Wednesday, July 8, 2015

25 Makanan yang mengandung vitamin E tinggi

Vitamin E adalah vitamin larut yang memiliki sifat antioksidan. Secara alami vitamin E dapat ditemukan dari makanan yang kita konsumsi atau dari suplemen. Vitamin E sangat penting bagi kesehatan tubuh kita karena vitamin jenis ini membantu dalam mencegah beberapa masalah kesehatan khususnya yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tapi sayangnya tidak semua orang peduli mengenai manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh tersebut, sehingga tidak jarang banyak orang kurang memperhatikannya. Memenuhi kebutuhan vitamin E itu sebenarnya tidak sulit karena sebenarnya ada banyak makanana yang mengandung tinggi vitamin E di sekitar kita yang mungkin tidak kita sadari, makanan apa saja itu? Berikut 25 makanan yang mengandung vitamin E:

1. Kacang almond. Jika anda sedang mencari makanan yang mengandung tinggi vitamin E maka kacang almond bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Kacang almond mengandung vitamin E cukup melimpah yaitu dari 100 gram kacang almond menyediakan sekitar 26,2 miligram Vitamin E. Selain itu kacang almond juga merupakan salah satu dari makanan penurun kolesterol jahat karena kandungan lemak baiknya.

makanan yang mengandung vitamin e
makanan yang mengandung vitamin e

2. Minyak nabati. Minyak nabati atau minyak yang berasal dari tanaman biasanya mengandung tinggi vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit anda. Contohnya saja minyak gandum, dalam satu sendok makan  minyak gandum dapat memenuhi 100% dari kebutuhan vitamin E harian Anda. Selain minyak gandum Minyak bunga matahari juga bisa menjadi alternatif sumber vitamin E.

3. Buah alpukat. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang terkanal dengan kandungan lemak baiknya ini memang sering dijadikan menu diet sehat karena mengandung tinggi nutrisi termasuk vitamin E. Dalam setengah buah alpukat mengandung lebih dari 2 miligram Vitamin E. Selain itu buah alpukat juga merupakan makanan penurun kolesterol jahat karena kandungan HDL nya yang tinggi.

4. Biji bunga matahari. Biji-bijian memnag menjadi salah satu sumber terbaik dari vitamin E, salah satunya adalah biji bunga matahari. Hanya Setengah cangkir biji bunga matahari bisa mencukupi lebih dari kebutuhan vitamin E harian anda. Dalam 1 cangkir biji bunga matahari menyediakan sekitar 46,52 miligram Vitamin E atau 225% dari kebutuhan harian anda.

5. Margarin. Jika Anda ingin meningkatkan asupan vitamin E setiap hari, Anda bisa menggunakan margarin. Pastikan adan membeli margarin yang mengandung unsur minyak jagung. Tapi, ingat meskipun margarin mengandung tinggi vitamin E, dia juga tinggi lemak sehingga anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah tidak berlebihan.

sayur yang mengandung vitamin e
sayur mengandung vitamin e

6. Selai kacang. Butuh makanan yang mengandung tinggi vitamin E secara praktis? Selai kacang adalah jawabannya. Selai kacang merupakan sumber vitamin E cukup baik dan praktis. Dalam 2 sdm selai kacang memasok 2,5 mg vitamin E.

7. Brokoli. Anda suka makan sayuran seperti brokoli? Jika iya, berarti anda beruntung. Sayur-sayuran terlebih yang memiliki warna hijau memang sangat menyehatkan karena mengandung tinggi antioksidan dalam bentuk vitamin. Brokoli sendiri juga sering dikenal sebagai makanan pendetoks alami karena kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati. Satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 4% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Meskipun jumlah tersebut tidak terlalu banyak, tapi brokoli bisa menjadi alternatif sumber vitamin E yang menyehatkan.

8. Sayur bayam. Bayam merupakan makanan favorit saya, selain lezat bayam juga mengandung tinggi nutrisi sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Salah satu alasan bagi saya menyukai makanan yang satu ini adalah karena bayam mengandung tinggi antioksidan dan vitamin E. Tidak cukup sampai di situ saja sayur berdaun hijau ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti kalsium, asam folat dan zat besi.

9. Sawi hijau. Sawi adalah makanan padat gizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit. Sawi hijau mengandung beberapa macam vitamin seperti vitamin E, C, K, A dan asam folat. Mengkonsumsi  satu cangkir sawi yang sudah dimasak memenuhi sekitar 14% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Usahakan anda memilih sawi organik karena lebih aman.

10. Buah kiwi. Buah Kiwi memiliki rasa manis dan menyehatkan sekaligus kaya akan vitamin dan mineral. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin E sekitar 1.11mg per buah berukuran sedang. Selain vitamin E, buah kiwi juga diperkaya dengan vitamin C, kalium, dan serat. Buah ini juga relatif rendah kalori karena hanya mengandung sekitar 46 kalori per buahnya.

