Sunday, April 5, 2015

Manfaat buah alpukat untuk diet

Buah alpukat adalah salah satu buah untuk diet sehat karena mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal sehinga menjadikannya cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Sebenarnya apa kelebihan lemak tak jenuh tunggal?

Lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak yang yang molekulnya tersusun dari rangkaian atom-atom karbon yang memiliki satu ikatan ganda. Lemak ini disebut juga lemak baik. Lemak tak jenuh tunggal biasanya ditemukan dalam makanan seperti buah alpukat dan minyak zaitun. Lemak tak jenuh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mencegah penyakit jantung dan stroke dengan cara menurunkan kolesterol.

buah alpukat untuk diet
buah alpukat untuk diet

Sedangkan lemak jenuh atau LDL adalah jenis lemak yang terdiri dari trigliserida dengan hanya asam lemak jenuh. Asam lemak jenuh tidak memiliki ikatan rantai ganda di antara atom-atom karbonnya. Lemak jenis ini bisa ditemukan dalam beberapa makanan seperti es krim, donat, kulit ayam, daging babi, daging sapi dan jeroan. Selain merugikan bagi kesehatan karena dapat mengakibatkan serangan jantung, kanker dan stroke lemak jenuh juga dapat memicu obesitas.

Selain kaya akan lemak tak jenuh buah alpukat juga memiliki Kandungan Glutathione yang diketahui bermanfaat  meningkatkan fungsi hati sehingga akan mempermudah proses detoksifikasi. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh sangat penting sekali, selain membantu program diet anda, racun di dalam tubuh harus dikeluarkan karena dapat memicu penyakit berbahaya. Selain itu racun di dalam tubuh juga dapat menghambat metabolisme tubuh sehingga membuat anda menjadi lebih sulit menurunkan berat badan. Buah alpukat diperkaya dengan nutrisi penting seperti Vitamin C, vitamin E, vitamin B-6, zat besi, kalium, niasin, dan magnesium. Kesemua nutrisi tersebut sangat anda butuhkan agar organ-organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik terutama saat menjalani diet.

Satu cangkir buah alpukat memenuhi 40 persen kebutuhan  serat harian anda. Serat selain membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat juga bisa membuat kenyang lebih lama, ini tentunya juga bisa mengontrol kebiasaan ngemil anda.  Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, makan satu setengah buah alpukat segar saat makan siang dapat memuaskan mereka sehingga mengurangi kebiasaan ngemil makanan berkarbohidrat tinggi.

Studi lain juga menemukan bahwa makan buah alpukat bisa membantu mengatur kadar gula darah, ini selain dapat menghindarkan anda dari penyakit diabetes juga berkontribusi besar dalam mengontrol berat badan. Kadar gula yang tinggi dapat memicu obesitas. Menurut program USDA MyPlate dan Dietary Guidelines for Americans, kita dianjurkan memilih sumber karbohidrat dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan (buah alpukat, pepaya, apel, pir dll) karena selain mengandung karbohidrat mereka juga tinggi serat sehingga sangat baik bagi kesehatan pencernaan.
loading...