10 manfaat dan fungsi protein bagi tubuh

Protein sudah tidak asing lagi merupakan nutrisi yang paling penting di dalam tubuh kita, protein memainkan banyak peran penting dalam menjaga kesehatan kita sekaligus membantu organ-organ penting dapat bekerja dengan baik. Protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Rambut dan kuku sebagian besar terbuat dari protein. Di dalam tubuh kita protein digunakan untuk memperbaiki sekaligus membangun beberapa komponen penting seperti sel, rambut, hormon, tulang rawan dan otot.

Di negara maju seperti Amerika dan Eropa, kekurangan protein bukan menjadi masalah serius. Akan tetapi di negara berkembang kekurangan protein menjadi masalah yang perlu diperhatikan mengingat fungsi protein sangat banyak bagi tubuh terutama pada anak-anak. Anak-anak yang mengalami kekurangan protein menunjukkan beberapa gejala seperti: Pertumbuhan terbelakang, kehilangan warna pada rambut dan kulit, melambatnya penyembuhan luka, defisit protein darah, pengeringan cairan darah (edema), kerusakan hati sampai menurunnya kekebalan tubuh.

manfaat dan fungsi protein
ilustrasi fungsi protein

Manfaat dan fungsi protein bagi tubuh

1. Nutrisi untuk diet. Kebanyakan pelaku diet menghindari protein karena dianggap dapat membuat berat badan bertambah, ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah karena ternyata protein malah sangat baik dikonsumsi selama diet karena protein dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.  Diet tinggi protein akan membantu membuat kenyang lebih lama yang pada gilirannya akan menurunkan berat badan lebih cepat dalam jangka pendek. Meskipun demikian terlalu banyak mengkonsumsi protein juga dapat berefek buruk bagi kesehatan dan mungkin malah menyebabkan kenaikan berat badan karena akan ada banyak lemak yang disimpan dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung. Penelitian secara acak untuk mengetahui manfaat protein untuk kesehatan jantung menemukan bahwa menambahkan lebih banyak protein untuk mengurangi konsumsi karbohidrat memberikan hasil yang lebih baik dalam hal menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Tentunya anda juga harus memilih sumber protein yang sehat seperti ikan karena mengandung lebih rendah lemak dibandingkan daging.

3. Mengatasi Stres. Para peneliti di Belanda berhasil menemukan bahwa mengkonsumsi lebih tinggi protein dapat menghindarkan seseorang dari stres. Penelitian tersebut menggunakan 58 orang yang mengalami stres, dari hasil penelitian menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi protein whey mengalami gejala depresi lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak. Selain itu mereka yang diet tinggi protein juga tampak mengalami peningkatan suasana hati lebih baik. Para peneliti menyimpulkan bahwa protein kemungkinan dapat mempengaruhi serotonin otak.

4. Meningkatkan massa otot. Protein adalah nutrisi utama untuk otot, jadi anda perlu mencukupi kebutuhannya agar otot bisa bekerja dengan baik. Otot digunakan untuk berbegai macam aktivitas keseharian kita sehingga anda harus mendapatkan banyak protein dari makanan seperti daging, ikan atau sumber protein nabati agar tidak terjadi defisit protein dalam tubuh.

5. Hormon yang sehat. Protein berfungsi sebagai perantara interaksi beberapa organ dalam tubuh. Contohnya Insulin yang merupakan protein kecil untuk mengatur kadar gula darah dengan melibatkan interaksi antara organ seperti pankreas dan hati. Sedangkan contoh lainnya adalah Secretin yang merupaan bentuk lain dari protein. Zat ini berfungsi membantu proses pencernaan dengan cara merangsang pankreas dan usus agar membuat cairan pencernaan yang diperlukan.

6. Meningkatkan sistem imun. Protein selama ini hanya dikenal sebagai nutrisi untuk otot saja dan tidak banyak yang tau jika protein ternyata dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Protein adalah bentuk lain dari antibodi yang membantu mencegah infeksi. Protein bekerja dengan cara mengidentifikasi kemudian menghancurkan antigen seperti bakteri dan virus. Untuk melakukannya protein biasanya bekerja sama dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh lainnya. Contohnya, protein mengidentifikasi kemudian mengelilingi bakteri atau virus untuk menjaga mereka sampai sel darah putih menghancurkak keduanya.

7. Sumber energi. Ada banyak alasan kenapa para atlet biasanya menkonsumsi lebih banyak protein, salah satunya adalah protein dapat memberikan energi kepada mereka saat bertanding. Protein dibutuhkan untuk pemeliharaan jaringan tubuh dan menggunakannya untuk energi. Namun, Jika anda mengkonsumsi banyak protein dengan karbohidrat maka tubuh akan mengambil energi dari sumber karbohidrat sehingga protein akan diubah oleh tubuh menjadi lemak. Oleh sebab itu diet tinggi protein plus rendah karbohidrat dapat membantu anda menurunkan berat badan sekaligus mendapatkan energi yang cukup.

8. Menjaga kesehatan rambut. Tahukah anda jika salah satu kunci agar rambut terlihat sehat dan kuat adalah protein? Protein memainkan banyak fungsi penting untuk kecantikan karena protein merupakan pendorong utama pertumbuhan sel dan regenerasi. Protein juga diperlukan untuk peredaran darah, regenerasi kulit, memperbaiki otot rambut sehingga membuatnya tetap kuat.

9. Menjaga kesehatan tulang. Selain untuk otot protein juga sangat diperlukan untuk mempertahankan kepadatan tulang. Penelitian telah menemukan bahwa saat seseorang mengalami kekurangan asupan protein akan menempatkan mereka pada resiko tinggi mengalami osteoporosis.

10. Perbaikan sel. Protein sering disebut sebagai blok bangunan tubuh, hal ini karena protein berfungsi membangun dan memperbaiki sel. Setiap sel yang rusak akan dengan cepat diperbaiki dengan protein seperti pembuluh darah pecah dan kondisi lainnya. Jadi jika kita tidak mencukupi kebutuhan protein maka tubuh tidak akan bisa mempebaiki kerusakan ataupun membangun sel dengan sempurna.

Mengingat manfaat dan fungsi protein sangat banyak bagi kesehatan sudah seharusnya kita mencoba mencukupi kebutuhannya agar tubuh kita bisa bekerja dengan optimal. Untuk informasi tambahan baca juga 10 manfaat dan fungsi kalsium bagi tubuh.
loading...