7 tips menjaga kesehatan ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya, penyakit ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti batu ginjal, gagal ginjal dan Kistitis (merupakan radang pada kantung kemih yang disebabkan infeksi bakteri) untuk terhindar dari penyakit ginjal, kita bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga yang cukup. Selain keduanya berikut beberapa tips menjaga kesehatan ginjal:

1. Menjaga kestabilan berat badan. Dalam sebuah penelitian mengungkap adanya hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal. Penelitian ini melibatkan 4.600 orang di Inggris pada usia 26 sampai 36 tahun, sebagian mengalami obesitas sebagaian lainnya tidak. Setelah memasuki usia 60 sampai 64 tahun, orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas tadi, mengalami resiko lebih besar terkena penyakit ginjal dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal. Baca 11 cara menurunkan berat badan dengan cepat 
gambar menjaga kesehatan ginjal
Menjaga kesehatan ginjal
2. Mengurangi asupan garam. Terlalu banyak mengkonsumsi garam selain dapat memicu tekanan darah tinggi, ternyata juga bisa berdampak pada pembentukan batu ginjal. Hal ini dikarenakan asupan garam berlebih akan meningkatkan jumlah natrium, yang pada gilirannya akan mempercepat pembentukan batu ginjal.

3. Hindari minuman bersoda. Ada banyak alasan bagi anda untuk benar-benar menghindari minuman bersoda, salah satunya adalah dapat memicu penyakit ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Minuman bersoda mengandung pemanis buatan, yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes, sudah kita ketahui bahwa keduanya dapat memicu penyakit ginjal. Selain itu minuman bersoda juga memiliki kandungan asam fosfat. Tingginya kandungan asam fosfat Ini bisa berdampak buruk bagi ginjal karena dapat memicu pembentukan batu ginjal.

4. Cukupi kebutuhan vitamin D. Manfaat vitamin D sangat banyak bagi kesehatan tidak terkecuali untuk ginjal. Vitamin D memainkan peran penting dalam tubuh termasuk mempertahankan kesehatan tulang, menjaga kesehatan gigi dst. Kebutuhan vitamin D yang disarankan antara 40 ng/ml dan 100 ng/ml (sudah termasuk saat terkena sinar matahari) sedangkan bagi orang yang kurang cukup terkena sinar matahari membutuhkan setidaknya 8000 IU.

5. Jangan menahan buang air kecil. Hati-hati menahan buang air kecil, karena bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal. Saat kita menahan buang air kecil kandung kemih akan membentang lebih dari kapasitasnya. Sehingga ini akan menyebabkan proses filtrasi ginjal terganggu.

6. Cukupi kebutuhan air. Batu ginjal terbentuk ketika mineral tertentu berkonsentrasi dalam urin dan menjadi kristal. Untuk itu sangat penting bagi kita mencukupi kebutuhan air putih, saat kita banyak minum air putih akan terjadi peningkatan jumlah air dalam urin, sehingga konsentrasi mineral tidak terlalu tinggi. Selengkapnya bisa anda baca di 15 manfaat minum air putih bagi kesehatan.

7. Mengontrol kadar gula darah. Dalam banyak kasus penyakit ginjal hanya menjadi penyakit sekunder, artinya penyakit ini sering dipicu penyakit lain seperti diabetes, penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan ginjal tidak ada salahnya kita memulai dari mengontrol kadar gula, kolesterol dan tekanan darah dengan memilih makanan sehat dan juga latihan fisik yang cukup.
loading...