6 Makanan yang mengandung mineral

Cara hidup sehat - Mineral memiliki peran penting bagi tubuh kita untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik . Tubuh kita menggunakan mineral untuk berbagai aktivitas yang berbeda, termasuk pembentukan tulang, membuat hormon dan mengatur detak jantung. Ada dua jenis mineral: macrominerals dan trace mineral. Macrominerals adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih besar. Mineral jenis ini diantarnya seperti kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, klorida dan sulfur. Sedangkan trace mineral Tubuh kita hanya membutuhkan dalam jumlah kecil saja. termasuk dalam mineral ini dalah zat besi, mangan, tembaga, yodium, seng, kobalt, fluoride dan selenium.
makanan sumber mineral
Gambar: makanan sumber mineral

Meskipun demikian kelebihan macrominerals (kalsium, fosfor, magnesium dst) juga bisa berbahaya bagi kesehatan karena bisa menjadi racun, untuk itu tetap batasi asupan mineral dalam jumlah yang wajar. Dianjurkan memilih mineral dari sumber makanan dari pada suplemen karena makanan mengandung mineral dalam jumlah aman. Ini berbeda saat kita mendapatkan mineral dari suplemen, bisa saja kita mengkonsumsinya berlebih sehinga berakibat buruk bagi kesehatan. Selain itu makanan yang kita konsumsi juga mengandung nutrisi lain yang juga diperlukan oleh tubuh, jadi kita bisa mendapatkan manfaat ganda darinya. Beberapa makanan yang mengandung tinggi mineral adalah:

1. IkanTuna. Tuna adalah jenis ikan yang masuk dalam keluarga Thunnini, ikan ini memiliki ciri khas khusus yaitu memiliki daging berwarna merah muda sampai merah tua, berbeda dengan ikan lainnya yang biasanya berwarna putih. Warna merah pada daging ikan tuna disebabkan otot ikan tersebut lebih banyak mengandung myoglobin dibandingkan jenis ikan lainnya. Ikan tuna mengandung sejumlah nutrisi yang anda butuhkan untuk kesehatan seperti selenium, protein dan omega-3. Dalam jumlah kecil selenium dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan hati, mencegah penyakit kanker dan jantung.

2. Buah pisang. Buah ini memang cukup terkenal karena kandungan kalium yang dimilikinya. Buah pisang mengandung lebih dari 400 mg kalium. Buah Pisang adalah camilan penambah energi yang sehat, maka tidak heran jika banyak atlet yang makan buah pisang sebelum bertanding untuk menambah energi. Selain kalium, buah pisang juga merupakan sumber
vitamin C, vitamin B6 dan serat.

3. Hati sapi. Sebagai sumber zat besi hati sapi cukup baik dikonsumsi bagi anda yang sedang mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Daging sapi mengandung sekitar 5.8 mg zat besi. Zat besi adalah mineral yang bekerja membentuk sel darah merah, sehingga mencukupi kebutuhan zat besi sangat penting untuk mencegah anemia terutama bagi ibu hamil.

4. Ikan salmon. Ikan salmon adalah jenis ikan yang kaya manfaat karena mengandung asam lemak omega-3. Ikan salmon adalah jenis ikan dari keluarga Salmonidae, yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Selain omega-3 salmon juga baik dikonsumsi bagi anak-anak karena mengandung tinggi kalsium (mineral penting untuk pembentukan tulang dan gigi).

5. Sayur bayam. Bayam adalah sumber nutrisi utama dari jenis sayur-sayuran. Bayam mengandung sekitar 157 mg magnesium. Magnesium adalah mineral yang bekerja untuk kesehatan sel dan berperan lebih dari 300 fungsi biokimia dalam tubuh. Sayangnya, banyak masyarakat kurang memahami akan pentingnya mineral ini. Selain bayam magnesium bisa ditemukan dari beberapa makanan seperti kacang almond, buah alpukat, cokelat hitam dan susu.

6. Seafood. Beberapa jenis seafood mengandung zinc cukup tinggi seperti lobster, tiram dan kepiting. Selain dari sumber hewani anda juga bisa mendapatkan zinc dari kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang mete, dan almond . Zinc atau seng adalah mineral yang bermanfaat menyembuhan luka dan mendukung sistem kekebalan tubuh untuk membagi sel dan sintesis protein. Mineral ini bahkan perlu untuk indra penciuman dan rasa. Kekurangan seng dapat ditandai dengan rambut rontok, diare dan penyembuhan luka yang lama.
loading...