9 Tips menjaga kesehatan jantung kita

Jantung adalah organ yang sangat penting di dalam tubuh kita sehingga menjaga kesehatannya sangat perlu dilakukan. Fungsi jantung sangat banyak diantaranya mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh kita serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida). Untuk membuat jantung kita tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, beberapa diantaranya adalah:

1. Mencukupi kebutuhan tidur. Kualitas dan kuatitas tidur menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung kita. Tidur adalah aktivitas mengistirahatkan seluruh bagian tubuh termasuk jantung. Saat seseorang tidur maka kerja jantung akan berkurang karena denyut jantung akan melambat. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa tidur siang diketahui dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung hingga 37 persen. Untuk itu pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup terutama di malam hari.

menjaga kesehatan jantung
menjaga kesehatan jantung
2. Manajemen stres. Hubungan stres dan penyakit jantung sering mendapatkan perhatian serius oleh para ahli, dan sudah ada banyak penelitian yang berhasil mengungkap hubungan keduanya. Stres dapat menjadi penyebab peyakit jantung jika tidak ditangani dengan benar hal ini dikarenakan saat seseorang mengalami tekanan maka hormon stres yang dilepaskan ke dalam tubuh akan meningkat 10 hingga 30 kali lipat dibandingkan kondisi normal, hal ini akan mengakibatkan jantung menjadi tidak mampu lagi memompa darah dengan benar sehingga akan memicu penyakit jantung.

3. Jaga asupan makanan. Makanan adalah salah satu penyumbang terbesar penyakit di dalam tubuh kita termasuk penyakit jantung. Makakanan yang kita konsumsi kebanyakan mengandung lemak trans yang tidak baik bagi kesehatan jantung. Untuk itu sebaiknya anda mulai mengurangi makanan berlemak seperti gorengan, hati ayam dan kue donat.

4. Cukupi kebutuhan olahraga. Saat anda bertanya kepada para ahli kesehatan apa rahasia hidup sehat pasti mereka akan menganjurkan anda untuk berolahraga. Para pakar kesehatan sepakat jika olahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, karena aktivitas ini dapat mengurangi timbunan lemak sekaligus memberikan latihan kepada jantung.

5. Makan buah dan sayur. Kebanyakan masyarakat Indonesia kurang menggemari mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan terutama sayur padahal sayur dan buah merupakan makanan sehat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah dan sayur mengandung tinggi nutrisi (seperti vitamin, mineral dan serat), rendah lemak dan tinggi antioksidan, yang kesemuanya sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung kita.

6. Jaga berat badan anda. Obesitas menjadi salah satu masalah yang serius bagi masyarakat di dunia dan menimbulkan banyak masalah kesehatan atau bahkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan diabetes. Memiliki berat badan berlebih itu artinya anda meinumbun lemak di dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan diabetes. Penelitian juga mengungkap bahwa orang dengan berat badan berlebih memiliki resiko mati lebih awal hingga 10 tahun dibandingkan orang dengan badan ideal.

7. Manajemen kolesterol dan tekanan darah. Semakin tinggi tekanan darah seseorang maka harapan hidup orang tersebut lebih pendek. Orang dengan tekanan darah tinggi memiliki resiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke. Tingginya kadar kolesterol dalam darah juga menjadi penyebab lain penyakit jantung. Lemak berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan simpanan lemak di arteri koroner sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit yang mempengaruhi sirkulasi. Cara paling efektif dalam menurunkan kolesterol adalah dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, buah, sayur dan aneka biji-bijian.

8. Jauhi rokok. Ingin menjaga kesehatan jantung? Sebaiknya hindari rokok. Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang sulit dihindari oleh masyarakat kita dan seolah menjadi bagian dari gaya hidup. Banyak kampanye yang menyerukan mengenai bahaya merokok seperti menyebabkan kanker, penyakit jantung dan gangguan kehamilan, tapi sepertinya masyarakat kurang begitu peduli dengan bahaya tersebut dengan dalih mereka baik-baik saja setelah merokok. Padahal bahaya merokok akan terasa setelah 15 tahun orang tersebut merokok, tergantung daya tahan tubuh dan faktor lainnya.

9. Cukupi kebutuhan air putih. Minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena minum dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh dan membuat badan tetap terhidrasi. Selain itu minum air putih dengan jumlah yang tepat juga dapat membantu kita menjaga kesehatan jantung. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology, orang yang secara teratur minum air putih lebih dari lima gelas, memiliki kemungkinan lebih kecil meninggal akibat serangan jantung hingga 41 persen. Nah untuk itu, jika anda ingin menjaga kesehatan jantung, biasakan untuk minum air putih 8 gelas perhari mulai dari sekarang.
loading...