10 tips menjaga kesehatan hati anda

Hati adalah organ tubuh manusia yang sangat penting sekali karena memiliki banyak fungsi. Tapi jarang orang yang benar-benar berpikir tentang anugrah Allah yang satu ini. Ada banyak sekali fungsi hati di dalam tubuh manusia diantaranya membersihkan darah dari zat beracun, pengolahan hemoglobin, penyimpan vitamin dan menolak infeksi. Mengingat begitu banyaknya fungsi hati bagi tubuh manusia, sudah seharusnya kita menjaga agar hati kita tetap sehat supaya bisa berfungsi dengan baik. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan hati:
menjaga kesehatan hati
ilustrasi menjaga kesehatan hati

1. Hindari minuman beralkohol. Untuk alasan apapun minuman beralkohol tidak boleh dikonsumsi karena dapat membahayakan bagi kesehatan terutama kesehatan hati. Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi alkohol sehingga mengkonsumsi minuman beralkohol akan membuat hati terus bekerja, tentunyta hal ini akan membuat kerja hati semakin keras.

2. Hindari makanan yang membuat anda alergi. Makanan yang membuat alergi akan melemahkan fungsi hati dan menekankan sistem kekebalan tubuh.

3. Hindari makanan berpengawet. Setiap Makanan  berpengawet akan disaring oleh hati, jadi mengkonsumsi makanan berpengawet ataupun berpewarna akan membuat kerja hati semakin berat. Selain itu, usahakan anda juga mengurangi makanan tinggi gula dan pemanis sintetis.

4. Kurangi lemak. Makanan yang mengandung tinggi lemak seperti gorengan, kentang goreng, hamburger dan makanan bersantan juga tidak baik untuk kesehatan hati. Jadi untuk menjaga kesehatan hati anda harus mengurangi makanan tersebut.

5. Minum lebih banyak air putih. Manfaat minum air putih sangat banyak sekali bagi kesehatan karena air dapat membantu detoksifikasi tubuh sehingga dapat meringankan kerja hati.

6. Konsumsi makanan seperti bawang putih, bawang merah dan brokoli karena makanan tersebut  mengandung belerang yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati.

7. Minum teh hijau. Teh hijau adalah salah satu minuman yang mengandung tinggi antioksidan. Antioksidan dapat menangkal efek buruk radikal bebas dan membantu fungsi hati.

8. Makan lebih banyak sayur berdaun hijau. Mengganti kebiasaan makan anda dengan memilih sayur menjadi salah satu cara brilian untuk menjaga kesehatan hati, sayur mengandung rendah lemak, tinggi antioksidan dan kaya akan vitamin, sehingga dapat memberikan dorongan kesehatan kepada hati.

9. Kurangi Fruktosa. Zat ini sering ditemukan dalam banyak makanan baik secara alami atau sebagai tambahan. Seperti halnya alkohol, fruktosa juga dapat menyebabkan melemahnya fungsi hati jika dikosnumsi secara berlebihan.

10. Lemon dan air. Anda bisa membuat ramuan sederhana untuk menjaga kesehatan hati, caranya: campur perasan air lemon ke dalam segelas air kemudian minum di pagi hari sebelum makan atau mengkonsumsi makanan lainnya. Ramuan tersebut akan membantu detoksifikasi tubuh sehingga akan meringankan kerja hati.

Ada banyak alasan bagi anda untuk menjaga kesehatan hati, salah satunya karena organ ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai macam aktivitas. Mungkin sulit bagi anda melakukan semua tips di atas, tapi paling tidak lakukan apa yang bisa dan mungkin untuk dilakukan, insya Allah itu akan sangat berarti bagi kesehatan anda kedepannya.
loading...