Wednesday, August 19, 2015

Manfaat dan fungsi omega-3 bagi kesehatan

Omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda atau lemak baik. Lemak tak jenuh ganda adalah jenis lemak sehat karena tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, bahkan sebaliknya. Makanan yang mengandung tinggi Omega-3 bisa anda dapatkan dari ikan laut ataupun beberapa jenis kacang. Beberapa sumber omaga-3 yang berasal dari ikan diantaranya tuna, salmon, sarden dan makarel biru. Sedangkan dari jenis kacang-kacangan bisa anda dapatkan dari makanan seperti almond, mete dan kenari.

Manfaat dan fungsi omega-3 bagi kesehatan

manfaat dan fungsi omega-3
makanan sumber omega-3
1. Mencegah stres. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah stres adalah dengan memenuhi asupan asam lemak omega-3. Studi menunjukkan bahwa orang dengan tingkat omega-3 yang rendah memiliki volume hippocampus (bagian otak besar yang terletak di lobus temporal) lebih kecil. Saat deperesi orang akan mengalami penyusutan pada hippocampus mereka. Cara untuk mencegah hal itu bisa dilakukan dengan meningkatan pertumbuhan sel otak baru pada daerah tertentu di otak. Ada bukti ilmiah bahwa peningkatan asupan omega-3, khususnya DHA, memiliki peran penting untuk mengobati atau mencegah depresi dengan melindungi hippocampus. Uji coba dengan tikus yang diberi asupan omega-3 menunjukkan tingkat kortikosteron (penanda stres) lebih rendah.

2. Meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi menemukan pemberian suplemen omega-3 pada manusia dapat membantu kerja otak termasuk fungsi memori. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa minyak ikan dan minyak krill yang diperkaya asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi kognitif pada sekelompok orang yang lebih tua dengan meningkatkan pengiriman oksigen ke otak mereka. Menariknya, mereka yang mengambil minyak krill memiliki efek lebih menonjol dibandingkan mereka yang mengambil minyak ikan, meskipun kedua-duanya tetap memiliki efek positif pada fungsi otak.

3. Menjaga kesehatan jantung. PJK (Penyakit Jantung Koroner) disebabkan oleh aterosklerosis. Ini merupakan sebuah proses jangka panjang di mana ada deposit lemak yang menempel di bagian dalam arteri koroner. Dalam jangka panjang, arteri koroner menjadi sempit sehingga aliran darah ke otot jantung menurun atau dihentikan oleh plak. PJK dapat menghasilkan nyeri di bagian dada atau yang disebut serangan jantung. Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara menghambat pembentukan gumpalan darah. Selain itu omega-3 juga bermanfaat memperlambat pertumbuhan plak pada dinding arteri yang menjadi penyebab penyakit jantung.

4. Mencegah diabetes tipe 2. Diabetes adalah penyakit metabolisme karbohidrat dengan ciri kadar gula darah tinggi. Diabetes tipe 1 terjadi ketika kurangnya insulin, hormon yang mengendalikan gula darah. Sedangkan diabetes tipe 2 insulin ada tapi tidak bisa bekerja dengan baik. Menurut beberapa peneliti DHA (docosahexaenoic acid, omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan) memiliki efek positif pada diabetes melitus dan berbagai penyakit lainnya. Studi lain juga menunjukkan bahwa omega-3 berguna dalam mengatasi masalah sirkulasi yang berhubungan dengan diabetes. 
loading...