Kebiasaan umum yang berdampak buruk bagi kesehatan

Semua orang tahu jika aktivitas seperti merokok, begadang dan minum-minuman keras merupakan beberapa dari kebiasan yang buruk bagi kesehatan.Tetapi tanpa kita sadari, ada kebiasaan lain yang ternyata menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan kita. Kebiasaan apa sajakah itu? mari kita simak:

1.Tidur selepas makan. Pada asalnya tidur merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Tetapi ternyata salah memilih waktu tidur justru menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan, contohnya tidur selepas makan. Efek buruk paling umum tidur selepas makan yaitu terganggunya pencernaan. Selain itu ada bahaya lain yang tidak kalah menakutkan diantaranya meningkatkan resiko stroke, obesitas, dan penyakit maag. Nah,,untuk itu sebaiknya anda waspada dalam memilih waktu tidur. Selengkapnya bisa anda baca di Bahaya tidur setelah makan

2. Menonton televisi sambil tidur. Pernah melakukan aktivitas ini? menonton tv sambil tidur ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan, hal ini disebabkan menonton tv sambil tiduran akan membuat mata menjadi tegang sehingga dapat mengakibatkan mata menjadi cepat lelah, bahkan pusing di sekitar alis mata.
kebiasaan buruk
Ilustrasi kebiasaan buruk
3. Mendengarkan musik lewat headset. Menggunakan headset sebenarnya boleh-boleh saja bahkan dalam beberapa situasi lebih dianjurkan terutama untuk menelpon. Akan tetapi penggunaan headset dalam waktu lama bisa mengganggu pendengaran seseorang. Bahkan, jika hal ini berlangsung lama akan meningkatkan resiko kerusakan otak. Untuk itu sebaiknya anda kurangi penggunaan headset terutama untuk hal-hal yang tidak terlalu penting seperti mendegarkan musik.

4. Terlalu lama di depan smarthphone. Menggunakan smarthphone sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi masyarakat kita. Bahkan,,bagi sebagian orang tidak bisa dijauhkan dengan benda yang satu ini. Tetapi tanpa kita sadari ternyata ada banyak potensi berbahaya yang ditimbulkan dari berlebihan menggunakan smarthphone. Smarthphone memiliki tingkat radiasi jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan telepon rumah, radiasi ini bisa menimbulkan beberapa bahaya diantaranya masalah jantung, gangguan neurodegeneratif sampai terganggunya reproduksi pria. Selain itu terlalu lama di depan
smarthphone juga bisa menurunkan penglihatan seseorang, terutama jika anda tidak mengatur tingkat keredupan layar LCD.

5. Minum sambil berdiri. Di dalam Islam sudah diatur tatacara makan dan minum yang baik dan benar, salah satunya minum sambil duduk. Selain dimaksudkan untuk ibadah aturan yang dibuat dalam Islam memiliki banyak hikmah. Bahaya minum sambil berdiri disebabkan saat kita minum sambil berdiri maka air tidak dapat disaring dengan benar karena filter penyaring akan menutup disaat kita berdiri, hal ini akan membahayakan kesehatan ginjal.

Demikian tadi beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari ternyata memberikan dampak negatif bagi kesehatan, jika anda sering melakukan kebiasaan tersebut, maka sebaiknya menghentikannya mulai dari sekarang.
loading...