10 makanan untuk membersihkan darah dari racun

Kenapa kita harus membersihkan darah? Darah adalah komponen paling penting di dalam tubuh kita, tanpa kehadirannya kita tidak akan bisa hidup, karena darah memainkan banyak peran penting seperti membawa oksigen dan nutrisi dari makanan ke seluruh tubuh. Darah kotor dapat memicu masalah kesehatan seperti: jerawat, bisul, sakit kepala, penuaan dini, rambut rontok dan susah tidur.  Alasan lainnya adalah kualitas darah yang buruk juga bisa memberikan kontribusi besar terhadap munculnya berbagai macam penyakit berbahaya termasuk penyakit jantung dan ginjal.

Tanpa disadari setiap hari kita memasukkan bahan kimia dan racun berbahaya di dalam tubuh yang berasal dari lingkungan, makanan, obat-obatan dan kosmetik serta bahan kimia rumah tangga yang kita gunakan. Sedangkan di waktu yang bersamaan, tubuh bekerja terus-menerus untuk membersihkan diri dengan menyaring darah dan racun melalui ginjal, hati, usus dan kulit. Untuk mempermudah proses detoksifikasi, kita membutuhkan makanan yang dapat membantu pengeluaran racun tersebut. The Cleveland Clinic mencatat bahwa makanan dengan sifat antioksidan serta tinggi vitamin dan mineral tertentu sangat bermanfaat membersihkan darah. Beberapa diantarnya adalah:

gambar makanan untuk membersihkan darah
makanan untuk membersihkan darah

1. Bawang putih. Bawang putih kaya akan sulfur yang dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh. mengkonsumsi bawang secara teratur akan merangsang hati untuk memproduksi enzim detoksifikasi. Enzim tersebut pada gilirannya akan membantu membersihkan racun dari darah. selain terkenal sebagai makanan untuk membersihkan darah, bawang putih juga bermanfaat membersihkan usus besar dari berbagai jenis mikroba. Jadi bagi anda yang memiliki masalah kesehatan dengan pencernaan seperti diare, mungkin harus mencoba mengkonsumsi bawang putih.

2. Buah apel. Buah yang satu ini sangat terkenal sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Selain sebagai buah untuk diet, apel diketahui cukup efektif untuk membersihkan darah karena mengandung vitamin, mineral dan fitonutrien  yang berfungsi menangkal radikal bebas. Bukan hanya itu saja, serat yang terdapat dalam buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol dan membersihkan darah. Cobalah mengkonsumsi 2 buah apel organik perhari untuk mendapatkan manfaat darinya.

3. Sayur wortel. Butuh makanan pembersih darah? cobalah mengkonsumsi wortel. Wortel mengandung aneka vitamin seperti vitamin A, K, C dan B6 yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan glutathione dalam wortel membantu membersihkan darah dan racun yang tidak diinginkan dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal cobalah mengkonsumsi wortel mentah sebagai detoksifikasi tubuh. Kandungan vitamin dalam wortel mentah masih terjaga karena tidak berkurang selama proses memasak.

4. Brokoli. Brokoli memiliki sifat antioksidan untuk menangkal efek buruk radikal bebas, terutam kecambah brokoli. Kecambah brokoli merupakan sumber antioksidan untuk membantu membersihkan darah. Selain kemampuannya dalam detoksifikasi darah, brokoli juga mengandung sulfurophane yang membantu pembuangan bahan kimia berbahaya dari tubuh. Jika anda tidak menyukai brokoli mentah anda bisa membuatnya menjadi sup atau makanan lainnya. Perlu diingat, jangan terlalu lama memasak sayuran termasuk brokoli, karena dikhawatirkan kandungan vitamin di dalamnya akan hilang, dan akan mengurangi khasiatnya dalam membersihkan darah.

5. Lemon. Lemon adalah buah sehat yang menyediakan sumber vitamin C dan antioksidan penting. Maka tidak heran, jika lemon sering digunakan sebagai makanan untuk membersihkan paru-paru dan organ penting lainnya. Meningkatkan asupan lemon akan menambah antioksidan yang akan membersihkan seluruh tubuh dari racun berbahaya termasuk darah. cara kerja lemon dalam membersihkan darah yaitu dengan mengubah racun menjadi senyawa larut kemudian mengeluarkannya melalui urin.

6. Kemangi. Kemangi sering digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Konsumsi daun kemangi secara rutin akan membantu membersihkan racun dalam tubuh termasuk darah. Ambil beberapa lembar daun kemangi sebagai lalapan makan anda. Selain bermanfaat membersihkan darah dari racun, menggunakan daun kemangi sebagai lalapan juga berguna menghilangkan bau mulut secara alami.

7. Kunyit. Kunyit adalah ramuan alami yang bisa digunakan sebagai pembersih darah dari racun dan bahan kimia. Kandungan kurkumin dalam kunyit akan membantu memberikan hasil terbaik. Proses detoksifikasi akan maksimal dengan memasukkan kunyit ke dalam menu harian anda. Buatlah ramuan sederhana dengan kunyit dan madu untuk membantu anda mendapatkan tubuh yang bersih dari limbah dan racun.

8. Keluarga berry. Beberapa keluarga berry seperti mulberry, strawberry, blueberry dan blackberry tercatat sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi, sehingga sangat ideal digunakan sebagai makanan untuk membersihkan darah. Belum lagi kandungan vitamin dan mineral yang tinggi juga membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti katarak, kanker, penyakit jantung dan darah tinggi.

9. Buah bit. Bit adalah buah yang memiliki bentuk menyerupai ubi, berwarna merah gelap. Buah ini memiliki harga cukup mahal dan kurang begitu populer di Indonesia. Buah bit diketahui mengandung tinggi antioksidan penting untuk melawan oksidasi yang diakibatkan radikal bebas. Cobalah menikmati segelas jus buah bit di pagi hari sebelum sarapan untuk membantu tubuh membersihkan darah dan organ penting lainnya.

10. Madu. Manfaat madu sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan. Madu mengandung banyak enzim yang diperlukan tubuh. Madu secara alami dapat memperlancar sirkulasi darah sekaligus membantu membersihkannya dari racun. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakterial yang bisa mencegah segala macam infeksi.

Darah kotor dapat mengakibatkan berbagai jenis masalah kesehatan. Dengan demikian, akan jauh lebih baik jika kita melakukan pencegahan dengan mengambil beberapa langkah untuk membersihkan darah dan membuatnya kembali bersih.
loading...