10 Manfaat buah murbei untuk kesehatan

Murbei atau dalam bahasa Inggris mulberry, adalah buah yang masuk dalam keluarga berry bersama dengan strawberry, balckberry, raspberry dan blueberry. Di Cina, pohon murbei digunakan untuk memberi makan ulat sutra. Sedangkan buahnya dikonsumsi untuk memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Bahkan, murbei dianggap sebagai tonik kesehatan dan digunakan sebagai teh dan sirup. Beberapa manfaat buah murbei diantaranya:
manfaat murbei
ilustrasi manfaat murbei

1. Mencegah penuaan dini. Penuaan adalah proses alami yang dialami seseorang karena bertambahnya usia. Tetapi, hal ini bisa menjadi tidak wajar ketika penuaan disebabkan oleh kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas. Radikal merupakan produk oksidatif yang didapat dari polutan atau beberapa kondisi seperti stres. Untuk mencegah efek buruk radikal bebas tersebut, anda membutuhkan makanan tinggi antioksidan seperti murbei. Murbei diketahui mengandung beberapa antioksidan seperti leutin dan zea-xanthine, karoten dan fitonutrien. Keduanya mampu menetralisir radikal bebas dan melindungi tubuh dari penuaan dini.

2. Mencegah batu ginjal. Ada empat jenis batu ginjal, dan Jenis yang paling umum adalah kalsium oksalat. Mereka dapat tumbuh dengan cepat dan menjadi besar di saluran kemih sehingga bisa memicu infeksi. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan asam amino secara berlebihan. Penumpukan kalsium  yang tidak diinginkan ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi jus murbei segar secara rutin. Murbei sering ditambahkan pada obat-obatan untuk memperkuat ginjal.

3. Pembersih darah. Anda membutuhkan makanan pembersih darah? mungkin murbei bisa menjadi jawabannya. Darah kotor dapat menyebabkan masalah kesehatan ringan sampai berat. Salah satu produk utama darah kotor adalah jerawat dan bisul. Murbei disinyalir dapat digunakan sebagai pembersih darah terbaik karena mengandung tinggi antioksidan penting. Selain itu, murbei juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

4. Menjaga Kesehatan Jantung. Mengkonsumsi murbei secara rutin telah terbukti bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan murbei mampu memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat, sehingga mencegah penyumbatan di aliran darah. Mengurangi tingkat kolesterol dalam darah sangat penting untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Mencegah hipertensi
. Murbei adalah alah satu makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi terbaik. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Maret 2008 di "American Journal of Clinical Nutrition" murbei diketahui memberikan manfaat positif pada peredaran darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan pembekuan darah, stroke dan penyakit jantung. Untuk itu, cobalah melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi buah sehat seperti murbei.

6. Meningkatkan sistem imun. Sudah tidak diragukan lagi jika murbei merupakan makanan dengan tinggi antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada gilirannya akan mencegah serangan virus dan infeksi. Melemahnya sistem imun juga membuat anda rentan terhadap penyakit seperti flu dan batuk.

7. Mencegah kerusakan retina. Murbei bisa dikatakan sebagai pelindung alami mata anda. Hal ini disebabkan murbei kaya akan Zea-xanthin, sebuah karotenoid makanan yang berkonsentrasi ke dalam lutea makula retina. Zea-xanthin ini bekerja sebagai antioksidan yang melindungi retina dari kerusakan akibat sinar ultraviolet yang berbahaya melalui tindakan penyaringan cahaya.

8. Diabetes. Manfaat buah murbei ternyata tidak berhenti sampai di situ saja. Buah kecil ini juga diperkaya dengan flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan kadar gula darah pada pasien diabetes. Sehingga murbei cukup efektif untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes yang diakibatkan lonjakan kadar gula darah.

9. Sebagai sumber nutrisi. Murbei merupakan sumber vitamin yang lengkap seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan folat (vitamin B9). Vitamin tersebut bermanfaat memberikan bantuan pada tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, murbei juga mengandung banyak nutrisi lainnya termasuk serat makanan, protein, riboflavin, fosfor, magnesium, asam folat, dan potasium.

10. Untuk kecantikan. Ternyata manfaat buah murbei bukan terbatas pada pencegahan penyakit saja. Menggunakan murbei dapat mencegah beberapa masalah seperti kulit kering, jerawat dan penuaan. Sifat antioksidan yang dimiliki murbei mampu bekerja dengan mengeluarkan racun, memperkecil pori-pori, melembabkan kulit dan melawan noda hitam di wajah. Bukan hanya itu saja, murbei juga diprecaya bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut sehingga membuatnya tampak lebih sehat bersinar.

Meskipun murbei dapat memberikan manfaat dalam mencegah batu ginjal, tetapi anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebih. Pasalnya, murbei mengandung tinggi kalium sehingga dapat menciptakan ketidaknyamanan kepada pasien penyakit ginjal. Oleh sebab itu, bagi pasien penyakit ginjal sebaiknya melakukan konsultasi dulu ke dokter jika ingin mengkonsumsi murbei.
loading...