10 cara diet sehat dan aman

Cara menurunkan berat badan dengan diet kadang kurang disukai orang, karena harus menekan porsi makan yang tentunya cukup merepotkan, apalagi bagi meraka yang memiliki nafsu makan berlebih. Sebenarnya diet itu mudah jika anda tau cara menjalaninya dengan benar.  Berikut cara diet sehat dan aman yang bisa anda terapkan di rumah:

1. Tekan nafsu makan anda. Keinginan makan berlebih kadang terjadi bukan karena kebutuhan melainkan kebiasaan, jika hal ini terjadi hal yang harus anda lakukan adalah menekan nafsu makan anda dengan cara mengalihkan perhatian. Anda harus mencari tau kapan anda sering ngemil, setelah itu cobalah untuk melakukan aktivitas di luar rumah untuk menghilangan kebiasaan ngemil tersebut.
Gambar daftar makanan untuk diet sehat
Gambar: makanan untuk diet sehat

2. Mengganti sumber protein. Selama ini kita tahu bahwa sumber protein terbaik adalah dari hewan, karena protein hewani mengandung 9 jenis asam lemak esensial, sedangkan sumber perotein nabati hanya memiliki beberapa saja. Tapi di sisi lain protein hewani juga mengandung lemak jahat yang bisa menaikkan berat badan anda. Oleh sebab itu kurangi sumber protein hewani dan ganti dengan protein nabati.

3. Minum lebih banyak air putih. Mengkonsumsi lebih banyak air putih selain membantu menjaga kesehatan ginjal juga dapat mengurangi nafsu makan, sehingga membuat anda tidak mudah lapar. Di sisi lain air putih juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

4. Pilih makanan berserat. Makanan berserat tinggi mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama plus membantu mengatasi sembelit dengan cara mempermudah proses pencernaan. Beberapa makanan untuk diet sehat diantaranya buah, sayur, gandum, kentang dan biji-bijian.

5. Hindari makan menjelang tidur. Makan sebelum tidur selain berdampak negatif bagi kesehatan juga bisa membuat anda cepat gemuk. Saat kita tidur selepas makan, makanan akan lebih sulit dicerna sehingga akan memicu sembelit di pagi harinya.

6. Ganti camilan anda. Bagi anda yang suka ngemil makanan ringan seperti snack dan gorengan, pastikan mulai dari sekarang menggantinya dengan buah. Camilan buah selain lebih sehat juga kaya nutrisi penting yang sangat anda butuhkan selama diet. Untuk mengetahui daftar buah-buahan yang cocok untuk diet bisa anda baca di 10 buah-buahan untuk diet sehat

7. Atur jadwal makan. Pengaturan jadwal makan yang teratur sangat penting selama menjalani diet karena ini akan menentukan tingkat keberhasilan anda dalam mengurangi berat badan. Untuk sarapan sebaiknya kurang dari jam 08.30 dan lebih dari jam 06.00, bisa anda sesuaikan dengan jadwal kerja atau kuliah. Untuk makan siang sebaiknya tidak lebih dari jam 12.00, rekomendasi antara jam 11.00-12.00. Nah,,untuk makan malam jangan terlalu akhir atau lebih dari jam 08.00 dan jangan pula terlalu awal kurang dari jam 06.00.

8. Kurangi minuman manis. Minuman manis seperti teh dan jus sangat nikmat dijadikan teman makan kita. Tapi hati-hati, jika terlalu sering bisa memicu obesitas bahkan diabetes.

Kebanyakan kita berfikir minum jus selepas makan nasi baik saat diet karena jus buah mengandung serat dan vitamin, anggapan ini ternyata salah besar, jus yang dipadukan dengan nasi malah akan mempercepat kenaikan berat badan karena makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Di sisi lain buah merupakan sumber gula alami sehingga dapat menimbulkan peningkatan kadar insulin. Belum  lagi  kebanyakan jus yang kita beli sudah mendapat tambahan gula atau susu.

9. Penuhi kebutuhan nutrisi. Selama menjalani diet kebanyakan orang lebih berfokus kepada mengurangi porsi makan, tapi jarang berfikir bagaimana memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Diet bukan berarti anda mengabaikan keinginan untuk makan, karena tubuh tetap membutuhkan nutrisi untuk bisa bekerja dengan baik. Sebaliknya dalam menjalani diet sebaiknya anda memenuhi kebutuhan nutrisi agar tubuh tidak cepat lelah dan lapar.

10. Tingkatkan frekuensi makan dengan jumlah kalori sama. Salah satu cara mengurangi nafsu makan saat diet adalah dengan mengurangi porsi makan tapi meingkatkan frekuensinya, hal ini akan membuat anda kehilangan waktu negmil karena perut sudah terisi oleh makanan.

Demikian cara diet sehat dan aman yang bisa saya bagi semoga membantu anda menurunkan berat badan.
loading...