Manfaat buah pepaya untuk diet

Menjalani diet artinya adalah mengurangi jumlah kalori berlebih dengan mengatur pola makan dan memilih makanan sehat terutama yang berasal dari buah dan sayur. Makan buah-buahan mungkin tidak akan dengan cepat menurunkan berat badan, tapi paling tidak buah bisa membantu anda memenuhi nutrisi yang biasanya anda dapatkan dari makanan lain sehingga bisa mengurangi jumlah kalori, karena umumnya buah mengandung rendah lemak dan kalori. Salah satu buah yang cukup populer digunakan sebagai buah untuk diet sehat adalah pepaya, hal ini tidak mengherankan mengingat buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti serat, vitamin, kalsium, magnesium dan air.
Gambar Manfaat buah pepaya untuk diet
Manfaat buah pepaya untuk diet

Buah pepaya sering digunakan sebagai makanan untuk diet sehat karena mengandung dua nutrisi yaitu serat dan air. Keduanya sangat penting sekali untuk memperlancar proses pencernaan sehingga membantu mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lain. Serat dari buah-buahan memiliki kualitas lebih baik dibandingkan sumber makanan lain meskipun dalam jumlah yang sama, hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Appetite yang menemukan bahwa ketika wanita mendapat asupan serat dari buah-buahan dalam diet, mereka mengalami penurunan berat badan lebih baik dari orang-orang yang mendapatkan serat dari gandum meskipun dengan jumlah serat yang sama. Buah pepaya juga mengandung rendah lemak dan kalori sehingga sangat baik dikonsumsi selama diet.

Buah pepaya mengandung enzim yang disebut proteolitik atau sering disebut papain. Enzim dalam buah pepaya ini bermanfaat membantu proses pencernaan untuk bekerja lebih baik terutama dalam menghancurkan protein. Pencernaan yang lancar selain membantu anda mengecilkan perut buncit juga akan mempermudah enzim dalam tubuh kita untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan. Selain itu proses pencernaan yang lancar juga akan memprmudah tubuh dalam membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh seperti racun dan sampah sisa makanan.

Memilih makanan sehat seperti buah pepaya sangat penting karena buah adalah sumber antioksidan yang bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas yang menjadi penyabab stres, penyakit jantung dan kanker. Studi menunjukkan bahwa stres dapat memicu naiknya berat badan karena ketika seseorang dalam keadaan stres tubuh akan memproduksi hormon yang dinamakan kortisol, hormon ini dapat memicu nafsu makan berlebih. Senada dengan temuan tersebut Elissa Epel, PhD, asisten profesor di departemen psikiatri di University of California di San Francisco mengatakan stres akut dapat memicu nafsu makan berlebih sehingga menjadi penyebab utama kenaikan berat badan.
loading...