7 Cara mudah menghilangkan kantuk

Mengantuk terutama di siang bolong sangat mengganggu, terutama jika kita sedang sibuk bekerja. Mengantuk sebenarnya adalah sinyal jika tubuh kita membutuhkan waktu istirahat, jadi sebenarnya itu adalah hal yang wajar, tapi bagaimana jadinya jika kita sering mengantuk terutama pada jam-jam sibuk? Pastinya sangat mengganggu bukan, untuk itu anda harus segera mencari solusinya, berikut cara mudah menghilangkan kantuk.

1. Banyak minum air putih. Jika sering merasa mengantuk terutama di siang hari cobalah banyak minum air putih. Manfaat minum air putih bukan hanya mendinginkan suhu tubuh tapi juga menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Saat anda kekurangan cairan, tubuh akan menjadi lebih mudah lelah sehingga anda lebih sering menguap.
Gambar orang mengantuk
Gambar orang mengantuk
2. Cukupi kebutuhan zat besi. Mengantuk juga bisa menjadi indikasi jika anda sedang mengalami gejala anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal ini ditandai dengan mudah lelah, capek dan kurang bersemangat. Jadi untuk itu cobalah menambah asupan makanan yang mengandung tinggi zat besi seperti daging merah, hati sapi dan sayur-sayuran hijau.

3. Rutin berolahraga. Selain kekurangan sel darah merah mengantuk juga bisa disebabkan karena kita kurang aktivitas fisik seperti olahraga. Olahraga sangat baik dilakukan secara rutin terutama pada pagi hari, selain baik untuk kesehatan, olahraga juga memberikan pasokan energi, sehingga membuat anda tidak mudah lelah dan mengantuk di siang harinya.

4. Cukupi kebutuhan tidur. Salah satu penyebab utama mengantuk adalah sering begadang. Oleh sebab itu hindari kebiasaan buruk ini jika tidak benar-benar ada keperluan, seperti lagunya bang Roma. Begadang selain dapat mengurangi sel darah merah juga bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti memperbesar resiko penyakit jantung dan kanker, terutama jika anda melewatkan waktu tidur antara jam 11.00 sampai jam 01.00. Sebaiknya tidur kurang dari jam 10.00.

5. Cukupi kebutuhan buah dan sayur. Mencukupi kebutuhan buah dan sayur sangat penting sekali, karena keduanya mengandung tinggi vitamin dan juga mineral. Dengan terpenuhinya kedua nutrisi tersebut maka tubuh akan bisa bekerja dengan baik, termasuk memulihkan energi setelah bekerja.

6. Hindari makan berlebih. Di dalam al-Qur’an di jelaskan makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. Ini lah salah satu hikmah ayat tersebut, makan berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan pencernaan. Selai itu orang yang makan berlebih biasanya menjadi lebih malas dan kurang bersemangat dalam melakukan aktivitas, jadi makan secukupnya saja.

7. Jaga kestabilan berat badan anda. Senada dengan makan berlebih, tubuh yang terlalu gemuk akan membuat anda menjadi lebih mudah mengantuk. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang memiliki badan gemuk, lebih cepat mnegantuk dibandingkan dengan orang dengan badan ideal.

Tentunya sebelum melakukan cara-cara di atas anda harus mencari tau dulu apa penyabab anda mudah mengantuk, jika sudah mengetahui penyebabnya barulah mencoba melakukan penanganan, dan pastikan juga anda mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat terutama di malam hari. Semoga tips singkat di atas bisa membantu menghilangkan kantuk anda.
loading...