9 manfaat tidur siang yang menakjubkan

Karena aktivitas yang padat kadang kita tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, terutama di siang hari, padahal kualitas dan kuantitas istirahat itu sangat penting sekali, bukan hanya pada malam hari mengistirahatkan tubuh di siang hari juga sangat dibutuhkan untuk mengembalikan tenaga kita agar kembali segar. Salah satu cara yang paling efektif dalam mengistirahatkan tubuh adalah dengan tidur siang. Tidur siang selain dapat memulihkan tenaga pasca bekerja atau beraktivitas  di siang hari ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat tersebut? Mari simak 9 manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan memori otak. Tidur siang diketahui memang cukup efektif dalam memulihkan tenaga seseorang, tidak terkecuali otak. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan tidur siang secara teratur selama 20-30 menit memiliki daya ingat lebih baik dibandingkan mereka yang tidak, hal ini dibuktikan dengan tes memori yang dilakukan kepada responden 2,5 jam setelah melakukan tidur siang.

manfaat tidur siang
ilustrasi tidur siang

2. Mencegah penyakit jantung. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa tidur siang diketahui mampu mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya hingga 37 persen. Hal ini mungkin dipicu karena orang yang tidur siang akan memiliki perasaan yang lebih tenang dan rileks sehingga mengurangi tingkat stres. Stres selain bisa menurunkan sistem imun ternyata juga dapat memicu penyakit jantung. Selengkapnya Apakah stres dapat memicu penyakit jantung ?

3. Meningkatkan kewaspadaan. National Sleep Foundation melaporkan sebuah studi NASA, menemukan bahwa 40 menit tidur siang dapat meningkatkan kinerja para pilot hingga 34 persen, hal ini meliputi tingkat kewaspadaan. Untuk itu sebaiknya jika anda sedang berkendara jarak jauh usahakan berhenti beberapa menit untuk beristirahat, meskipun tidak tidur setidaknya beristirahat akan membantu memulihkan tingkat kewaspadaan anda selama berkendara.

4. Menghilangkan rasa malas. Banyak tidur akan membuat orang mnjadi malas, tapi mencukupi kebutuhan tidur justru membuat orang menjadi lebih bersemangat. Hal ini diakibatkan saat seseorang tidur siang maka otak menjadi lebih segar dan bersemangat, sehingga rasa malas menjadi berkurang. Tapi ingat, jangan tidur terlalu lama, ushakan tidak lebih dari 1,5 jam, 30-60 menit saja sudah cukup. Selain itu hindari pula tidur lebih dari jam 14.00 jika tidak terpaksa, waktu yang ideal antara jam 12.30-13.00.

5. Mencegah stres. Kurang tidur bisa menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh, hormon ini dikenal sebagai hormon stres. Kelebihan hormon ini juga dapat memberikan dampak negtif bagi kesehatan seperti meningkatkan intoleransi glukosa, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Ketika tidur siang, Anda akan melepaskan hormon ini sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres dan membantu penurunan berat badan. Selain itu tidur siang juga akan memberikan kesempatan tubuh untuk melakukan perbaikan dan penyembuhan penyakit.

6. Meningkatkan mood. Tidur siang ternyata dapat mempengaruhi suasana hati seseorang, sehingga sangat berpengaruh terhadap mood dan keinginan. Selain itu penelitian menginformasikan bahwa orang yang tidak mendapatkan waktu cukup untuk tidur akan memiliki kontrol otak yang kurang.

7. Mengurangi tingkat emosi. Kurang tidur membuat seseorang lebih mungkin untuk lepas kontrol termasuk emosi. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Psychology Applied Social bahwa Kurangnya waktu tidur akan membuat kontrol diri seseorang menjadi berantakan. Kesimpulannya  saat seseorang melakukan tidur siang sekitar 30-60 menit akan membantu mereka dalam mengontrol emosi.

8. Menjadi lebih rileks. Kurang tidur dapat membuat orang mudah  tegang, menurut sebuah studi dari University of California, Berkeley. Para ilmuwan menemukan ketika orang tidak mendapatkan cukup tidur, mereka menunjukkan aktivitas lebih di daerah otak yang berhubungan dengan kecemasan. Penulis studi ini memperingatkan bahwa orang yang kurang tidur beresiko mengalami  kecemasan secara signifikan.

9. Mengurangi resiko diabetes. Manfaat tidur siang yang tidak kalah penting adalah mencegah penyakit diabetes. Hal ini diungkap dalam penelitian di University of Chicago. Dalam studi tersebut menemukan, pria sehat yang dibatasi tidur 4,5 jam selama empat hari memiliki asam lemak yang lebih dalam darah mereka yang pada akhirnya dapat menyebabkan gula darah melonjak dibandingkan saat mereka tidur selama 8,5 jam. Meskipun penelitian tersebut untuk tidur secara keseluruhan, tapi setidaknya tidur siang bisa memberikan tambahan waktu tidur saat anda kurang mendapatkannya di malam hari.

Demikian tadi ulasan mengenai 9 manfaat tidur siang bagi kesehatan, semoga bisa memberikan tambahan informasi kepada anda. Anda mungkin ingin membaca 7 bahaya tidur setelah makan bagi kesehatan
loading...