10 Akibat kekurangan protein

Fungsi protein sangat banyak sekali bagi tubuh manusia. Protein terlibat dalam hampir setiap proses di dalam sel dan jaringan. Selain memberikan struktur pada organ tubuh, otot, kuku serta rambut, nutrisi ini juga terlibat dalam komunikasi sinyal saraf. Bukan hanya itu saja, di dalam tubuh kita protein membantu pembentukan molekul kekebalan tubuh, sel darah merah, hormon dan enzim. Sehingga kekurangan protein bisa mengakibatkan masalah serius bagi kesehatan.

makanan tinggi protein
makanan tinggi protein
Dari mana kita mendapatkan protein? Protein bisa kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi seperti daging, susu, telur, kedelai, ikan, jamur dan kacang-kacangan. Jika kesulitan mendapatkan dari makanan, anda bisa mengambil suplemen atau produk susu yang dikemas denga tinggi protein. Tetapi usahakan anda mendapatkan protein dari sumber makanan karena lebih alami.

1. Proses penyembuhan yang lambat. Protein adalah nutrisi penting bagi tubuh kita, terutama untuk pembentukan otot. Kekurangan protein bisa berakibat tubuh sulit membangun jaringan otot. Kekurangan protein juga bisa berakibat tubuh tidak akan lekas pulih dari cidera dan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Protein diperlukan untuk membangun jaringan baru, sehingga jika tidak tersedia, maka tubuh tidak dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi.

2. Rambut rontok. Untuk menjaga kekuatan rambut, anda membutuhkan makanan yang mengandung tinggi protein seperti daging sapi. Sebaliknya jika anda tidak mendapatkan asupan protein yang cukup dari makanan, maka beberapa bagian tubuh seperti rambut akan mudah rontok, karena otot-otot rambut tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain rambut, bagian tubuh lain yang kehilangan kekuatannya akibat kekurangan protein adalah kuku.

3. Menjadi lemah. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika protein adalah nutrisi utama bagi otot. Jadi, sudah bisa dipastikan jika kekurangan protein akan membuat anda lebih lemah. Akibatnya anda tidak akan sanggup mengangkat beban yang mungkin sebenarnya ringan. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri anda, terutama bagi laki-laki.

4. Mengurangi kinerja otak. Protein ternyata bukan hanya dibutuhkan oleh otot saja melainkan juga otak. Protein pada makanan membantu melepaskan karbohidrat sebagai energi. Energi ini dibutuhkan bukan hanya pada tubuh, tetapi juga oleh otak untuk bekerja dengan baik. Cobalah mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti daging, seafood, kedelai dan susu sebagai sumber tenaga untuk otak.

5. Mudah lelah. Dari uraian di atas kita bisa melihat bahwa protein dibutuhkan oleh tubuh untuk melepaskan karbohidrat sebagai energi, sehingga kekuragan protein bisa berakibat tubuh mudah lelah kerena karbohidrat tidak bisa dikonfersi dengan baik menajdi energi. Selain itu, saat kekurangn karbohidrat tubuh menggunakan protein sebagai cadangan energi agar membuatnya masih bisa beraktivitas.

6 Anemia. Bersama dengan zat besi protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Jadi, sangat penting bagi anda untuk mendapatkan asupan protein yang cukup agar terhindar dari anemia (kurang darah). Orang yang menderita anemia biasanya juga terkait erat dengan rendahnya asupan protein dalam diet mereka.

7. Susah tidur. Kesulitan tidur bisa disebabkan oleh kekurangan serotonin (hormon yang bertanggung jawab mengendalikan suasana hati), sedangkan kekurangan serotonin bisa dipicu rendahnya asupan asam amino tertentu.  Asam amino ini diproduksi ketika proses pemecahan protein, itu artinya kekurangan protein dapat menyebabkan kesulitan tidur. Untuk membantu mengatasi masalah insomnia anda bisa minum segelas susu sebelum tidur.

8. Kulit kering. Kulit kering dan ruam bisa menjadi petanda jika anda sedang mengalami kekurangan protein. Gejalai ini biasanya juga disertai dengan kulit mudah mengelupas dan pecah-pecah. Cara mengatasinya adalah dengan mencukupi kebutuhan protein harian anda dari makanan, plus perbanyak minum air putih.

9 Berat badan turun. Penyebab berat badan turun yang paling utama adalah kurangnya nutrisi bagi tubuh termasuk protein. Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuat jaringan otot, sehingga anda bisa beraktivitas dengan baik. Penurunan berat badan kadang diinginkan oleh sebagian orang, terutama bagi pelaku diet, tetapi jika turunnya berat badan ini diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi, tentunya anda tidak menginginkannya bukan.

10 Edema. Edema adalah penyakit yang menyebabkan beberapa bagian tubuh seperti tangan, kelopak mata dan pergelangan kaki membengkak akibat dari penumpukan cairan. Beberapa penyebab edema adalah perubahan hormonal selama kehamilan atau menstruasi, akibat efek samping pengobatan, makan makanan asin dan kekurangan protein.
loading...