11. Buah tomat. Segar dan menyehatkan itulah gambaran singkat tomat. Tomat memiliki kandungan air cukup tinggi dan diperkaya dengan vitamin C sehingga sangat baik untuk menangkal sariawan. Tidak berbeda jauh dengan buah kiwi tomat juga mengandung vitamin E dan C yang keduanya merupakan antioksidan penting untuk tubuh. Tomat brukuran sedang memebrikan sekitar 0,66 miligram Vitamin E.

seafood yang mengandung vitamin e
seafood mengandung vitamin e

12. Buah mangga. Pasti semua orang sudah kenal dengan buah yang satu ini, buah dengan warna beragam ini memnag cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena selain mudah didapat harganya pun juga cukup terjangkau.  Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, antioksidan, mineral, vitamin termasuk vitamin E. Buah mangga rata-rata mengandung sekitar 2,32 miligram vitamin E, atau mencukup 11% dari kebutuhan vitamin E bagi orang dewasa.

13. Buah pepaya. Buah pepaya umumnya dikenal sebagai sumber vitamin C dan A, tapi tidak banyak yang tahu jika buah tropis ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin E.  Dalam buah pepaya berukuran sedang memenuhi setidaknya 17% dari kebutuhan Vitamin E harian Anda. Meskipun jumlah tersebut tidak terlalu banyak tapi ada banyak keuntungan yang akan anda dapat saat mengkonsumsi buah yang satu ini, salah satunya membantu mengontrol berat badan karena pepaya kaya akan kandungan seratnya.

14. Paprika merah. Rempah-rempah seperti cabai merah dan paprika tidak hanya menambah rasa masakan anda, tetapi juga menyediakan Vitamin E & Antioksidan penting lainnya. Satu sdm bubuk cabai merah atau paprika menyediakan sekitar 2,1 mg Vitamin E.

15. Buah zaitun. Zaitun adalah buah yang lezat yang penuh dengan nutrisi. Zaitun memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung karena mengandung sejumlah lemak baik. Buah zaitun memberikan sekitar 18% dari kebutuhan vitamin E yang direkomendasikan. Jika anda kesulitan menemukan buah ini, anda bisa mendapatkan sumber vitamin E dari minyak zaitun.
buah yang mengandung vitamin e
buah mengandung vitamin e

16. Udang. Udang adalah salah satu jenis seafood paling digemari oleh masyarakan Indonesia bersama dengan kepiting. Udang dipercaya mengandung tinggi mineral dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain protein dan mineral udang ternyata juga mengandung tinggi vitamin E dan memenuhi 5% dari kebutuhan harian anda.

17. Kale. Kale atau disebut juga borecole, merupakan sayuran dari keluarga Brassica seperti halnya kubis, kale adalah sayuran hijau yang kaya akan nutrisi penting. Satu cangkir kale rebus dapat memberikan 6% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Usakan anda memilih kale organik karena sayur ini sangat sering terkontaminasi dengan pestisida.

18. Peterseli. Peterseli Adalah tanaman yang berwarna hijau dengan daun mirip seledri dan biasanya digunakan sebagai tambahan dalam olahan makanan atau pelengkap hidangan. Peterseli mengandung tinggi nutrisi seperti zat besi dan Vitamin E.

19. Lobak hijau. Hampir sama dengan sayuran berdaun lainnya lobak hijau juga merupakan sumber vitamin E. Dalam 1 cangkir lobak hijau mengandung Vitamin E, A dan C. Selain itu, lobak hijau juga menyediakan asam folat, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil.

20. Kacang pinus. Pernah mendengar kacang pinus? Mungkin kacang ini sedikit asing bagi beberapa orang, sebenarnya kacang pinus adalah sejenis bijian yang berasal dari pohon pinus. Biji atau kacang pinus ini bisa dimakan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Satu ons kacang pinus mengandung setidaknya 2,6 miligram Vitamin E.

21. Gandum. Tanaman gandum adalah sumber yang kaya akan Vitamin E. Selain vitamin E gandum juga merupakan sumber serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

22. Umbi talas. Satu porsi akar talas dengan berat 100  mengandung 2,9 miligram Vitamin E. Anda dapat menggunakannya sebagai menu sarapan sehat pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi.

23. Jagung manis. Jagung mengandung tinggi vitamin A dan E. Keduanya bekerja sebagai antioksidan penting bagi tubuh. Sebuah penelitian di Cornell University menemukan bahwa proses memasak pada jagung dapat meningkatkan kadar antioksidannya.

24. Buah aprikot. Satu cangkir aprikot kering menyediakan 5.63mg vitamin E, atau 27% dari kebutuhan vitamin E perhari.

25. Kemangi. Kemangi mengandung sejumlah nutrisi penting termasuk vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin K, vitamin B, dan vitamin E. Kemangi juga dipercaya memiliki banyak khasiat diantaranya meningkatkan ketajaman penglihatan, mencegah jerawat sampai meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain daftar 25 makanan yang mengandung tinggi vitamin E di atas mungki masih banyak yang belum masuk ke dalam daftar tersebut, jadi jangan berhenti mencari informasi untuk menambah wawasan kesehatan anda. 
loading...