Tuesday, September 29, 2015

10 Manfaat buah raspberry untuk kesehatan

Diet sehat dan seimbang harus banyak melibatkan buah segar seperti raspberry. Nutrisi dalam buah-buahan membantu kita dalam menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan kanker. Minum jus raspberry segar dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral  yang berkontribusi besar terhadap kesehatan kita secara keseluruhan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat buah raspberry, berikut ulasannya:
manfaat buah raspberry
manfaat buah raspberry

1. Mencegah kanker. Raspberry diketahui bermanfaat mencegah kanker karena mengndung dua senyawa penting yaitu asam ellagic dan vitamin C. Keduanya berperan aktif dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dari polusi dan racun, yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel.  Dua gelas jus raspberry di pagi dan sore hari mungkin dapat membantu anda terhindar dari berbagai penyakit kanker.

2. Menjaga kestabilan berat badan. Raspberry dapat digunakan sebgi buah untuk dit sehat karena mengandung karbohidrat kompleks, ini ditandai dengan kandungan seratnya yang tinggi plus rendah gula. Serat dalam raspberry juga bermanfaat membantu anda merasa kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi anda untuk makan berlebih. Selain itu, Raspberry juga rendah kalori dan secara alami bebas lemak. Satu cangkir raspberry segar mengandung 64 kalori dengan 8 gram serat.

3. Kesehatan tulang. Mangan adalah salah satu jenis mineral yang banyak ditemukan dalam buah raspberry. Mineral ini membentuk senyawa yang disebut superoxide dismutase, yang bekerja melawan radikal bebas. Menurut University of Maryland Medical Center, mangan dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tulang. Bersama dengan kalsium, mangan bahu-membahu mempertahankan kepadatan tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

4. Mencegah pendarahan. Raspberry merupakan sumber vitamin K, nutrisi penting untuk kesehatan darah dan tulang. Vitamin K juga diperlukan oleh tubuh dalam mengaktifkan protein yang dibutuhkan untuk membentuk bekuan darah, proses yang dibutuhkan untuk menghentikan pendarahan setelah cedera.

5. Kesehatan mata. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada edisi Mei 2006, melaporkan bahwa raspberry mengandung anthocyanin yang dapat membantu mempertajam penglihatan terutama di malam hari. Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi raspberry jug mampu meningkatkan sirkulasi dalam kapiler retina, sehingga mengurangi risiko retinopati pada pasien diabetes, dan memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula.

6. Menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi buah-buahan segar memang sangat baik untuk kesehatan jantung, hal ini dikarenakan buah biasanya mengandung tinggi serat yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat, Raspberry juga bekerja dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Magazine edisi Januari 2011 menemukan bahwa tikus dengan hipertensi yang diberi ekstrak raspberry merah mengalami penurunan tekanan darah dari 12,2-16,1 mmHg selama lima minggu.

7. Anti-inflamasi. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Maret 2011 di Journal Carcinogenesis menemukan bahwa tikus yang diberikan raspberry hitam selama tujuh hari mengalami penurunan signifikan dalam beberapa sitokin pro-inflamasi. Temuan ini menjadi acuan bahwa manfaat buah raspberry dapat menjadi anti-inflamasi alami untuk mengurangi peradangan.

8. Fungsi otak. Studi yang dilakukan pada hewan baru-baru ini menunjukkan hubungan positif antara asupan flavonoid yang ditemukan dalam raspberry dan peningkatan memori. Penelitian tersebut menemukan bahwa mengkonsumsi raspberry memiliki potensi mengurangi risiko penurunan kognitif otak pada lansia. Konsumsilah raspberry mulai dari sekarang dan dapatkan manfaatnya di hari tua.

9. Detoks tubuh. Raspberry merupakan makanan tinggi antioksidan penting untuk membantu tubuh memebuang zat-zat yang tidak diinginkan, terutama dari polusi dan makanan. Dengan demikian, Raspberry adalah detoks alami tubuh. Selain antioksidan, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan tubuh, untuk membuang limbah yang tidak diinginkan.

10. Mengontrol gula darah. Raspberry mengandung tinggi serat makanan. Studi telah membuktikan bahwa serat dalam buah raspberry dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1.  Sebagai langkah pencegahan, anda bisa memasukkan buah ini ke dalam menu sehat harian anda.
loading...