alami karena mengandung tinggi serat dan air, bagi anda yang mengalami masalah dengan BAB sangat cocok menjadikan buah pepaya sebagai menu diet sehat.

loading...