22 Sumber makanan yang mengandung antioksidan

Menurut Kansas State University aktivitas seperti merokok, terkena paparan sinar matahari dan polusi dapat meningkatan oksidasi. Antioksidan bermnfaat melindungi molekul radikal bebas yang dihasilkan oleh pemecahan makanan dalam tubuh dan oleh paparan lingkungan seperti asap kendaraan, rokok atau radiasi. Sehingga anda membutuhkan makanan yang mengandung tinggi antioksidan untuk mengurangi efek buruk radikal bebas.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada bualan Januari 2005 oleh “The American Journal for Clinical Nutrition" Mengkonsumsi makanan dengan tinggi antioksidan dapat mengurangi resiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Banyak makanan nabati merupakan sumber melimpah antioksidan. Diantaranya adalah:
makanan tinggi antioksidan
makanan tinggi antioksidan


1. Blackberry. Satu cangkir blackberry mengandung antioksidan paling tinggi diantara semua jenis berry seperti blueberry, stroberi, cranberry, dan raspberry. Selain itu blackberry juga  mengandung tinggi vitamin C yang membantu meningkatkan sistem imun anda. Satu cangkir blackberry memenuhi sekitar 50% kebutuhan vitamin C harian anda.

2. Buah delima. Buah delima mengandung tinggi antioksidan yang bermanfat menjaga kesehatan kulit  dan mencegahnya dari penuaan dini. Buah delima juga diperkaya dengan vitamin C dan vitamin B5, kalium dan polifenol antioksidan. Jus delima sangat tinggi antioksidan, lebih tinggi dari anggur merah, teh hijau dan buah blueberry.

3. Teh hijau. Greentea (teh hijau) merupakan makanan tinggi antioksidan selanjutnya. Teh hijau memiliki kandungan polifenol catechin cukup tinggi, dimana polifenol merupakan antioksidan kuat. Satu cangkir teh hijau menyediakan sekitar 10-40 mg polifenol. Di sisi lain teh hijau juga mengandung kafein sehingga anda yang ingin diet bebas kafein direkomendasikan untuk tidak minum teh hijau dalam jumlah banyak. Meskipun demikian, jumlah kafein dalam teh hijau masih relatif aman dan tidak merugikan bagi kesehatan selama anda tidak berlebihan mengkonsumsinya.

4. Buah Apel. Buah apel adalah makanan sehat dengan banyak kandungan nutrisi penting. Semua jenis apel pada dasarnya mengandung tinggi antioksidan, tetapi apel merah lebih diutamakan karena memiliki antioksidan lebih tinggi dibanding jenis lain. Sumber utama antioksidan dalam buah apel adalah polifenol.  Buah apel lebih bermanfaat jika dikonsumsi bersama kulitnya, tetapi pastikan anda memilih apel organik yang bebas pestisida. Jika anda tidak yakin apel yang anda makan terbebas dari zat berbahaya seperti pestisida sebaiknya cuci sampai bersih dan kupas sebelum mengkonsumsinya.

5. Anggur merah. Anggur adalah makanan mewah dengan segudang manfaat. Anggur sering dijadikan simbol kemewahan karena merupakan makanan para raja di zaman dahulu. Selain lezat manfaatnya yang banyak mungkin menjadi alasan tersendiri kenapa buah ini sangat spesial. Anggur mengandung banyak nutrisi penting, salah satunya adalah antioksidan yang disebut resveratrol. Antioksidan tersebut bermanfaat menunda proses penuaan sehingga membuat anda terlihat lebih awet muda.

6. Cokelat hitam. Pada tahun 2003, New Scientist melaporkan bahwa makan coklat hitam dapat membantu meningkatkan asupan antioksidan seseorang. Pastikan anda memilih cokelat hitam dengan tinggi kandungan kakao, bukan cokelat yang sudah tercampur dengan pemanis buatan atau gula, karena biasanya cokelat jenis ini mengandung lebih rendah antioksidan plus tinggi kalori. Dalam sebuah studi menunjukkan mereka yang makan cokelat hitam memiliki peningkatan 20% pada tingkat plasma darah antioksidan daripada mereka yang makan cokelat susu.

7. Tomat. Buah yang masuk dalam kategori sayur ini ternyata juga tidak kalah dengan makanan lainnya dalam hal kandungan antioksidan. Tomat sering digunakan sebagai bumbu dapur terutama dalam membuat sambal atau saus, sehingga anda lebih mudah menikmati makanan yang satu ini.  Salah satu kandungan paling utama dari tomat adalah likopen, zat ini merupakan salah satu antioksidan terkuat. Likopen membutuhkan bantuan lemak dalam proses penyerapan agar lebih optimal. Sehingga anda membutuhkan makanan yang mengandung tinggi lemak baik seperti minyak zaitun, buah alpukat, atau minyak nabati lain.

8. Brokoli. Jika kita berbicara mengenai sayuran sehat, pasti brokoli selalu masuk di dalamnya. Brokoli menjadi sangat terkenal karena memiliki kandungan Antioksidan dan vitamin yang melimpah. Selain itu makanan ini juga masuk dalam daftar makanan tinggi protein nabati, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi para vegetarian.

9. Bawang putih. Bawang putih lebih sering digunakan sebagai bumbu atau pelengkap makanan dari pada dimakan secara langsung. Ini akan membuat anda lebih mudah mendapatkan asupan antioksidan dari bawang putih.  Selain antioksidan, bawang putih juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah penting bagi kesehatan seperti vitamin A, B, C, selenium, yodium, kalium, zat besi, kalsium, seng dan magnesium.

10. Ubi jalar. Jika anda membutuhkan menu sarapan sehat yang mengenyangkan plus tinggi nutrisi, anda bisa memulai dengan ubi jalar. Ubi jalar mengandung nutrisi yang disebut betakaroten, nutrisi ini berperan sebagai antioksidan dalam tubuh untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan seperti penuaan dini, penyakit kanker dan katarak. Baca juga 25 Makanan yang mengandung tinggi vitamin E

Selain di atas makanan lain yang mengandung antioksidan dalam jumlah moderat diantaranya:
  1. Strawberry
  2. Kacang almond
  3. Wortel
  4. Asparagus 
  5. Kubis
  6. Sayur bayam
  7. Yogurt
  8. Buah Jeruk
  9. Buah Alpukat
  10. Sawi hijau
  11. Paprika merah 
  12. Kemangi.
Deimikian daftar 22 makanan yang mengandung tinggi antioksidan, pastinya da banyak makanan lain yang tidak masuk dalam daftar di atas, jadi jangan berhenti mencari Informasi.
loading...