7 Akibat kekurangan Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam banyak aktivitas seperti  membantu pertumbuhan sel, meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh melawan berbagai penyakit berbahaya. Kekurangan vitamin C biasanya tidak akan mengakibatkan penyakit serius atau kematian, tetapi jika masuk tahap kronis dan tidak mendapatkan penanganan maka bisa berakibat fatal. Berikut beberapa akibat kekurangan Vitamin C yang perlu anda ketahui:

1. Anemia. Kekurangan sel darah merah atau anemia ternyata bukan hanya disebabkan karena kekurangan zat besi, penelitian menunjukkan bahwa tidak mencukupi kebutuhan vitamin C ternyata juga dapat mengakibatkan anemia.

2. Sariawan. Ini merupakan gejala awal saat kita kekurangan vitamin C. Sariawan bisa terjadi akibat tubuh tidak mampu melawan bakteri atau virus, hal ini mungkin terjadi saat seseorang kekurangan vitamin C karena vitamin tersebut berkontribusi besar dalam memperkuat sistem imun.

3. Menurunnya sistem imun. Vitamin C diketahui merupakan nutrisi penting untuk memperkuat sistem imun tubuh, sehingga kekurangan vitamin C bisa berakibat menurunnya sistem imun. Sistem imun yang lemah dapat mengakibatkan tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit seperti flu, serangan virus, infeksi, bahkan kanker. Jadi untuk itu sebaiknya anda menucukupi kebutuhan vitamin C harian dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C.

Akibat kekurangan Vitamin C
Viatmin C

4. Mudah memar. Jika tubuh anda mudah mengalami memar bahkan dengan benturan yang ringan, sebaiknya anda waspada karena itu mengindikasikan anda kekurangan vitamin C. Selain itu kekurangan vitamin C juga dapat membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih lambat.

5. Gusi berdarah. Pendarahan yang terjadi di gusi bisa memberikan sinyal bahwa seseorang sedang mengalami kekurangan vitamin C. Hal ini bisa terjadi karena kolagen yang diperlukan untuk membangun dan memelihara jaringan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu Vitamin C juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan membantu memproduksi kolagen.

6. Suasana hati yang buruk. Perubahan suasana hati yang cepat seperti mudah emosi, depresi dan mudah tersinggung dapat menjadi tanda awal dari kekurangan vitamin C. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi lebih banyak vitamin C dari buah dan sayur  sebelum mencari solusi masalah suasana hati anda.

7. Kerapuhan pada tulang. Untuk menjaga kesehatan tulang selain mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin C.  Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan pembentukan jaringan tulang menjadi terganggu terutama pada anak-anak sehingga mereka menjadi lebih mudah cidera. Selain itu kekurangan vitamin C juga dapat memicu penyakit nyeri sendi yang biasanya terjadi pada kaum lansia.

Kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan masalah yang serius bagi kesehatan, akan tetapi sebenarnya dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung tinggi vitamin C seperti buah jeruk, strawberry, buah kiwi dan paprika.
loading...