20 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh

Bersepeda adalah olahraga yang bisa dinikmati oleh masyarakat dari segala usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua. Hal ini dikarenakan bersepeda adalah olahraga ringan dan menyenangkan. Bersepeda selain menyenangkan ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama bagi kesehatan fisik dan mental. 

20 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh

1. Menurunkan berat badan. Sama seperti kebanyakan olahraga lainnya, bersepeda bermanfaat menurunkan berat badan karena saat anda melakukan aktivitas tersebut akan ada banyak kalori yang dibakar, tentunya jika melakukannya dengan teratur. Manfaat bersepeda selain membakar lemak juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berat badan pun bisa berkurang.

2. Menurunkan kolesterol jahat. Bersepeda ternyata dapat meningkatkan HDL atau kolesetrol baik. HDL atau High-density lipoprotein merupakan kolesterol baik yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein). Tingginya LDL dalam darah dapat memicu penyakit jantung dan stroke karena LDL akan membentuk sebuah plak, lapisan tebal yang mempersempit arteri dan membuatnya menjadi kurang fleksibel. Selain olahraga seperti bersepeda, anda dapat menurunkan kolesterol jahat ini dengan banyak mengkonsumsi makanan seperti minyak zaitun dan buah alpukat.
manfaat bersepeda
Kegiatan bersepeda
 
3. Menjaga kesehatan jantung. Manfaat bersepeda selain menurunkan kolesterol ternyata juga bisa membantu memperkuat otot-otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Ini akan memberikan dorongan yang nyata bagi kesehatan jantung anda. Sebuah studi yang dilakukan di Denmark selama lebih dari 14 tahun dengan peserta 30.000 orang berusia antara 20-93 tahun menemukan, bahwa bersepeda secara teratur dapat menjauhkan mereka dari serangan jantung.

4. Menunda penuaan. Percayakah anda ternyata manfaat bersepeda dapat membuat anda terlihat lebih muda. Hal ini diungkap dalam penelitian di Stanford University, dalam penelitian tersebut menemukan bahwa bersepeda secara rutin akan melindungi kulit terhadap efek buruk dari radiasi sinar UV sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan di wajah.

5. Meningkatkan kesehatan paru-paru. Saat mengayuh sepedah, Anda akan bernapas lebih dalam sehingga dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berangkat ke kantor dengan bersepeda mengalami paparan polusi udara lebih sedikit dua sampai tiga kali lipat dibandingkan mereka yang memakai mobil, sehingga fungsi paru-paru mereka meningkat.

6. Mencegah kanker. Untuk mencegah penyakit kanker anda bisa melakukannya dengan cara mudah yaitu dengan bersepeda, tentunya juga harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi. Banyak peneliti telah mempelajari hubungan antara olahraga dan penyakit kanker, terutama kanker usus besar dan kanker payudara. Salah satu Penelitian menemukan bersepeda ternyata mampu mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit kanker usus. Beberapa bukti lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur mengurangi risiko kanker payudara.

7. Mengurangi resiko diabetes. Diabetes tipe 2 adalah penyakit berbahaya dan merupakan ancaman serius bagi masyarakat di Indonesia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai orang tua. Meskipun penyakit ini sangat berbahaya tapi anda tidak perlu khawatir, pasalnya penyakit diabetes dapat dicegah dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda dan memenuhi keseimbangan nutrisi. Penelitian skala besar di Finlandia menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki 40 persen risiko lebih rendah terkena diabetes

8. Menjaga kesehatan tulang dan sendi. Dengan tulang yang kuat tentunya akan membuat lebih mudah beraktivitas. Bersepeda bisa meningkatkan kekuatan, kepadatan dan keseimbangan tulang sekaligus mencegah osteoporosis. Hal ini juga dapat membantu memperkecil resiko cidera saat jatuh. Bersepeda akan meningkatkan fungsi sendi dengan memberikan latihan beban.

9. Menjaga kesehatan mental. Aktivitas fisik ternyata ada hubungan erat dengan kesehatan mental, hal ini disebabkan aktivitas fisik seperti bersepeda mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang buruk selain memicu timbulnya penyakit juga dapat menimbulkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan stres.

