Saturday, August 15, 2015

14 makanan pembersih hati dari racun

Kebutuhan untuk membersihkan hati didasari karena kekhawatiran bahwa racun akan terus menumpuk di dalam hati kita sehingga akan menyebabkan penyakit berbahaya. Racun adalah bahan kimia yang berpotensi membahayakan kesehatan. Ada banyak jenis racun yang masuk di dalam tubuh seperti dari pestisida, polusi udara dan bahan kimia makanan.

Cara membersihkan racun dari organ hati bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dengan tinggi glutathione. Glutathione adalah antioksidan penting yang biasanya ditemukan pada tanaman, hewan dan beberapa bakteri. Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh oksigen reaktif seperti radikal bebas dan peroksida. Berikut beberapa daftar makanan yang bisa membantu membersihkan hati dari racun:

makanan pembersih hati
makanan pembersih hati

1. Wortel. Wortel adalah makanan yang kaya akan glutathione, protein yang membantu detoksifikasi hati. Selain sifat detoksifikasi, wortel juga mengandung sejumlah vitamin C, B6 dan potasium. Selain itu wortel juga mengandung sejumlah  vitamin A dan K, dimana keduanya juga bisa membantu membersihkan hati.

2. Teh hijau. Daun teh adalah tanaman dengan sejuta manfaat bagi kesehatan. Teh merupakan makanan tinggi antioksidan yang dikenal sebagai catechin, senyawa yang dikenal dapat membantu fungsi hati. Teh hijau bukan hanya membantu anda membersihkan hati tetapi juga menyediakan beragam manfaat lain bagi kesehatan seperti mencegah kanker.

3. Tomat. Tomat mengandung 169 miligram glutathione per porsi yang membantu membersihkan organ hati. Selain itu tomat masuk dalam daftar makanan tinggi antioksidan karena mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat dalam makanan. Likopen bermanfaat membantu menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

4. Buah jeruk. Buah lezat kaya nutrisi itulah jeruk. Buah ini sangat terkenal karena mengandung tinggi vitamin C yang baik untuk kulit, tapi tidak banyak yang tahu jika buah jeruk juga memiliki kandungan glutathione yang baik untuk kesehatan hati. Buah jeruk mengandung sekitar 70 miligram glutathione. Nutrisi dalam buah jeruk tidak berhenti sampai di situ saja jeruk ternyata juga mengandung pektin yang telah terbukti mampu menurunkan kolesterol.

5. Sayur bayam. Butuh makanan pembersih hati? Bayam adalah jawabannya. Sayur kesukaan popeye ini mengandung sekitar 166 miligram glutathione per porsi bila dimakan mentah, dan kandungannya akan berkurang drastis jika dimasak. Tapi bagaimana jika anda tidak suka makan bayam dalam keadaan mentah? anda boleh memasaknya, tapi sebaiknya tidak terlalu lama, karena nutrisi dalam bayam mudah hilang.

6. Kenari. Biji kenari adalah makanan pembersih hati selanjutnya. Biji kenari mengandung tinggi glutathione dan merupakan sumber asam lemak omega-3. Ada banyak manfaat saat anda mengkonsumsi makanan ini, dari glutathione anda akan membantu tubuh membersihkan hati sedangkan dari omega-3 bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

7. Buah alpukat. Buah alpukat sangat terkenal karena mengandung tinggi lemak tak jenuh yang bermanfaat mencegah penyakit jantung. Karena kandungan lemak baiknya tersebut juga yang membuat buah alpukat masuk ke dalam daftar 25 makanan penurun kolesterol jahat.  Selain baik untuk organ jantung mengkonsumsi alpukat ternyata juga bisa membantu anda menjaga kesehatan hati karena mengandung tinggi  glutathione.

8. Buah apel. Buah ini sering diebut sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung pektin. Pektin adalah serat larut yang biasanya terdapat dalam buah-buahan. Pektin selain membantu memperlancar proses pencernaan diketahui juga berkontribusi besar dalam membuang racun dari dalam tubuh sehingga meringankan beban racun dalam hati selama proses pembersihan.

9. Kunyit. Kunyit sering digunakan sebagai bahan obat tradisional karena memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya membersihkan hati. Kunyit membantu meningkatkan detoksifikasi hati, dengan membantu enzim karsinogen.

10. Minyak zaitun. Mengkonsumsi minyak organik seperti zaitun dan rami dalam jumlah moderat dapat membantu membersihkan hati. Minyak organik seperti zaitun membantu kerja hati dengan menyediakan basis lipid yang dapat menyedot racun berbahaya dari dalam tubuh. Dengan cara ini, maka kerja hati akan menjadi ringan sehingga beban racun dalam hati menjadi berkurang.

11. Brokoli. Brokoli bermanfaat merangsang dua enzim hati untuk melakukan pembersihan racun di dalam tubuh, sehingga akan mempermudah kerja hati. Selain itu Sebuah studi 2001 menemukan bahwa sulforaphane yang ditemukan dalam brokoli dapat mendorong kesehatan hati dan usus besar pada hewan tikus. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada binatang, tetapi tidak menutup kemungkinan akan memberikan efek yang sama pada manusia.

12. Kubis. Hampir sama seperti brokoli dan kembang kol, makan kubis membantu merangsang aktivasi dua enzim hati detoksifikasi penting yang membantu mengeluarkan racun. Untuk itu cobalah menambahkan lebih banyak kubis ke dalam menu harian anda.

13. Lemon. Hampir mirip dengan jeruk lemon juga mengandung tinggi vitamin C, yang membantu tubuh dalam sintesis bahan beracun menjadi zat yang bisa diserap oleh air. Minum jus lemon segar atau jeruk nipis di pagi hari dapat membantu merangsang hati. Perhatian: Bagi penderita tukak lambung (maag) sebaiknya tidak melakukan hal ini karena dikhawatirkan bisa merangsang asam lambung.

14. Buah bit. Buah bit merupakan salah satu buah yang tergolong mahal. Buah ini memiliki warna merah dan memiliki bentuk mirip ubi jalar. Harganya yang mahal mungkin sepadan dengan manfaat yang dimilikinya, karena buah bit diketahui cukup ampuh menjaga kesehatan hati. Penelitian tahap awal mebuktikan bahwa bit dapat melindungi hati dengan mengurangi asam lemak berlebih.
loading...