Monday, April 13, 2015

10 cara mengecilkan perut buncit dengan cepat

Memiliki perut rata adalah idaman semua orang, tidak terkecuali anda tentunya. Tidak sedikit orang yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan tubuh langsing dengan cara sedot lemak atau membeli alat pembakar lemak. Hal ini tidak mengherankan, mengingat memiliki perut buncit selain mengganggu penampilan juga bisa berefek buruk bagi kesehatan. Orang yang memiliki perut buncit berisiko lebih besar menderita penyakit jantung, diabetes melitus, kanker kolorektal, serta sleep apnea (napas berhenti saat tidur). Selain itu studi di Denmark menunjukkan bahwa laki-laki obesitas di usia 20 tahun berpotensi meninggal delapan tahun lebih awal dari pada teman sebayanya. Berikut 10 tips yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit:

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit 

1. Sit up. Ingin memiliki perut sixpack seperti olahragawan? Sit up adalah jawaban yang tepat. Sit up diketahui cukup ampuh mengecilkan perut buncit, karena olahraga jenis ini menggunakan perut sebagai tumpuhan utama. Selain meratakan perut, sit up juga dapat membuat perut anda menjadi lebih berotot layaknya binaragawan. Anda juga bisa mencoba berbagai fariasi dalam sit up yang dirasa lebih mudah dilakukan.
Gambar jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit
Gambar: olahraga untuk mengecilkan perut buncit
2. Bersepeda. Bersepeda adalah jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan siapa saja, selagi dia bisa naik sepeda. Bersepda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama mengecilkan perut buncit. Saat kita bersepeda akan ada banyak lemak yang dibakar terutama pada bagian perut dan paha. Olahraga jenis ini juga sangat dianjurkan bagi penderita nyeri sendi, karena membantu latihan beban pada bagain sendi mereka.

3. Push up. Push up sebenarnya adalah jenis latihan yang lebih banyak menggunakan otot lengan dan dada sebagai tumpuhan utama. Meskipun demikian, olahraga ini ternyata juga cukup ampuh membantu mengecilkan perut buncit, karena saat kita melakukan push up otot perut ikut membantu tubuh mengangkat baban. Bagi para wanita yang tidak dapat melakukan push up bisa menggunakan lutut sebagi tumpuhan belakang agar lebih ringan.

4. Berenang. Berenang adalah olahraga yang paling digemari banyak orang, terutama di negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika. Berenang kelihatannya memang masih kalah efektif dibandingkan ketiga olahraga di atas dalam hal mengecilkan perut buncit. Tapi jangan salah, olahraga renang dapat membakar banyak kalori jika anda melakukannya dengan benar, misalnya saja berenang gaya dada dengan durasi tiga puluh menit selama tiga kali seminggu akan membakar hingga 900 kalori.

5. Lari. Olahraga ini memang kurang diminati banyak orang karena dirasa cukup melelahkan, meskipun demikian diakui atau tidak lari adalah cara yang cukup ampuh membakar lemak. Lari bukan hanya bisa mengecilkan perut buncit, tapi juga membantu menguatkan otot kaki, mengurangi lemak di paha, menyehatkan jantung dan mengurangi resiko diabetes.

Makanan super untuk mengecilkan perut buncit 

1. Madu dan kayu manis. Kedua bahan ini diketahui cukup ampuh menurunkan berat badan, terutama membakara lemak di bagain perut. Cara membuat ramuan untuk menghilangkan lemak di perut adalah: ambil satu sendok teh bubuk kayu manis, kemudian campurkan dengan air hangat dan madu. Minum ramuan tadi selagi masih hangat dua kali sehari saat pagi dan menjelang tidur.
Gambar makanan mengecilkan perut buncit
makanan mengecilkan perut buncit
2. Cuka sari apel. Jika anda ingin mengecilkan perut buncit dengan cepat, cobalah minum cuka sari apel. Minum segelas air hangat dengan satu sendok teh cuka sari apel sekitar satu jam sebelum makan akan membantu mengekang nafsu makan, sehingga membuat anda tidak cepat lapar. Selain itu Cuka sari apel juga memiliki kandungan kalium yang dapat mengilangkan kelebihan air di dalam tubuh.

3. Teh hijau. Ada banyak studi yang telah berhasil mengungkap manfaat teh hijau bagi kesehatan, salah satunya kemampuannya dalam menurunkan berat badan. teh hijau mengandung kafein 24-40 mg, jumlah ini masih relatif aman. Kafein dalam teh hijau telah terbukti cukup efektif dalam membantu pembakaran lemak, terutama pada bagian perut. Selain itu teh hijau juga mengandung EGCG (epigallocatechin gallate), zat yang dapat meningkatkan metabolisme. Senyawa aktif dalam teh hijau ini bermanfaat meningkatkan keefektifan hormon pembakaran lemak, sehingga membantu anda mengecilkan perut buncit dengan cepat.

4. Lemon dan air hangat. Lemon adalah buah segar dengan banyak khasiat untuk tubuh. Saat dicampur denga air hangat lemon bisa sangat efektif membakar timbunan lemak di perut, sehingga anda tidak akan lagi melihat perut buncit. Meskipun cara ini cukup efektif mengecilkan perut buncit tapi anda harus waspada, jangan terlalu berlebihan minum ramuan ini, usahakan tidak lebih dari 2 kali sehari. Bagi penderita penyakit maag sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menjalani diet.

5. Jus jeruk. Buah jeruk mengandung tinggi vitamin C dan serat yang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian di Johns Hopkins University menemukan, perempuan yang mengkonsumsi buah jeruk setiap hari mengalami penurunan berat badan hingga 20 pound hanya dalam waktu 13 minggu. Baca juga 10 buah-buahan untuk diet sehat

Makanan penyebab perut buncit

1. Makanan berlemak. Jika anda ingin sukses dalam menjalani diet, mengurangi makanan berlemak adalah syarat mutlak. Tidak ada gunanya jika melakukan olahraga rutin, mengkonsumsi makanan sehat, atau bahkan minum obat pelangsing, jika anda tetap tidak bisa meninggalkan kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Beberapa makanan berlemak yang perlu anda kurangi adalah: Gorengan, hamburger, jeroan, kulit ayam dan sejenisnya.
gambar makanan penyebab perut buncit
makanan penyebab perut buncit
2. Makanan atau minuman manis. Makanan dan minuman manis seperti es krim, kue donat dan softdrink memang sangat nikmat, terutama bagi anda yang menjadi penggemar makanan tersebut. Tapi sayangnya makanan di atas harus benar-benar anda jauhkan dari menu harian anda jika tidak ingin memiliki perut buncit. Makanan manis selain memicu obesitas juga dapat menempatkan anda pada resiko besar terkena diabetes.

3. Fast food. Makanan cepat saji atau fast food adalah jenis makanan yang disajikan dengan cepat. Kebanyakan Makanan olahan dalam industri makanan cepat saji sangat sarat dengan lemak trans, ini akan menyebabkan naiknya berat badan terutama pada bagian perut. Untuk itu sebaiknya mulai dari sekarang anda harus mengurangi makanan cepat saji seperti kentang goreng, mie instant, hamburger dan hotdog untuk membantu anda terhindar dari perut buncit.
loading...