10 Makanan pembersih usus besar

Usus besar adalah salah satu bagian penting di dalam tubuh. Usus besar yang sehat menjadi dasar kesehatan tubuh secara keseluruhan. Usus adalah saluran utama dalam sistem pencernaan tubuh kita. Kesehatan usus besar sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk itu sangat penting bagi kita memilih makanan sehat yang dapat membantu proses pencernaan.

Banyak orang mengatakan penyakit dimulai di usus besar. Bahkan, di Kanada usus besar menempati urutan kedua kematian akibat kanker. Dalam usus besar, air diperas keluar dan diserap dari sisa makanan, meninggalkan campuran serat dan bakteri. Jika waktu transit usus terlalu lambat, bakteri dan jamur berkembang biak dan racun diserap. Usus besar yang sehat dapat menghilangkan limbah dalam waktu enam sampai 18 jam setelah makan. Berikut daftar makanan pembersih usus besar:

makanan pembersih usus
makanan pembersih usus

1. Jus buah. Untuk membersihkan usus, sesekali anda harus menjauhi makanan olahan yang dimasak. Selain menjauhi makanan tersebut anda bisa  minum jus buah segar pagi dan sore. Buah segar selain kaya serat yang membantu proses pencernaan juga menyediakan banyak vitamin dan mineral. Usahakan membuat jus buah anda sendiri karena lebih sehat, selain itu jangan menambahkan pemanis atau gula agar kandungan kalori dalam jus tidak bertambah tinggi.

2. Yoghurt. Yoghurt dikenal sebagai makanan sumber bakteri baik yang membantu proses pencernaan tubuh. Mengkonsumsi yoghurt secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan usus besar. Dengan kandungan probeotiknya yoghurt bermanfaat  memerangi penyakit radang usus.

3. Jus apel. Jus buah segar termasuk buah apel, adalah makanan sehat pembersih usus paling ampuh. Minum jus apel secara teratur dapat mendorong gerakan usus, dan meningkatkan kesehatan hati serta sistem pencernaan. Selain dibuat jus anda juga bisa menikmati apel secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang tidak jauh berbeda.

4. Bawang putih. Bawang putih bermanfaat merangsang produksi enzim dalam hati anda. Ini memainkan peran besar dalam detoksifikasi tubuh dari racun. Belum lagi bawang putih adalah makanan lezat untuk menjaga kesehatan usus.

5. Kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang adalah sumber serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kacang kaya akan serat dan mineral penting lainnya seperti zat besi dan kalium. Beberapa jenis kacang bahkan mengandung lemak sehat yang membantu menekan nafsu makan. Beberapa jenis kacang dengan kandungan nutrisi lengkap diantaranya kacang polong, lentil, mete dan almond.

6. Makanan tinggi omega-3. Omega-3 adalah nutrisi penting bagi tubuh kita, nutrisi ini dikenal luas bermanfaat meningkatkan kecerasan otak dan menjaga kesehatan jantung. Sayangnya rata-rata masyarakat kita tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang satu ini. Omega-3 dapat membersihkan usus besar dengan cara membantu mempermudah pengeluaran racun dari dalam tubuh. Makanan sumber omega-3 diantanya kacang-kacangan, biji rami, ikan salmon dan tuna.

7. Lidah buaya. Lidah buaya dikenal memiliki kemampuan detoksifikasi dan bertindak sebagai pencahar, oleh karena itu lidah buaya dianggap sebagai pembersih usus yang efektif. Gel dalam lidah buaya bukan hanya bertindak sebagai obat yang dapat meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga membantu mengobati masalah kesehatan lain seperti sakit kepala, infeksi kulit, diare, nyeri lambung dan sembelit.

8. Jahe. Jahe sudah sejak lama dianggap sebagai tanaman obat dengan kaya manfaat. Jahe bermanfaat membantu mengurangi kembung dan merangsang fungsi usus untuk mengeluarkan limbah dan racun berbahaya dari tubuh. Hal ini akan membantu pencernaan dengan merangsang sekresi cairan pencernaan.

9. Sayuran. Sayuran, khususnya yang mengandung klorofil yang sangat efektif dalam mengeluarkan racun. Sayuran hijau juga dilengkapi dengan vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang ada di dalamnya akan menjaga tubuh anda tetap sehat. Beberapa sayur yang sangat bermanfaat untuk membersihkan usus diantaranya: Bayam, brokoli dan wortel.

10. Buah alpukat. Alpukat adalah buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan penernaan. Belum lagi bua ini menyediakan aneka vitamin, mineral dan HDl (lemak baik). Saat menjalani diet anda juga membutuhkan makanan yang mengandung tinggi serat dan nutrisi seperti alpukat.
loading...