10 manfaat dan fungsi serat bagi tubuh

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sebagai gantinya serat berjalan melewati saluran pencernaan. Saat memasuki tubuh karbohidrat akan dipecah menjadi molekul gula, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada serat sehingga serat tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Ada dua jenis serat: serat larut dan tidak larut. Serat larut adalah jenis serat makanan yang larut dalam air. Contoh serat larut adalah gandum dan biji-bijian. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kontrol glukosa darah jika didikonsumsi dalam jumlah besar.

Sedangkan serat tidak larut adalah serat makanan yang tidak bisa larut dalam air. Serat ini merupakan jenis serat yang menyehatkan usus. Serat ini tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga melewati saluran pencernaan dalam keadaan utuh seperti gel. Beberapa manfaat serat tidak larut diantaranya: memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengeluarkan racun dan mencegah diare.

ilustrasi fungsi serat
ilustrasi fungsi serat

Asupan serat yang cukup dari makanan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena fungsi serat sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan masyarakat di Indonesia kurang memenuhi asupan serat, bahkan anak-anak dan orang dewasa tidak mampu mencukupi dari setengah kebutuhan serat yang direkomendasikan. Kebutuhan serat yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 25-30 gram.

1. Menurunkan berat badan. Serat larut, seperti yang ditemukan dalam mentimun, blueberry dan kacang-kacangan memiliki tekstur seperti gel yang diserap bertahap oleh tubuh, hal ini membantu tubuh untuk memperlambat pencernaan sehingga membuat anda kenyang lebih lama. Salah satu cara diet sehat adalah dengan mengurangi nafsu makan sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dari makanan yang tinggi nutrisi seperti buah dan sayur.

2. Mengontrol gula darah.  Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan serat harian karena nutrisi ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah.  Ketika serat dicerna tubuh sebagian serat hanya melewati sistem pencernaan anda dalam keadaan utuh. Hal ini berarti mengkonsumsi makanan kaya serat tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti halnya karbohidrat. Selain itu serat juga tidak memerlukan insulin saat dicerna, sehingga tidak dihitung sebagai bagian dari karbohidrat.

3. Mencegah kanker usus. Salah satu fungsi serat yang penting adalah membantu proses pencernaan. Pencernaan yang lancar akan membantu tubuh mengeluarkan racun atau sampah dari dalam usus, sehingga membantu mencegah kanker usus besar.

4. Menurunkan kolesterol. Serat berfungsi menghambat produksi asam empedu tubuh yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Sebagai gantinya, tubuh anda harus menggunakan kolesterol dari aliran darah untuk membuat asam empedu lebih, hal ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Menjaga kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung tinggi serat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ketika serat diubah menjadi pasta lengket di saluran pencernaan, maka dia akan menempel dan menyerap kolesterol sehingga akan mencegah penyumbatan pada arteri anda.

6. Menjaga kesehata kulit. Serat dapat membantu menghilangkan jamur dari tubuh anda, sehingga mencegah dari beberapa penyakit kulit seperti jerawat atau rashes. Dengan mengkonsumsi makanan dengan tinggi serat, seperti sayuran berdaun hijau, tubuh akan lebih mudah membuang racun dari dalam tubuh. Racun dapat mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh tidak terkecuali kulit. Kulit yang sehat adalah hasil dari aliran darah yang baik ketika racun dibersihkan dari sistem pencernaan.

7. Mengecilkan perut buncit. Ada banyak alasan kenapa serat sangat bermanfaat untuk menurukan berat badan, salah satunya adalah membantu proses pencernaan lebih efisien. Serat membantu usus bergerak dengan benar sehingga lebih mudah mengeluarkan sampah (tinja). Proses pencernaan yang lancar dapat menghindarkan anda dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Dengan demikian mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat akan membantu mencegah perut buncit.

8. Mencegah batu ginjal. Serat diketahui berfungsi  mencegah insulin memasuki aliran darah selama proses pencernaan, yang merupakan kontributor utama terbentuknya batu empedu dan batu ginjal.

9. Mencegah Stroke. Serat akan membantu anda terhindar dari stroke karena berkontribusi besar dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi salah satu faktor utama penyebab penyakit stroke.

10. Mencegah diare. Pencernaan yang tidak sehat akan membuat tubuh lebih sulit  mengeluarkan racun berbahaya sehingga membuat anda lebih sering mengalami gangguan kesehatan pencernaan seperti diare. Untuk itu pastikan anda mendapatkan asupan serat yang cukup.

Untuk mencukupi kebutuhan serat harian anda, dibutuhkan makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah, sayur dan biji-bijian.  
loading...