6 manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh

Menurut Recommended Dietary Allowance, atau RDA kebutuhan vitamin E bagi orang dewasa pria maupun wanita yaitu sekitar 15 miligram, jumlah tersebut setara dengan 22,5 IU. Linus Pauling Institute melaporkan bahwa asupan vitamin E untuk anak-anak dan orang dewasa di Amerika jauh dari jumlah direkomendasikan, padahal Amerikan tergolong sebagai negara maju. Untuk itu RDA merekomendasikan bagi orang dewasa untuk mendapatkan asupan vitamin E dari suplemen. Meskipun demikian sebaiknya anda lebih mengutamakan dari sumber makanan karena lebih alami dan aman serta tidak menimbulkan efek samping.

Manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh

1. Mencegah penggumpalan darah. Vitamin E berfungsi sebagai pengencer darah alami sehingga mencegahnya dari penggumpalan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin E juga dapat mencegah gangguan pada arteri koroner atau penyakit jantung.


manfaat dan fungsi vitamin E
Suplemen vitamin E

2. Menjaga kesehatan kulit. Vitamin E sering dikenal sebagai nutrisi untuk kulit karena vitamin jenis ini bekerja sebagai antioksidan untuk melawan efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Vitamin E bisa kita dapatkan melalui makanan yang kita konsumsi seperti biji-bijian, berbagai jenis kacang, sayur bayam atau buah alpukat.
Mendapatkan asupan vitamin E melalui makanan bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan kulit. Karena vitamin E juga bisa secara langsung diterapkan pada kulit, sehingga akan berinteraksi langsung dengan sel-sel kulit yang bekerja menetralkan efek buruk radikal bebas di kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan sekaligus resiko kanker kulit.

3. Mencegah penyakit jantung. Penelitian telah memberikan informasi kepada kita bahwa Vitamin E ternyata dapat membantu mencegah penyakit jantung. Vitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi membatasi oksidasi LDL sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Penyumbatan di arteri yang diakibatkan oleh menumpuknya LDL atau kolesterol jahat  dapat menjadi penyebab serangan jantung. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan tinggi vitamin E memiliki resiko lebih rendah mengembangkan penyakit jantung.

4. Memperkuat sistem imun. Vitamin E sering disebut sebagai alpha-tocopherol, yang merupakan vitamin larut dalam lemak yang bermanfaat membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah, dimana Sel darah merah tersebut berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membantu melawan serangan infeksi, virus dan penyakit yang menyerang sistem imun lainnya . Selain itu, vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang mampu menstabilkan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam pnyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung dan penyakit terkait virus.

5. Menjaga kesehatan mata. Menurut Harvard School of Public Health Mengkonsumsi suplemen vitamin E secara teratur memberikan efek positif terhadap meningkatnya kesehatan mata. Vitamin E dapat mencegah gangguan pengelihatan terkait usia seperti degenerasi makula, terutama bila dikombinasikan dengan vitamin C, beta karoten dan seng.

6. Mengurangi efek buruk rokok. Merokok, paparan polusi udara dan sinar ultraviolet dari matahari beresiko meningkatkan radikal bebas. Vitamin E dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak akibat polusi terebut. Cobalah mendaatkan asupan vitamin E dari makanan untuk menghindari kelebihan dosis vitamin E yang bisa saja terjadi jika anda menggunakan suplemen.

Tanpa kita sadari ternyata banyak juga ya manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh kita. Semoga infromasi di atas membuat kita lebih memperhatikan akan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh terutama vitamin E.
loading...