10. Meningkatkan kerja otak. Profesor Arthur Kramer menjelaskan bahwa bersepeda dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga akan mencegah penyakit alzheimer (penyakit menurunnya daya ingat). Para peneliti dari Universitas Illinois juga menemukan bahwa bersepeda bermanfaat meningkatkan kesehatan mental hingga 15 persen. Ini dikarenakan bersepeda membantu membangun sel-sel otak baru di hippocampus (tempat yang bertanggung jawab mempengaruhi daya ingat).

11. Mengecilkan perut buncit. Kurang percaya diri karena memiliki perut buncit? Jangan khawatir, bersepeda bisa membakar timbunan lemak di perut sekaligus membantu mendapatkan perut rata. Bersepeda selain membakara lemak juga membantu mengencangkan otot perut sehingga tidak akan ada lagi perut buncit.

12. Mengecilkan paha. Memiliki timbunan lemak di paha pastinya sangat mengganggu wanita karena dapat mengurangi kepercayaan diri, berbagai cara akan ditempuh oleh mereka untuk mengecilkan paha agar terlihat lebih proporsional, akan tetapi kebanyakan dari wanita tidak tahu jika bersepeda dapat mengecilkan paha dengan cepat. Saat bersepda kaki merupakan bagian tubuh yang banyak bergerak, jadi akan ada banyak lemak yang akan dibakar pada bagian ini, khususnya paha. Manfaat bersepeda bukan hanya itu saja, saat kita mengayuh pedal sepeda, maka otot-otot mulai dari paha sampai pergelangan kaki akan terangsang sehingga membuat tubuh bagian ini akan lebih kencang.

13. Meningkatkan energi. Kurang bersemangat saat di kantor? Cobalah berangkat dengan bersepeda, ya...ini mungkin akan sedikit merepotkan tetapi denga manfaat yang didapat saya pikir cukup sepadan. Menurunnya kondisi fisik seperti cepat lelah dan lesu adalah indikasi jika kita kurang berolahraga, jika masalah kebanyakan kita tidak cukup mendapatkan waktu untuk berolahraga, maka pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda adalah jawaban yang tepat.

14. Menaikkan tinggi badan. Bersepeda adalah jenis olahraga yang dipercaya mampu menaikkan tinggi badan, apakah menurut anda ini hanya mitos? Manfaat bersepeda untuk menaikkan tinggi badan bukanlah mitos belaka karena dapat dijelaskan secara ilmiah. Sebenarnya gerakan mengayuh saat bersepeda akan membuat kaki lebih panjang karena gerakan ini merupakan peregangan.

15. Obat untuk nyeri. Bersepeda telah dicatat menjadi salah satu latihan terbaik untuk mencegah dan mengurangi nueri. Otot pada bagian paha dan kaki bagian bawah akan digunakan saat bersepeda, kondisi ini meregangkan mereka sehingga bermanfaat meredakan nyeri.

16. Meningkatkan massa otot. Pelatih kebugaran di St. Catharines, Ontario, Jenny Brown mengatakan “Bersepeda membantu menguatkan tubuh bagian bawah seperti paha depan, paha belakang dan bokong dengan mengembangkan otot tersebut secara bersamaan".

17. Menigkatkan sistem imun. Bersepeda membantu meningkatkan stamina dan memberikan dorongan kesehatan bagi sistem imun tubuh. Dengan meningkatnya sistem imun, anda akan lebih jarang terserang penyakit.

18. Membuat lebih percaya diri. Kepercayaan diri bisa didapat dengan bersepeda, hal ini mungkin dikarenakan dengan bersepeda seseorang akan merasa lebih berenergi dan sehat. sehingga kepercayaan diri pun meningkat.

19. Membantu lebih rileks. Bersepeda di pagi hari terutama dengan teman akan membuat anda lebih rileks karena menghirup udara segar. Polusi udara sering membuat kita menjadi mudah stres dan badmood, untuk itu cobalah memulai bersepeda di pagi hari selama 15-30 menit setiap hari.

20. Melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan menyumbanga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, termasuk mencegah penyakit impoten, penyakit jantung dan stroke.

Nah demikianlah tadi 20 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita, dimana apakah anda tertarik memulai hidup sehat dengan bersepeda? Jangan lupa sebelum bersepeda, gunakan dulu perlengkapan seperti helm dan pelindung lutut, supaya anda lebih aman dalam bersepeda.
loading...