Thursday, June 18, 2015

25 Makanan penurun kolesterol jahat

Kolesterol yang tinggi menjadi penyebab utama penyakit jantung, kenapa demikian? Karena kolesterol darah yang terlampau tinggi akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga dapat memicu penyakit jantung koroner. Selain penyakit jantung tingginya kadar kolesterol dalam darah juga dapat menyumbat pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan stroke. Untuk mencegah penyakit jantung ada banyak hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan istirahat, rutin berolahraga dan menjaga tingkat kolesterol dalam darah. Ada banyak makanan yang tanpa kita sadari ternyata dapat menurunkan kolesterol, makanan apa saja itu? Mari simak:

25 Makanan penurun kolesterol jahat

1. Oatmeal. Jika anda sedang berusaha menurunkan kolesterol, cobalah dengan memulainya dengan mengganti menu sarapan sehat. Menu sarapan seperti oatmeal selain mengandung rendah lemak dan tinggi nutrisi trenyata juga bisa membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Sarapan dengan dua porsi oatmeal secara teratur dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol buruk) hingga  5,3% hanya dalam waktu 6 minggu.

makanan penurun kolesterol
Gambar: makanan penurun kolesterol

2. Anggur. Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini, anggur adalah makanan super dengan segudang manfaat bagi kesehatan karena mengandung tinggi vitamin dan mineral. Sebuah penelitian di Universidad Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen anggur mengalami penurunan kadar kolesterol hingga 9%.

3. Sayur bayam. Sayuran berdaun hijau ini mengandung tinggi  lutein. Lutein ini telah dikenal luas karena memiliki kemampuan untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, yang menjadi penyebab utama kebutaan. Penelitian baru-baru ini berhasil menemukan bahwa mengkonsumsi ½ cangkir makanan dengan tinggi lutein sperti bayam dapat mencegah penyakit jantung dengan membantu menurunkan kolesterol.

4. Lemak ikan. Cobalah mengurangi konsumsi daging dan mengganti sumber protein dari ikan, terutama ikan yang mengandung tinggi omega 3 seperti salmon dan tuna. Makan ikan seperti salmon dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan kolesterol dalam darah anda. Omega-3 yang terkandung dalam beberapa jenis ikan mampu mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan mempertahankan irama jantung.

5. Kacang almond. Jika anda sedang mencari makanan penurun kolesterol kacang almond bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Kacang almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan LDL(kolesterol jahat).

6. Buah alpukat. Buah alpukat mengandung tinggi lemak sehingga sering dihindari oleh pelaku diet karena dianggap dapat menaikkan berat badan, meskipun buah ini mengandung tinggi lemak tapi lemak dalam buah alpukat adalah jenis lemak baik (HDL). Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak sehat untuk jantung. Sama halnya dengan kacang almond lemak tak jenuh tunggal dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL sambil menurunkan LDL. Meskipun buah alpukat baik untuk menurunkan kolesterol tapi anda juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena alpukat juga memiliki kalori cukup tinggi.

7. Buah jeruk. Buah segar yang satu ini sering dijadikan sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung rendah lemak dan tinggi vitamin. Buah jeruk mengandung tinggi vitamin C yang dapat memperkuat sisitem imun sekaligus membantu menurunkan kolesterol.

8. Minyak Zaitun. Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. Dalam sebuah studi yang melibatkan orang-orang dengan kolesterol tinggi, menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mengurang potensi pembekuan kolesterol pada dinding arteri. Konsumsilah sekitar 2 sendok minyak zaitun murni dalam satu hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat darinya.

9. Teh. Teh menjadi terkenal karena mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas dan membantu menurunkan kolesterol. Menurut penelitian yang dilakukan di USDA, teh hitam telah terbukti dapat mengurangi kolesterol hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu. Temuan ini juga memberikan informasi jika teh juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

10. Bawang putih. Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat atau perawatan kesehatan oleh beberapa masyarakat kuno. Penelitian menunjukkan bahwa anggota keluarga allium, seperti bawang putih, bawang merah dan bawang lainnya, dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dan melindungi jantung.

11. Kacang kacangan. Kacang-kacangan memiliki kandungan serat makanan yang tinggi dan kaya akan nutrisi termasuk mineral, vitamin B dan fitonutrien. Nutrisi ini melindungi jantung dengan menurunkan kolsetrol.  Kadar serat yang tinggi dalam beberapa jenis kacang lah yang menjadi alasan utamanya. Kacang-kacangan juga secara alami rendah lemak dan dan rendah kolesterol.  Beberapa jenis kacang sehat diantaranya eperti kacang polong, lentil dan kacang kedelai.

12. Buah pir. Buah pir memiliki tekstur renyah, manis dan menyegarkan seperti halnya buah apel. Buah pir mengandung tinggi pektin yang membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Meskipun buah yang terkenl dengan pektin adalah buah apel tapi anehnya buah pir segar mengandung lebih tinggi pektin dari pada apel. Pektin mampu mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh sebelum dapat diserap. Sebuah pir berukuran sedang menyediakan sekitar 16 persen dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Buah yang kaya pektin lainnya termasuk apel, pisang, jeruk dan buah persik.

