7 manfaat dan fungsi kalsium bagi tubuh

Kalsium adalah salah satu meineral penting untuk tubuh kita, mineral ini sering dikaitkan dengan kesehatan tulang karena memang komponen utama pembentukan tulang adalah kalsium. Tubuh kita tidak dapat memproduksi mineral yang satu ini sehingga kita membutuhkan makanan yang mengandung tinggi kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Kebutuhan kalsium pada setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin. Meskipun demikian setidaknya orang dewasa memerlukan 1.000 miligram kalsium setiap hari. Menurut Institute of Medicine bagi para wanita di atas usia 50 tahun dan laki-laki di atas usia 70 tahun membutuhkan setidaknya 1.200 miligram kalsium setiap hari. Beberapa manfaat dan fungsi kalsium dalam tubuh diantaranya:

1. Pembentukan tulang. Sebagian besar tulang kita terdiri dari kalsium, maka tidak heran jika kalsium sangat penting sekali dalam tubuh. Proses pembentukan tulang dimulai saat kita masih bayi, pada masa ini pertumbuhan tulang kita berjalan dengan cepat terutama pada trimester ketiga. Akumulasi kalsium dalam tulang berlanjut sampai pada awal masa dewasa, setelah masa ini tingkat kalsium dalam tulang mulai mengalami penurunan bertahap per tahun. Penurunan terjadi disebabkan tubuh perlu menyimpan kelebihan kalsium untuk perbaikan kerusakan tulang di masa dewasa.
gambar ilustrasi fungsi kalsium
gambar ilustrasi fungsi kalsium
2. Meningkatkan fungsi hati dan otot. Jika tadi kita sudah mengetahui manfaat kalsium bagi pertumbuhan tulang sekarang kita akan membahas fungsi kalsium yang lain yaitu untuk mendukung kerja hati dan otot. Kalsium memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong kinerja hati dan otot agar dapat bekerja secara optimal. Dalam hal ini kalsium mendukung transmisi saraf dan fungsi otot agar dapat membantu menjaga irama jantung tetap stabil. Selain bermanfaat bagi jantung studi telah menunjukkan bahwa kalsium juga bermanfaat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker ovarium.

3. Meringankan gejala PMS. DoctorOZ.com membahas bagaimana suplemen kalsium dapat bekerja untuk mengobati gejala PMS. Dari beberapa penelitian yang menggunakan kalsium untuk pengobatan PMS telah menunjukkan hasil yang cukup baik termasuk kemampuannya dalam membantu meringankan depresi, perubahan suasana hati, ketegangan, kecemasan, kembung dan kram selama masa menstruasi. Meskipun dalam penelitian tersebut memakai suplemen kalsium tapi sebaiknya anda mendapatkan sumber kalsium dari makanan karena selain aman pastinya juga lebih alami.

4. Interaksi gizi. Selain fungsi kalsium secara langsung mineral ini juga dapat mempengaruhi penyerapan dan penggunaan nutrisi lain. Di luar tubuh manusia, kalsium berfungsi membawa muatan listrik yang sangat kecil, itu lah sebabnya mengapa kalsium membantu mempermudah pergerakan nutrisi untuk melintasi membran sel.

5. Menjaga kestabilan berat badan. Kebanyakan orang hanya mengetahui mengenai manfaat kalsium untuk kesehatan tulang, tapi tidak banyak orang yang tahu jika ternyata kalsium juga bermanfaat menjaga kestabilan berat badan. Kalsium secara efisien membantu menjaga berat badan ideal pada laki-laki dan perempuan. Saat seseorang mengalami kekurangan kalsium maka tubuh akan cenderung untuk melepaskan hormon yang disebut paratiroid, hormon ini dapat memicu produksi lemak berlebih sehingga dapat menaikan berat badan.

6. Mencegah batu ginjal. Batu Ginjal terjadi akibat pengkristalan kalsium dan mineral lainnya di saluran kemih manusia, sehinga banyak orang berfikir jika asupan kalsium yang tinggi dapat memicu batu ginjal, ternyata anggapan ini salah, hal ini dibuktikan penelitian terbaru yang mengungkap bahwa asupan kalsium yang cukup malah berfungsi mengurangi risiko batu ginjal. Kebanyakan batu ginjal sering dipicu oleh faktor-faktor lain seperti mengkonsumsi oksalat berlebih dari sayuran berdaun seperti kale dan bayam, serta kurang minum air putih sehingga terjadi penumpukan mineral di saluran kemih.

7. Membantu mengontrol tekanan darah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa banyak mengkonsumsi sayur serta buah dengan diimbangi menucukupi jumlah mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan serat memiliki kontribusi besar dalam meringankan gejala hipertensi. Sebuah penelitian di National Institutes of Health juga menemukan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar serta makanan lain yang mengandung tinggi kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang termasuk mencegah penyakit stroke.

Makanan yang mengandung tinggi kalsium 
  • Olahan susu: seperti keju dan yogurt.
  • Aneka seafood: kerang,  kepiting dan udang
  • Sayur berdaun hijau: Brokoli, sayur bayam, sawi hijau dst.
  • Kacang-kacangan termasuk kacang almond
  • Olahan kedelai: Susu kedelai, tahu, tempe
  • Beberapa jenis ikan: Sarden, salmon dan Ikan teri
  • Makanan lain: jamur, sum-sum tulang, telur dan buah jeruk
Perlu dicatat. Meskipun nutrisi ini memiliki fungsi sangat banyak untuk tubuh, tapi jika berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu sebaiknya anda mengkonsumsi kalsium hanya dalam jumlah yang dianjurkan saja, usahakan pula anda mendapatkan kalsium dari makanan bukan dari suplemen.  
loading...