13 Penyebab kenaikan berat badan seseorang

Obesitas sudah menjadi masalah klasik masyarakat di Dunia khususnya di negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa. Meskipun Indonesia tergolong negara berkembang, tetapi masuk dalam daftar 10 besar negara dengan tingkat obesitas tinggi. Usaha menurunkan berat badan seharusnya bukan hanya berpatokan pada penampilan, tetapi juga aspek kesehatan, mengingat banyak penyakit yang bisa hinggap di dalam tubuh seseorang dengan berat badan berlebih, seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Memiliki berat badan berlebih memberikan kita banyak masalah, khususnya kesehatan, untuk itulah penting bagi kita untuk menjaga kestabilan berat badan dengan menjalani diet sehat. Usaha anda untuk menurunkan berat badan bisa sangat berat jika tidak diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan seseorang, yang tanpa anda sadari mungkin telah menjadi gaya hidup sehari-hari. Beberapa diantarnya adalah:

penyebab kenaikan berat badan
ilustrasi masalah berat badan

1. Kurang aktivitas fisik. Olahraga merupakan kebiasaan sehat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Karena itu kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga dapat memicu naiknya berat badan. Saat kita berolahraga maka lemak di dalam tubuh akan terbakar sehingga dapat mengurangi berat badan. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bermanfaat mencegah timbunan lemak di perut.

2. Salah memilih sumber karbohidrat. Banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana dapat memicu kenaikan berat badan. Karbohidrat dibagi menjadi dua, karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks diperkaya dengan serat makanan plus mengandung rendah gula, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh pelaku diet. Sedangkan jenis karbohidrat kedua adalah karbohidrat sederhana, karbohidrat jenis ini memiliki kualitas rendah karena mengandung tinggi gula dan juga rendah serat. Salah satu fungsi karbohidrat adalah memberikan tubuh energi sekaligus membuatnya terisi, sayangnya karbohidrat sederhana seperti donat, cokelat dan kue kering tidak memberikan efek tersebut dengan baik, sehingga anda perlu mengganti sumber karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks.

3. Kurang tidur. Kurang tidur sering memicu banyak masalah kesehatan, seperti menurunnya fungsi otak, memicu kenaikan berat badan bahkan  dapat meniumbulkan penyakit berbahaya seperti kanker. Terjaga di malam hari biasanya akan membuat kita menjadi lapar sehingga akan memicu untuk negmil. Ini tentunya bisa menjadi penyebab naiknya berat badan, belum lagi jika camilan yang kita makan megandung tinggi lemak atau gula.

4. Faktor genetik. Obesitas biasanya juga terkait erat dengan faktor genetik. Jadi saat seseorang memiliki orangtua gemuk maka kita akan lebih mungkin untuk menjadi gemuk pula. Fakta ini bukan untuk membuat orang dengan keturunan gemuk berkecil hati, akan tetapi lebih membuat anda waspada sehingga lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

5. Hamil. Hamil adalah penyebab kenaikan berat badan yang alami, jika anda mengalami penambahan berat badan saat hamil, maka tidak perlu khawatir karena itu adalah kondisi normal, tetapi jika berat badan anda tidak bertambah, maka anda patut untuk khawatir. Meskipun demikian, hal yang seharusnya menjadi perhatian bagi anda adalah saat setelah melahirkan. Karena pada masa ini seorang ibu akan sangat mudah untuk menjadi gemuk.

6. Efek obat-obatan. Ada banyak jenis obat-obatan tertentu yang dapat memicu kenaikan berat badan seperti pil KB, obat diabetes, antidepresan, antipsikotik. Obat-obatan tersebut bisa memicu kegemukan dengan mengubah fungsi tubuh dan otak sehingga membuatnya menyimpan lemak lebih banyak dari pada biasanya. Untuk itu, sebaiknya anda membaca keterangan atau bertanya ke dokter mengenai efek samping obat tersebut sebelum mengkonsumsinya.

7. Cara diet yang salah. Selama ini orang sering menganggap banyak makan dapat memicu naiknya berat badan. Meskipun itu benar, tetapi ada faktor lain yang terlihat bertentangan tetapi memiliki efek sama. Cara diet yang salah seperti menjalani diet ketat dengan membatasi asupan nutrisi kadang bisa membuat seseorang justru menjadi gemuk, kenapa demikian?  Hal ini dikarenakan tubuh kita membutuhkan nutrisi untuk bisa bekerja dengan baik seperti serat, protein, vitamin, karbohidrat dan mineral, jika nutrisi tersebut tidak terpenuhi maka kita akan makan lebih banyak karbohidrat yang justru akan memicu naiknya berat badan. Selain itu, saat Anda tidak mengkonsumsi makanan yang cukup, maka metabolisme tubuh akan melambat sehingga tubuh mulai menyimpan lemak.

8. Kurang memenuhi asupan serat. Manfaat dan fungsi serat sangat banyak sekali di dalam tubuh kita, salah satunya memperlancar proes pencernaan sehingga pembuangan limbah di dalam tubuh bisa maksimal. Kekurangan serat dapat memicu sembelit yang menjadi awal perut buncit. Selain itu, serat juga membantu meningkatkan kesehatan usus, sekaligus membuat anda kenyang lebih lama.

9. Stres. Tuntutan hidup yang semakin banyak kadang membuat seseorang menjadi mudah tres, yang pada akhirnya akan melampiaskannya pada makanan. Memang, mengkonsumsi makanan manis seperi cokelat dan permen dapat membuat kita menjadi lebih rileks, tetapi di sisi lain juga memicu kenaikan berat badan. Belum lagi, stres juga dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak lebih banyak.

10. Karena penyakit. Ada banyak penyakit yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. seperti Kista ovarium, penyakit ini bisa mengakibatkan seorang wanita mengalami lonjakan berat badan hingga 30 pound selama periode waktu yang singkat. Selain itu, masalah pada fungsi hati, ginjal dan jantung juga sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan.

11. Makanan manis. Makanan atau minuman manis memang sangat lezat terutama jika dikonsumsi setelah makan, tetapi di sisi lain juga menimbulkan masalah ksehatan seperti obesitas. Makanan dengan tinggi gula sering disebut sebagai makanan dengan karbohidrat sederhana, makanan ini tidak membuat anda kenyang dan malah dapat meningkatkan kadar insulin.

12. Kurang minum air putih. Salah satu manfaat minum air putih adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat akan membuat pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi maksimal, sehingga dapat mencegah penumpukan lemak. Disamping itu, air putih juga bermanfaat melancarkan pencernaan dengan membantu pengeluaran limbah dari dalam tubuh.

13. Asupan kalori berlebih. Meskipun makanan bukan satu-satunya penyebab naiknya berat badan, tetapi menjaga asupan makanan dengan mengurangi kalori berlebih menjadi cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Kurangi makanan yang mengandung tinggi lemak, berpemanis buatan dan tinggi kalori speerti es krim, cokelat susu dan karbohidrat yang digoreng.
loading...