10 Manfaat jamur untuk pencegahan penyakit

Jamur adalah makanan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia dan sudah digunakan sejak lama oleh berbagai masyarakat di dunia sebagai obat. Di zaman moderen ini jamur sering dijadikan sebagai bahan masakan yang lezat, bahkan sekarang jamur bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan seperti sup, tumis, kripik, sampai sate jamur. Nah untuk memberikan informasi bagi anda, berikut beberapa manfaat jamur bagi kesehatan:

1. Mengandung tinggi protein. Bagi anda yang ingin mendapatkan asupan protein dari sumber nabati jamur bisa menjadi pilihan yang tepat. Jamur mengandung tinggi protein dan rendah lemak sehingga sangat aman dikonsumsi, berbeda halnya dengan protein hewani protein dari sumber nabati relatif aman karena lebih ramah. Meskipun demikian tentunya anda tetap membutuhkan protein hewani sebagai penyeimbang nutrisi. 
 Manfaat jamur untuk kesehatan
 Gambar beberapa jenis jamur

2. Mencegah penyakit jantung. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2010 lalu menemukan bahwa jamur kancing bisa mengurangi peradangan pada arteri dan mencegah sel-sel darah putih menempel pada dinding arteri. Pembentukan plak pada dinding arteri dapat menyebabkan pengerasan arteri sehingga memicu penyakit jantung. Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan mengkonsumsi jamur kancing bisa membantu mencegah penyakit jantung, tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya.

3. Mencegah penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah penyakit penurunan daya ingat oleh kaum lansia, penyakit ini sangat sulit untuk diobati tapi bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam  Journal of Neurology menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan kaya niacin seperti jamur  bisa mencegah penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif otak lainnya hingga 70 % .

4. Menurunkan kolesterol. Para ilmuwan dari University of Illinois di Urbana menemukan bahwa jamur memiliki kandungan serat yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol dan pencegahan penyakit jantung. Dalam studi tersebut para peneliti menggunakan 6 jenis jamur berbeda.

5. Mencegah kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyakit paling ditakuti oleh para wanita di seluruh dunia karena penyakit ini sangat mematikan. Salah satu yang membuat jamur menjadi sangat terkenal sebagai obat adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jamur secara rutin diketahui dapat membantu mencegah kanker payudara dengan menghambat aromatase, enzim yang terlibat dalam hyperestrogenemia, yang ditandai oleh produksi estrogen berlebih. Selain itu jamur juga mengandung tinggi antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai jenis kanker.

6. Mecegah diabetes. Beberapa jenis jamur mengandung senyawa tertentu yang bermanfaat mengurangi risiko diabetes dengan membantu dalam formulasi insulin oleh pankreas . Pankreas adalah kelenjar yang memproduksi insulin untuk membantu metabolisme gula. Keuntungan lainnya adalah jamur mampu mencegah infeksi yang biasanya sering dialami oleh pasien diabetes.

7. Meningkatkan sistem imun. Jamur adalah sumber antioksidan yang sangat baik seperti Ergothioneine sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun yang kuat dapat menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem imun seperti flu dan gangguan virus. Beberapa jenis jamur yang mengandung tinggi antioksidan diantaranya jamur kancing putih dan portabella.

8. Mencegah stroke. Sebagai salah satu superfood jamur memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, hal ini tidak terlepas dari kandungan jamur yang memang sangat banyak terutama mineral. Jamur diketahui mengandung tinggi kalium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke. Bahkan jamur jenis portabella diketahui memiliki kandungan kalium lebih tinggi dibandingkan buah pisang.

9. Sumber mineral. Jika anda sedang mencari makanan sumber mineral, jamur adalah pilihan yang tepat. Setidaknya ada lebih dari 5 jenis mineral yang ditemukan dalam berbagai jenis jamur seperti kalsium, tembaga, niacin, kalium, fosfor dan zat besi. Mineral memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, contohnya saja zat besi berfungsi membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia, sedangkan tembaga membantu memperlancar proses metabolisme tubuh, pembentukan pigmen warna seperti rambut, kulit dan mata.

10. Makanan untuk diet sehat. Selain memiliki banyak manfaat untuk pencegahan penyakit, jamur ternyata juga bisa membantu anda mendapatkan tubuh ideal. Jamur tergolong sebagai makanan yang mengandung tinggi nutrisi dan rendah lemak sehingga sangat cocok dijadikan menu diet sehat. Selama menjalani diet anda membutuhkan makanan yang kaya nutrisi tapi di sisi lain juga rendah lemak seperti jamur. Bukan hanya itu saja, jamur ternyata juga mengandung tinggi serat yang bermanfaat memperlancar proses pencernaan sehingga menghindarkan anda dari sembelit yang menjadi penyebab perut buncit.

Ingat, tidak semua jenis jamur itu bisa dimakan, jadi pastikan anda dapat mengenali jenis jamur terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, karena beberapa jenis jamur sangat beracun.
loading...