Wednesday, August 5, 2015

10 manfaat dan fungsi asam folat bagi kesehatan

Asam folat adalah nutrisi yang sangat terkenal untuk ibu hamil, nutrisi ini sangat dibutuhkan selama masa kehamilan karena diketahui dapat mencegah resiko cacat pada bayi. Sebenarnya apai itu asam folat dan apa manfaat serta fungsi asam folat bagi tubuh? Berikut ulasannya:

Asam folat atau biasa disebut  vitamin B9, adalah nutrisi penting bagi ibu hamil. Asam folat sering ditemukan di beberapa jenis sayuran berdaun hijau termasuk (kangkung, bayam) jus jeruk, dan biji-bijian. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mendapatkan 400 mikrogram (0,4 mg) setiap hari sebelum pembuahan dan selama awal kehamilan memiliki penurunan resiko cacat tabung saraf hingga 70%.

Manfaat dan Fungsi asam folat untuk kesehatan

1. Mencegah cacat tabung saraf. Cacat tabung saraf adalah suatu kondisi yang terjadi ketika terjadi suatu gangguan pertumbuhan saat bayi belum lahir. Kondisi paling umum cacat tabung saraf adalah spina bifida dan anencephaly. Spina bifida terjadi ketika tulang belakang tidak berkembang secara normal, sedangkan Anencephaly terjadi ketika tengkorak dan otak tidak berkembang secara normal. Keduanya dapat dicegah jika wanita hamil memenuhi kebutuhan asam folat yang cukup selama masa kehamilan.

manfaat dan fungsi asam folat
Ilustrasi fungsi asam folat
 
2. Menjaga kesehatan sel. Asam folat membantu menghasilkan dan memelihara sel-sel baru, hal ini penting selama periode embrio dan janin awal ketika pembelahan sel yang cepat dan pertumbuhan yang terjadi. Para peneliti juga memperkirakan cacat lahir pada bayi dapat dikurangi hingga 50% jika wanita usia subur mengkonsumsi jumlah yang cukup asam folat, baik dari sumber makanan ataupun suplemen.

3. Mencegah anemia. Tubuh manusia membutuhkan folat untuk mensintesis DNA, perbaikan DNA, serta bertindak sebagai kofaktor dalam reaksi biologis tertentu. Fungsi asam folat yang tidak kalah penting adalah membantu tubuh menghasilkan sel darah merah sehingga mencegah seseorang dari anemia, oleh karena itu asam folat tetap dibutuhkan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

4. Meningkatkan kesuburan. Asam folat bukan hanya diperlukan oleh wanita hamil, tetapi juga dibutuhkan selama mereka masih anak-anak atau remaja. Hal ini dikerankana asam folat juga berfungsi  menambah kesuburan pada pria dan wanita. Oleh karena itu sangat disarankan bagi kita memenuhi nutrisi ini untuk menjaga kesehatan reproduksi kita.

5. Mencegah stroke. Stroke atau juga sering disebut sebagai serangan jantung di otak, merupakan suatu kondisi dimana aliran darah ke otak terhambat atau pecah. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian mendadak. Penyakit ini sulit diobati tetapi bisa dicegah, salah satunya dengan mencukupi kebutuhan asam folat. Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2007 menemukan bahwa suplemen asam folat secara signifikan mampu mengurangi resiko serangan stroke hingga 18 persen.

6. Untuk kesehatan rambut. Karena fungsi asam folat membantu pertumbuhan sel, hal ini tentunya juga membantu pertumbuhan rambut. Sebuah studi yang dilakukan oleh Ontario Veterinary College di Universitas Guelph di Kanada, menyatakan bahwa asam folat kelihatannya cukup efektif dalam mengobati alopecia, atau rambut rontok.

7. Mengurangi tingkat Hot flashes. Hot flashes, ditandai dengan sensasi tidak menyenangkan dari panas yang berlebihan, kondisi ini biasanya terjadi pada 75% wanita menopause dan terkait dengan penurunan kadar estrogen. Penelitian menunjukkan bahwa asam foalat dapat berfungsi mengurangi gejala Hot flashes. Penelitian tersebut menemukan saat 46 wanita yang menderita hot flashes menerima 5 miligram asam folat atau plasebo setiap hari selama empat minggu. Kadar plasma MHPG diukur sebelum dan setelah pengobatan. Sembilan dari perempuan (39,1 persen) yang menerima asam folat tidak merasakan gejala hot flashes, dan 6 (21 persen) mengalami penurunan secara moderat.

8. Menjaga kesehatan jantung. Beberapa peneliti menganggap homosistein merupakan faktor penting penyebab tingginya resiko penyakit kardiovaskular sebagai low-density lipoprotein (LDL). Homosistein dapat membuat gumpalan darah lebih mudah dari biasanya, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Rendahnya tingkat asam folat dan vitamin B6 dan B12 menjadi salah satu penyebb tingginya kadar homosistein dalam tubuh.

9. Meningkatkan fungsi otak. Terpenuhinya kebutuhan asam folat di dalam diet dapat membantu pasien yang menderita penyakit Alzheimer. Selain itu Asam folat diketahui juga membantu dalam mencegah hilangnya memori akibat penuaan. Baca juga manfaat dan fungsi kalium bagi tubuh


10. Fungsi asam folat terakhir mencegah jerawat. Asam folat sangat penting dalam membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi jerawat pada wajah. Tapi, kita juga harus berhati-hati karena kelebihan dosis asam folat justru bisa menyebabkan jerawat dan kulit kering, oleh sebab itu konsultasikan dulu ke dokter sebelum anda mengambil suplemen asam folat, atau jika ingin aman lebih baik anda mendapatkan asam folat dari makanan.

Pentingnya memenuhi asam folat

Wanita dengan kondisi tertentu seperti insulin dependent diabetes, obesitas, atau orang yang pernah memiliki anak cacat pada kelahiran sebelumnya membutuhkan asupan makanan yang mengandung tinggi asam folat lebih tinggi dibandingkan orang normal. Sedangkan wanita yang tidak memiliki gangguan kesehatan atau riwayat cacat pada keluarga, mereka tetap dianjurkan memenuhi kebutuhan asam folat, untuk mencegah kemungkinan cacat pada bayi atau kondisi abnormal lainnya.

Bagaimana memastikan ibu hamil mendapatkan cukup asam folat?
Semua wanita harus mengambil vitamin yang mengandung asam folat sebelum mereka hamil. Anda bisa mendapatkan asam folat dari makanan yang anda konsumsi. Tetapi jika sulit untuk mendapatkan asam folat dari makanan anda bisa mendapatkan asam folat dari suplemen atau vitamin, meskipun demikian lebih dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan sam folat dari makanan karena lebih alami.

Nah,,demikian tadi manfaat dan fungsi asam folat bagi kesehatan tubuh kita, ternyata manfaat asam folat bukan hanya dirasakan oleh ibu hamil saja melainkan juga pada pria dan anak-anak. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan anda.
loading...