Fungsi, jenis-jenis mineral serta sumber makanannya

Mineral adalah satu dari beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, mineral memiliki banyak jenis dan fungsi yang sangat beragam. Beberapa diantara mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah:

1. Kalsium. Kalsium adalah jenis mineral penting bagi tubuh kita. Mineral ini sering dikaitkan dengan kesehatan tulang karena susunan tulang terdiri dari kalsium.
Fungsi kalsium: membantu meningkatkan kesehatan tulang, membantu interaksi gizi, meningkatkan fungi otot dan menjaga kesehatan hati.
Makanan sumber kalsium: Susu, keju, kerang, kepiting dan yoghurt.

2. Zat besi.  Zat besi adalah bagian integral dari molekul hemoglobin yang ditemukan pada pusat sel darah merah. Zat besi secara umum di dapat dari makanan yang kita konsumsi berupa buah daging dan sayur. Kekurangan mineral ini dapat mengakibatkan anemia, kelahiran prematur, rambut mudah rontok dan resiko stres.
Fungsi zat besi: pembentukan hemoglobin, meningkatkan fungsi otak, mengatur suhu tubuh dan mencegah anemia.
Makanan sumber zat besi: daging merah, seafood, hati sapi, buah kering dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

3. Kalium. Kalium adalah jenis mineral yang sangat penting untuk mengatur ketepatan fungsi semua sel, jaringan, dan organ dalam tubuh manusia. Kalium juga membantu interaksi mineral lain seperti  natrium, klorida, kalsium, dan magnesium.
Fungsi kalium: meningkatkan fungsi otak, menjaga irama jantung, meningkatkan fungsi sistem saraf dan menjaga kesehatan ginjal.
Makanan tinggi kalium: buah alpukat, sayur bayam, kentang dan kedelai.

jenis mineral
ilustrasi jenis mineral

4. Magnesium. Magnesium adalah jenis mineral yang paling banyak ditemukan di dalam tubuh kita. Para peneliti memperkirakan bahwa tubuh kita rata-rata mengandung sekitar 25 gram magnesium, dan sekitar setengah dari magnesium ditemukan di tulang. Magnesium penting untuk membantu lebih dari 300 reaksi kimia sehingga membuat tubuh bekerja dengan baik.
Fungsi magnesium: membantu mengontrol gula darah, meningkatkan pengendalian peradangan, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan HDL(kolesterol jahat).
Makanan tinggi magnesium: biji labu, sayur bayam, biji bunga matahari dan kedelai.

5. Selenium. Selenium adalah salah satu dari banyak mineral yang ditemukan dalam makanan. Mineral ini memainkan banyak peran penting di dalm tubuh kita, meskipun kebutuhan tubuh akan mineral yang satu ini relatif rendah . Selenium tergabung dalam sebuah kelompok kecil protein penting, yang masing-masing memainkan peran penting dalam kesehatan kita.
Fungsi selenium: sebagai antioksidan, mencegah penyakit kanker, anti-inflamasi dan mencegah degenerasi makula.
Makanan sumber selenium: ikan tuna, salmon, sarden, daging ayam, daging sapi dan kalkun.

6. Seng. Seng mungkin merupakan jenis mineral yang kurang akrab ditelinga kita dibandingkan dengan zat besi atau kalsium. Sama halnya dengan selenium mineral ini memang hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil saja. mekipun demikian seng memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
Fungsi seng:  mencegah infeksi saluran pernapasan, menghambat pertumbuhan diare akut pada anak-anak dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.
Sumber makanan: udang, biji labu, daging sapi dan daging kalkun.

7. Fosfor. Fosfor adalah mineral penting yang ditemukan dalam tulang manusia. Fosfor menempati urutan kedua sebagai mineral paling banyak ditemukan di dalam tubuh manusia. Jenis mineral ini juga merupakan unsur paling penting kedua untuk menjaga kesehatan tulang setelah kalsium.
Fungsi fosfor: menjaga kesehatan tulang, ektraksi energi, reaksi kimia dalam tubuh, perbaikan sel serta membantu formasi protein.
Makanan sumber fosfor diantaranya: jagung, bawang putih, brokoli dan kacang almond.

8. Mangan. Mangan merupakan bagian dari banyak enzim. Mineral ini juga tidak begitu populer dan jarang orang berfikir untuk memenuhi mineral yang satu ini, padahal fungsinya di dalam tubuh cukup banyak.
Fungsi mangan: metabolistme tubuh, mengatur kadar gula darah, mencegah osteoporosis dan meningkatkan sistem saraf.
Makanan sumber mangan: kedelai, buah nanas, biji labu, gandum dan sayur bayam.

9. Tembaga. Tembaga merupakan salah satu jenis mineral penting yang hadir di semua jaringan tubuh. Bersama dengan besi tembaga merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.
Fungsi: kesehatan tulang, pembentukan sel darah merah, membantu fungsi otot, sistem kekebalan dan saraf.
Makanan sumber tembaga: Jamur, biji bunga matahari dan kedelai.
loading...