7 Tips mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit paling berbahaya di Indonesia bahkan di Dunia. Penyakit ini sering dipicu oleh gaya hidup masyarakat yang kurang sehat seperti merokok, minuman beralkohol sampai mengkonsumsi makan yang tidak sehat. Untuk mencegah penyakit kanker berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan:

1. Jauhi rokok. Merokok bukan hanya berefek buruk bagi kesehatan anda tapi juga bagi kesehatan keluarga dan orang sekitar. Di dalam rokok terdapat berbagai zat berbahaya bagi tubuh seperti nikotin, tar dan zat karsinogen. Ketiga zat tersebut menjadi pemicu banyak penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, paru-paru sampai rusaknya jaringan otak.
Gambar mencegah penyakit kanker
Gambar mencegah penyakit kanker
2. Hindari makanan berpewarna. Banyak jajanan yang dijual di pasaran memiliki tampilan menawan dengan aneka warna sehingga membuat tertarik orang yang melihatnya, mungkin salah satunya anda. Sebaiknya anda harus wasapada kerena jajanan berpewarna bisa sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu penyakit kanker. Bukan hanya itu saja zat pewarna pada makanan juga bisa menyebabkan iritasi pada lambung sampai komplikasi pada kalenjar andrenal. Meskipun beberapa jenis pewarna pada makanan diperbolehkan, tapi dalam jangka waktu lama tetap memberikan efek negatif bagi kesehatan.

3. Cukupi kebutuhan antioksidan. Antioksidan adalah zat yang dapat memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Secara alami zat ini biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berdaun hijau gelap. Makanan yang mengandung tinggi antioksidan diantarnya: teh hijau,  buah jeruk, blueberry, anggur dan brokoli. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

4. Rajin berolahraga. Sebenarnya tidak ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa olahraga bisa mencegah kanker secara langsung. Tapi sebuah penelitian di copenhagen male study pada tahun 2004 lalu menunjukkan bahwa orang yang rutin latihan fisik  dapat meningkatkan sistem imun. Sistem imun adalah pertahanan utama tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit, tidak terkecuali kanker. Jadi bisa disimpulkan bahwa olahraga masih menjadi pilihan yang utama untuk memulai hidup sehat.

5. Penuhi asupan vitamin D. Jika anda ingin terhindar dari penyakit kanker penuhi kebutuhan vitamin D harian anda. Data di 100 negara menunjukkan semakin tinggi tingkat paparan sinar matahari maka semakin rendah risiko 15 jenis kanker termasuk: kanker payudara, kandung kemih, Serviks, Lambung dan kanker ovarium. Beberapa makanan yang mengandung tinggi vitamin D diantaranya: susu, telur, jamur udang dan ikan salmon. Jika anda kesulitan mencukupi kebuhan vitamin D dari makanan, anda bisa mencoba cara yang mudah dan gratis yaitu memanfaatkan paparan sinar matahari pagi. Tapi ingat, jangan berlebihan terkena sinar matahari, karena bisa berbahaya bagi kulit, waktu yang baik untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari adalah antara jam 06.00 sampai 08.30.

 6. Kontrol asupan protein anda. Mungkin ini sedikit mengejutkan, seperti yang telah lama kita ketahui bahwa protein adalah nutrisi penting bagi tubuh, terutama untuk mendukung tumbuh kembang anak. Tetapi kenyataannya adalah asupan protein yang berlebihan dapat berdampak pada pertumbuhan sel kanker. Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir, selama dalam batas aman maka protein tidak akan berbahaya bagi kesehatan. Sebagai pencegahan anda bisa mendapatkan asupan protein nabati dari makanan seperti kacang-kacangan, kedelai, jamur dan brokoli.

7. Pilih makanan organik. Sekarang ini tampaknya memang sulit jika kita hendak memilih makanan organik, mengingat banyak makanan yang sudah terkontaminasi dengan pestisida, termasuk diantaranya buah dan sayur. Jika anda sulit menemukan makanan organik paling tidak cuci buah dan sayur dengan bersih sebelum dikonsumsi. Selain mencuci dengan air, anda juga bisa menggunakan campuran ekstrak biji anggur, baking soda, dan cuka putih yang dicampur rata kemudian disemprotkan ke buah dan sayur tadi.
loading...