7 Tips mengurangi nafsu makan saat diet

Nafsu makan yang tidak terkontrol akan menjadi ganjalan tersendiri saat menjalani program diet. Ini sudah jelas karena makan berlebih akan membuat anda lebih sulit menurunkan berat badan, terutama jika anda malas melakukan olahraga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nafsu makan, seperti meningkatkan frekuensi makan dengan jumlah porsi yang sama, hal ini bisa menjauhkan anda dari kebiasaan ngemil di jeda waktu makan atau pada malam hari. Selain cara tersebut, berikut 7 cara mengurangi nafsu makan saat diet:
Gambar makanan untuk mengurangi nafsu makan
gambar: makanan untuk mengurangi nafsu makan

1. Banyak minum air putih. Jika anda mencoba menurunkan berat badan, sebaiknya cukupi kebutuhan air putih. Cara ini cukup ampuh membantu mengurangi nafsu makan sehingga membuat anda tidak mudah lapar. Juara lomba menurunkan berat badan di Jawa Timur mengungkap rahasianya menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan cara banyak minum air putih. Dia juga menambahkan saat banyak minum air putih keinginannya untuk ngemil semakin berkurang.

2. Cukupi kebutuhan serat. Kebanyakan dari kita hanya mengkonsumsi makanan berkarbohidrat saja saat makan dan melupakan kebutuhan akan serat. Padahal serat sangat penting sekali untuk melancarkan proses pencernaan, membantu mengatasi sembelit dan menekan nafsu makan.

3. Jangan lupakan protein. Kebanyakan orang akan menghindari protein saat mereka menjalani diet, hal ini sebenarnya tidak benar, karena protein sangat dibutuhkan untuk membangun otot dan fungsi penting lain di dalam tubuh. Protein juga dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga membuat anda tidak mudah merasa lapar, hal ini tentunya akan mengurangi keinginan untuk ngemil.

4. Jangan lewatkan waktu sarapan. Ketakutan memiliki tubuh gemuk jangan membuat anda melewatkan waktu sarapan. Makan di pagi hari sangat penting sekali, jika anda melewatkannya maka tubuh akan kekurangan energi dan asupan nutrisi, dampaknya pada waktu makan siang, anda akan makan lebih banyak karbohidrat. Penelitian di Harvard Universitiy juga menunjukkan bahwa sarapan membantu seseorang terhindar dari penyakit diabetes. Penelitian tersebut mengungkap bahwa saat seseorang makan di pagi hari memiliki risiko lebih kecil mengalami permasalahan gula darah.

5. Memotong makanan menjadi bagian kecil. Hasil dari sebuah penelitian di Arizona State University menemukan bahwa memotong makanan menjadi bagian kecil membuat seseorang menjadi lebih cepat kenyang,  dibandingkan mengkonsumsi makanan dengan potongan besar meskipun dalam jumlah yang sama. Ini juga memberikan pelajaran bagi kita untuk tidak terburu-buru saat makan.

6. Cukupi kebutuhan olahraga. Jika anda ingin menurunkan berat badan terutama mengecilkan perut buncit, hal yang tidak boleh dilupakan adalah olahraga. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik akan membantu anda menurunkan berat badan. Selain itu penelitian di Brazil menemukan olahraga juga dapat menekan nafsu makan dengan cara mengembalikan sensitivitas neuron.

7. Cukupi kebutuhan nutrisi harian. Nafsu makan berlebih bisa dipicu saat seseorang kurang memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Makan banyak karbohidrat tanpa diimbangi asupan nutrisi lain seperti vitamin, serat dan juga mineral sebenarnya bisa membuat anda cepat kenyang, tapi di sisi lain juga membuat anda cepat lapar, karena rasa kenyang tersebut dipicu kapasitas perut yang penuh, bukan karena nutrisinya terpenuhi.
loading...