13. Tomat. Di Indonesia tomat sering dikenal sebagai sayur meskipun secara kelompok tanaman tomat seharusnya masuk dalam kategori buah, terlepas apakah tomat buah atau sayur, tomat memiiki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satunya menurunkan kolesterol karena mengandung sebuah zat bernama likopen. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh menyerap lebih banyak likopen jika tomat diproses atau dimasak, jadi anda tidak perlu khawatir jika memasak tomat akan mengurangi manfaatnya.

14. Beras merah. Beras merah mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Secangkir beras merah memberikan sekitar 14% dari nilai serat harian yang direkomendasikan. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah ini membantu menurunkan gula darah dan kolesterol. Beras merah biasanya digunakan sebagai pengganti nasi putih.

15. Brokoli. Brokoli telah terbukti cukup ampuh menurunkan kolesterol jahat. Brokoli kukus diketahui lebih baik dari pada brokoli mentah dalam hal menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam brokoli bermanfaat menurunkan kolesterol dengan cara mengikat dengan asam empedu di saluran pencernaan kemudian dibuang dari tubuh. Selain kaya serat brokoli juga mengandung tinggi antioksidan yang berfungsi mencegah penyakit kanker, ambillah brokoli yang masih segar untuk mendapatkan manfaat yang banyak darinya.

16. Blueberry. Buah lezat yang memiliki warna biru gelap ini memang sangat terkenal karena kandungan antioksidannya, selain antioksidan blueberry juga mampu mengontrol kolesterol darah anda pada tingkat normal. Blueberry membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah penyumbatan pada arteri. Para peneliti menduga hal ini bisa terjadi karena buah blueberry mendukung fungsi hati dengan baik.

17. Kayu manis. Hanya setengah sendok teh kayu manis sehari telah terbukti secara signifikan mengurangi kadar gula darah, trigliserida, LDL (kolesterol jahat), dan kadar total kolesterol pada orang dengan diabetes tipe 2. Kayu manis bisa ditambahkan ke teh hijau atau menggunakannya dalam makanan untuk menambah rasa.

18. Jahe. Jahe telah ditunjukkan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi pengujian khasiat jahe menemukan bahwa jahe mengurangi kolesterol, trigliserida dan kadar gula darah. Jahe juga mendorong pertumbuhan HDL (kolesterol baik) dan membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
 

19. Lemon. Lemon memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar karena bebas lemak, rendah kolesterol, tinggi vitamin C dan rendah kalori. Lemon mengandung limonoid, yang telah terbukti mengurangi produksi apo B, zat yang berhubungan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi. Flavonoid, juga ditemukan dalam buah lemon, memiliki sifat antioksidan potensial yang mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

20. Kedelai. Ada banyak makanan yang dihasilkan dari olahan kedelai seperti tahu, nugget, tempe dan susu kedelai kesemuanya sangat baik digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi 25 gram protein dari kedelai per hari telah terbukti dapat menurunkan kolesterol sebesar 5% sampai 6%. Karena kandungan protein yang tinggi (protein 9 gram di 20 gram kedelai), itu adalah pengganti yang baik untuk protein hewani bagi para vegetarian. Mengganti protein hewani dengan protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL buruk, dan trigliserida tanpa menurunkan HDL.

21. Buah strawberry. Strawberry diketahui kaya akan phyto nutrisi yang merupakan jenis senyawa penting untuk mencegah berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat menghindarkan anda dari penyakit jantung.

22. Cokelat hitam. Kabanyakan orang berfikir jika cokelat memberikan efek buruk bagi kesehatan, bahkan banyak orang yang menganggap jika cokelat sering menjadi biang keladi obesitas dan serangan jantung karena dianggap mengandung tinggi kolsterol dan lemak. Jika anda juga menganggap demikian tampaknya anda harus membuang jauh-jauh anggapan tersebut karena cokelat hitam yang masih belum tercampur gula atau bahan pemanis lainnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatn. Cokelat memiliki asam oleat, yang merupakan jenis lemak sehat yang juga ditemukan dalam minyak zaitun.

23. Kubis. Kubis membantu menurunkan kolesterol dalam beberapa cara yang berbeda. Seperti halnya bayam, kubis mengandung tinggi lutein, dan juga serat. Lutein telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dari dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam kubis juga dapat menurunkan kolesterol dengan cara menyerapnya kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.

24. Buah pepaya. Pepaya kaya akan kandungan serat, vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat mencegah penumpukan kolesterol pada dinding arteri.

25. Jus wortel. Wortel mengandung sejumlah besar vitamin C dan A. Penelitian awal menunjukkan bahwa kedua vitamin tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain dari vitamin serat dalam wortel juga bermanfaat menyerap kelebihan kolesterol. 


Demikian tadi 25 makanan penurun kolesterol yang bisa cara hidup sehat bagi, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Intinyta untuk menjaga kesehatan mulailah dengan mengkonsumsi makanan sehat.
loading...