6 Makanan penyebab naiknya kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga menempatkan anda pada risiko terkena penyakit jantung, menurut American Heart Association. Banyak makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan produk susu mengandung lemak jenuh, sedangkan makanan yang dipanggang dan makanan cepat saji syarat akan lemak trans. Untuk menghindarkan anda pada resiko terkena penyakit jantung sebaiknya anda mengurangi makanan berikut:

1. Hati ayam. Jeroan atau bagian hati ayam merupakan salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat kita, karena jeroan selain murah juga cukup lezat bagi para penikmatnya. Tapi bagi anda yang memiliki resiko tinggi mengalami penyakit jantung, sebaiknya berhati-hati jika ingin makan jeroan karena makanan ini mengandung kolesterol cukup tinggi sehingga dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Dalam 100 gram hati terdapat setidaknya 564 mg kolesterol.

Makanan penyebab naiknya kolesterol
Makanan penyebab naiknya kolesterol

2. Kulit ayam. Di dalam bagain ayam yang bisa dimakan kulit menjadi salah satu yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi sehingga anda perlu waspada dalam mengkonsumsinya. Apa lagi jika ayam disajikan dalam bentuk digoreng maka akan menambah tinggi jumlah kolesterol di dalamnya.

3. Kentang goreng. Kentang adalah makanan yang memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tapi sayangnya penyajian kentang yang salah dapat memicu kenaikan kolesterol dalam darah, karena kentang mengandung tinggi karbohidrat yang tidak baik disajikan dalam bentuk digoreng. Sebenarnya tidak masalah jika ingin mengkonsumsi makanan ini, tapi ingat, jangan berlebihan.

4. Daging sapi. Daging merupakan sumber protein utama bagi manusia, di mana  di dalam daging terdapat beberapa nutrisi seperti zat besi, vitamin D, protein, vitamin B kompleks dan omega-3. Tapi ingat, meskipun daging sapi memiliki segudang nutrisi, anda perlu waspada terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia 40 tahun. Daging sapi mengandung setidaknya 78 mg kolesterol dalam 100 gramnya.

5. Seafood. Anda suka seafood? Tampaknya bagi penggemar makanan yang satu ini harus mulai waspada karena diketahui beberapa jenis seafood umumnya mengandung kolesterol cukup tinggi seperti udang, cumi, kerang dan kepiting. Dalam 100 gram kerang terdapat setidaknya 211mg colesterol. Tapi anda tidak perlu khawatir selama mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan maka masih cukup aman. Selain itu seafood juga kaya akan nutrisi penting jadi anda tidak perlu menghindarinya, hanya mengurangi porsinya saja.

6. Makanan cepat saji. Makanan cepat saji seperti humberger, nugget, pizza dan es krim tampaknya memang sulit untuk dihindari, terutama bagi mereka yang sudah terlanjur menggemari makanan ini.  Contohnya saja pizza dalam penyajiannya dicampur dengan banyak keju, daging, saus, dan bahan lainnya sehingga pizza mengandung setidaknya 600 kalori per slice-nya. Selain itu makanan ini juga syarat akan lemak jenuh, sodium, dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menyebabkan naiknya kolesterol.

Nah,,bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol cobalah mengkonsumsi 25 makanan penurun kolesterol. Semoga informasi di atas bisa memberikan informasi bagi para pembaca dan membuat kita lebih selektif lagi dalam memilih makanan.
loading...