10 manfaat dan fungsi kalium bagi tubuh

Kalium adalah salah satu jenis mineral penting bagi tubuh manusia dan memiliki banyak fungsi untuk menunjang kesehatan. Kalium bisa ditemukan dalam sel-sel darah merah, otot dan tulang kita. Makanan yang mengandung tinggi kalium diantaranya buah, sayuran seperti sayur bayam, peterseli, brokoli, tomat, buah jeruk, pisang, apel, alpukat dan kismis.

Diet tinggi kalium berhubungan erat dengan kontrol tekanan darah. Ada beberapa mekanisme yang berkontribusi terhadap efek menguntungkan ini, termasuk meningkatkan fungsi ginjal, penurunan pembekuan darah, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Karena manfaat penting ini lah diet tinggi kalium sering digunakan untuk terapi yang bertujuan meningkatkan kontrol tekanan darah. Untuk lebih detilnya berikut:

10 manfaat dan fungsi kalium bagi tubuh

1. Fungsi kalium untuk Mengatur tekanan darah. Kalium berfungsi menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi atau bahkan stroke. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam "American Journal of Physiology Regulatory, Integrative dan and Comparative Physiology." Penelitian yang dipimpin oleh FJ Haddy tersebut menemukan bahwa infus kalium akan menyebabkan peningkatan aliran darah yang dihasilkan dari pelebaran arteri dan relaksasi otot. Penelitian ini menunjukkan bahwa suplementasi diet dengan kalium bisa menurunkan tekanan darah.

gambar manfaat dan fungsi kalium
Ilustrasi kalium

2. Fungsi kalium untuk Kontraksi otot. Kalium dan natrium bekerja sama untuk mengatur keseimbangan asam-basa dalam darah dan jaringan. Fungsi kalium juga membantu menghasilkan kontraksi otot, termasuk mengatur detak jantung, karena kalium melintasi membran sel lebih mudah daripada sodium, sehingga kalium dapat memulai pertukaran yang melepaskan energi listrik dan mengaktifkan impuls saraf, menyebabkan kontraksi otot.

3. Fungsi kalium untuk Kesehatan tulang. Fungsi kalium untuk tulang sangat penting sekali karena kalium menjaga keseimbangan asam basa. Menurut peneliti Frances Tylavsky dari Departemen Preventive Medicine di University of Tennessee. Saat keseimbangan asam basa terganggu maka tubuh anda akan menarik kalsium dari tulang. Penemuan ini membuat para peneliti memahami pentingnya mencukupi kebutuhan kalium untuk mengurangi penarikan kalsium dari tulang yang bisa mengakibatkan kerapuhan pada tulang.

4. Fungsi kalium dalam Menjaga kesehatan ginjal. Salah satu Manfaat dan fungsi kalium yang sangat penting adalah menjaga kesehatan ginjal.  Kalium memainkan peran yang tak tergantikan dalam mengatur fungsi metabolisme sekaligus membuat hati dan ginjal bekerja dengan baik. Selain itu, kalium juga membantu ginjal dalam membuang limbah melalui proses ekskresi. Namun, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah asupan kalium yang tepat, karena di sisi lain kalium dapat membantu merangsang tubuh untuk menyerap lebih banyak kalsium dari yang diperlukan, sehingga hal ini akan menyebabkan masalah pada ginjal.

5. Fungsi kalium dalam Menjaga keseimbangan cairan. Selain menjaga kesehatan tulang fungsi kalium yang tidak kalah penting adalah mecegah dehidrasi, hal ini disebabkan karena kalium dapat membantu mengatur tingkat cairan di dalam tubuh sehingga membuatnya tidak cepat mengalami dehidrasi. Di sisi lain elektrolit tersebut juga membantu mengirimkan muatan listrik ke seluruh tubuh dari otak dan sistem saraf untuk membuat organ-organ penting berfungsi lebih cepat dan lebih efisien.

6. Fungsi kalium dalam Meningkatkan fungsi Sistem saraf. Tidak jauh berbeda dengan fungsi kalium untuk mencegah dehidrasi di atas, kalium ternyata juga secara langsung dapat meningkatkan efisiensi refleks saraf yang mengirimkan pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh yang lain. Hal ini tentunya akan mempermudah otot dalam melakukan berbagai kegiatan setiap hari tanpa membuatnya cepat lelah. Maka dari itu bagi para atlet atau orang dengan aktivitas padat sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan kalium untuk menunjang aktivitas mereka.

7. Fungsi kalium dalam Mencegah stres. Kalium adalah mineral penting untuk mengontrol saraf dan menjaga keseimbangan tekanan darah. Hal ini bermanfaat mencegah stres dan gangguan mental lainnya. Selain itu kalium juga mampu mengatur berbagai hormon dalam tubuh termasuk hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Dimana kelebihan kedua hormon tersebut dapat menimbulkan beragam kerugian bagi sistem tubuh.

8. Fungsi kalium dalam Meningkatkan fungsi otak. Jika ingin meningkatkan kerja otak mungkin anda perlu memenuhi kebutuhan kalium harian anda. Di atas sudah disinggung bahwa kalium memainkan peran penting dalam menghubungkan banyak saraf di otak hal ini tentunya akan banyak mempengaruhi fungsi otak seperti penigkatan fungsi memori dan kecerdasan.

9. Fungsi kalium dalam Menjaga kesehatan jantung. Memenuhi kebutuhan kalium dalam jumlah yang direkomendasikan akan sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Di dalam tubuh kalium berfungsi menjaga keseimbangan tekanan darah, mengurangi ketegangan pada arteri dan jantung. Dalam keadaan tersebut jantung dan arteri dapat berfungsi lebih baik yang pada gilirannya juga mencegah berbagai macam penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

10. Fungsi kalium dalam Meningkatkan metabolisme tubuh. Kalium membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang lambat sehingga membutanya dapat bekerja efektif. Jika anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan saat diet, hal itu bisa saja dikarenakan metabolisme yang lambat, oleh sebab itu sangat penting bagi anda untuk menjaga metabolisme tubuh.

Ternyata manfaat dan fungsi kalium sangat banyak bagi kesehatan, untuk itu sebaiknya kita benar-benar berupaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang satu ini.
loading...