Jenis-jenis karbohidrat dan sumber makanannya

Karbohidrat memberikan tubuh glukosa yang dibutuhkan sebagai energi untuk bisa beraktivitas dengan baik. Ada dua jenis karbohidrat: karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk diurai menjadi glukosa sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama. Makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan serat disebut karbohidrat baik. Karbohidrat kompleks dianggap baik karena umumnya memiliki kadar glikemik rendah sehingga mengurangi resiko diabetes. Meskipun demikian terlalu banyak memasukkan karbohidrat ke dalam menu harian, entah itu jenis karbohidrat kompleks atau karbohidrat sederhana tetap tidak baik bagi kesehatan, dan dalam batas tertentu bahkan juga bisa menyebabkan naiknya berat badan dan diabetes.

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang dengan cepat diserap oleh tubuh. Karbohidrat sederhana termasuk gula yang ditemukan dalam makanan seperti produk susu, permen, kue donat dan cokelat susu. Semakin tinggi kandungan gulanya serta rendah serat,  maka semakin buruk kualitas karbohidrat tersebut. Baca juga Jenis-jenis lemak dan fungsinya

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

jenis karbohidrat
Ilustrasi jenis karbohidrat
1. Biji-bijian. Biji-bijian merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik karena diperkaya dengan serat makanan. Serat yang terkandungan dalam biji-bijian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Makanan yang mengandung tinggi karbohidrat kompleks harus anda masukkan ke dalam menu harian untuk menjaga keseimbangan  nutrisi. Harvard School of Public Health menyarankan untuk mengkonsumsi gandum utuh sebagai menu sarapan sehat. Selain gandum makanan lain seperti beras merah juga bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk mendapatkan asupan karbohidrat.

2. Buah dan sayur. Keduanya merupakan makanan sehat karena mengandung tinggi nutrisi termasuk vitamin, mineral dan serat. Jika kita berbicara mengenai makanan sehat pasti keduanya masuk ke dalam daftar. Buah dan sayuran kaya akan karbohidrat kompleks. Mereka sebenarnya juga mengandung beberapa karbohidrat sederhana seperti glukosa tapi dalam jumlah yang relatif rendah.

3. Kacang-kacangan.  Tidak berbeda jauh dengan jenis biji-bijian beberapa jenis kacang juga merupakan sumber karbohidrat yang cukup baik. Kacang-kacangan sangat tinggi karbohidrat kompleks. Makanan ini juga mengandung beberapa protein nabati, lemak sehat seperti asam lemak omega-3, vitamin dan mineral. Beberapa jenis kacang  juga mengandung tinggi serat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa jenis kacang sehat diantaranya: almond, kenari, kacang polong, mete dan kacang pinto.

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana

1. Permen. Menurut para peneliti di Yale University, karbohidrat buruk seperti permen dan biskuit dapat mempengaruhi bagian otak yang mengontrol impuls. Hal ini menyebabkan hilangnya kontrol diri seseorang. Selain itu diet tinggi kalori berkontribusi untuk menaikkan berat badan plus meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

2. Kue kering. Makanan seperti kue kering pada umumnya mengandung jenis karbohidrat sederhana karena tinggi gula dan rendah lemak. Makanan seperti ini harus anda kurangi jika tidak mau memiliki berat badan berlebih. Jika anda suka ngemil dengan kue sebaiknya ganti dengan beberapa jenis kacang yang lebih sehat.

3. Cokelat susu. Cokelat pada dasarnya adalah makanan sehat karena mengandung tinggi antioksidan dan lemak sehat, tetapi beberapa jenis cokelat di pasaran sudah mendapat campuran susu dan gula sehingga membuat kandungan kalorinya menjadi semakin tinggi. Jika anda menyukai makanan ini sebaiknya pilihlah jenis cokelat hitam karena masih rendah lemak plus tinggi nutrisi.
loading...