Tuesday, August 11, 2015

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak baik)

Lemak adalah salah satu satu dari tiga dari nutrisi utama berama dengan karbohidrat, dan protein. Fungsi lemak di dalam tubuh sangat banyak sekali eperti sebagai cadangan energi, menghangatkan tubuh sampai membantu penyerapan vitamin. Kebanyakan orang sering menganggap lemak buruk bagi kesehatan karena dipercaya dapat menyebabkan banyak penyakit dan kegemukan.  Anggapan tersebut tidak selamanya salah, karena lemak ada yang buruk (merugikan) ada juga yang baik (tidak merugikan). Lemak dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya  lemak jenuh, lemak tak jenuh dan lemak trans.

Salah satu jenis lemak baik adalah lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh tunggal diketahui merupakan salah satu jenis lemak baik yang bermanfaat mengurangi lemak jahat atau LDL. Lemak tak jenuh tunggal dapat memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan kita saat dikonsumsi dalam jumlah sedang dan menggunakannya sebagai pengganti lemak jenuh atau lemak trans. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu anda menurunkan kadar kolesterol jahat, yang pada gilirannya dapat menurunkan resiko penyakit jantung. The American Heart Association merekomendasikan kita tidak boleh mengkonsumsi 25 sampai 35 persen lemak dari total kalori harian kita.

makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal
makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) biasanya tidak hanya membantu menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan resiko penyakit jantung, tetapi biasanya juga mengandung tinggi vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat.  Beberapa makanan yang mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal diantaranya:

1. Minyak zaitun. Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal paling utama. Di dalam minyak zaitun bukan hanya terdapat kandungan lemak baik tetapi juga memiliki beberapa nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

2. Buah Alpukat. Buah Alpukat terkenal sebagai buah tinggi lemak tak jenuh tunggal, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.  Sebaiknya anda tidak menambahkan susu atau pmanis lainnya ke dalam alpukat saat mengkonsumsinya, karena hal itu akan membuat kandungan kalori dalam buah ini menjadi semakin tinggi. Selain itu buah ini juga mengandung tinggi serat yang sangat baik bagi anda yang ingin memulai program diet sehat.

3. Minyak nabati. Minyak nabati umumnya mengandung campuran lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan lemak tak jenuh ganda, beberapa diantaranya adalah minyak kacang, minyak canola, minyak bunga matahari dan minyak wijen. Anda bisa mengkonsumsinya seacara langsung tau menambahkannya sebagai campuran makanan. Perlu diperhatikan, pastikan anda memilih minyak nabati yang berkualitas untuk mendapatkan manfaat lebih.

4. Kacang-kacangan.  Kacang-kacangan umumnya menyediakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Beberapa jenis kacang dengan kandungan lemak ini diantaranya kacang almond, kacang tanah dan pistachio. Demikian juga beberapa produk kacang seperti selai kacang.  Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan sehat karena mengandung  tinggi protein dan serat untuk membantu anda kenyang tanpa membutuhkan banyak kalori. Tapi, anda tetap harus waspada jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya karena di sisi lain beberapa jenis kacang juga mengandung tinggi kalori.
loading...