6 Akibat kekurangan kalsium

Fungsi kalsium ternyata bukan hanya untuk membantu menjaga kesehatan tulang saja melainkan untuk banyak hal, oleh sebab itu akibat kurang kalsium bisa berbahaya bagi kesehatan. Dalam kasus ringan kekurangan kalsium mungkin tidak akan terasa, tetapi jika sudah masuk dalam tahap kronis maka bisa saja menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa gangguan kesehatan dan penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan kalsium:

1. Kram otot. Gejala ini bisa dikatakan sebagai akibat pertama kekurangan kalsium, dalam gejala awal ini biasanya otot akan terasa sakit, terutama di bagian paha, lengan, dan ketiak saat digunakan bergerak atau beraktivitas fisik. Jika anda mengalami hal ini cobalah memriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang sedang terjadi, jika nyeri tersebut diakibatkan kekurangan kalsium dokter mungkin akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium.
kekurangan kalsium
ilustrasi kekurangan kalsium

2. Pengeroposan tulang. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika mineral yang satu ini adalah nutrisi utama untuk tulang, hal ini bisa terjadi karena komponen utama pembentukan tulang adalah kalsium. Jadi jika anda tidak mendapat cukup kalsium dari makanan maka akan membuat anda memiliki resiko besar mengalami osteoporosis terutama di usia senja. Selain karena alasan tersebut ternayata ada faktor lain yang menyebabkan memenuhi kebutuhan kalsium sangat penting bagi tulang, salah satunya adalah saat tubuh kita kekurangan kalsium maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, gigi atau organ lainnya. Hal ini menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan kehilangan kekuatannya.

3. Lebih rentan terkena virus. Kalsium membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri jahat.  Sehingga jika anda mengalami kekurangan mineral ini maka tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit terutama penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri seperti flu, herpes dan hepatitis.

4. Tergangguanya fungsi saraf. Kalsium diperlukan tubuh untuk pengaturan respon otot dan fungsi saraf. Dengan demikian, kekurangan kalsium dapat menyebabkan melemahnya otot dan detak jantung yang tidak teratur. Hipokalsemia (rendahnya tingkat kalsium dalam darah) dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada jari-jari. Kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan tekanan darah rendah dan gagal jantung kongestif.

5. Mengakibatkan kejang. Gejala yang paling akut hipokalsemia adalah kejang. Karena kalsium diperlukan tubuh untuk fungsi neurologis dan pengembangan, kurangnya kalsium dalam darah juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak. Yang perlu diwaspadai adalah gejala hipokalsemia ini biasanya sangat sulit dideteksi terutama pada bayi.

6. Insomnia. Jika anda tergolong orang yang sulit tidur mungkin anda termasuk diantara orang yang mengalami kekurangan kalsium. Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu manfaat kalsium adalah mengoptimalkan fungsi saraf, sehingga saat tubuh anda tidak mendapatkan cukup kalsium maka beberapa organ penting seperti jantung juga bisa terganggu sehingga menyebabkan susah tidur.

Melihat betapa banyaknya fungsi kalsium bagi tubuh maka sudah seharusnya kita berusaha untuk memenuhi nutrisi yang satu ini dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu, keju, yogurt dan aneka sayuran hijau lainnya.
loading...