14 Top Makanan untuk menguatkan tulang

Tulang adalah struktur penting bagi  tubuh kita. Tanpa kehadirannya kita tidak akan mampu berdiri atau berjalan, sehingga sangat penting bagi kita menjaga kekuatannya agar tidak mudah rapuh. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tulang yang kuat, salah satunya melalui makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan, terutama yang mengandung tinggi kalsium dan vitamin D sangat penting untuk dikonsumsi agar kekuatan tulang kita tetap terjaga. Beberapa diantarnya adalah:
gambar makanan untuk menguatkan tulang
makanan untuk menguatkan tulang
1. Susu. Sudah tidak diragukan lagi jika susu masuk dalam daftar makanan untuk menguatkan tulang. Susu mengandung tinggi kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang terutama pada masa pertumbuhan. Dua gelas susu perhari di pagi dan malam dapat membantu anda mendapatkan tulang yang kuat.

2. Keju. Hampir sama dengan susu, keju memiliki kandungan kalsium cukup tinggi dan bisa anda coba sebagai makanan sehat untuk tulang. Selain kalsium, keju juga diperkaya dengan mineral lain seperti kalium dan magnesium yang bermanfaat melindungi kesehatan tulang dari osteoporosis. Pilihlah jenis keju yang berkualitas dan rendah lemak agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Telur. Makanan yang satu ini mungkin sudah banyak orang yang tahu mengenai manfatnya. Telur adalah sumber protein, kalsium dan vitamin D yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tulang. Belum lagi asam amino essensial dalam telur juga diketahui membantu tumbuh kembang anak. Jadi, tunggu apa lagi, masukkan telur ke dalam menu harian keluarga anda.

4. Yogurt. Yogurt merupakan produk susu yang berasal dari fermentasi bakteri baik. Manfaat yogurt yang sering dikenal masyarakat adalah menjaga kesehatan pencernaan. Selain kemampuannya tersebut kebanyakan jenis yogurt diperkaya dengan vitamin D dan kalsium.  Kalsium bekerja dalam pembentukan tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh dalam penyerapan kalsium, sehingga kombinasi keduanya sangat diperlukan untuk menguatkan tulang.

5. Ikan salmon. Anda jangan mengira jika ikan yang satu ini hanya mengandung omega 3 saja. lebih dari itu, ikan salmon memiliki segudang nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh, terutama dalam masa perkembangan anak. Salmon mengandung tinggi vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi anda. Tiga ons ikan salmon sudah memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda. Kombinasikan ikan salmon dengan makanan lain yang mengandung tinggi kalsium untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Sayur bayam. Saat berbicara mengenai sumber kalsium pasti banyak orang akan melihat produk hewani sebagai sumber utama. Padahal banyak dari produk nabati yang juga menyediakan kalsium bagi tubuh seperti bayam. Dalam satu cangkir bayam mengandung 25 persen dari kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan. Jumlah kalsium yang cukup dari makanan merupakan komponen penting bagi anda untuk mendapatkan tulang yang kuat.

7. Seafood. Seafood adalah makanan yang berasal dari laut, tapi biasanya tidak termasuk ikan. Karena berasal dari laut, beberapa jenis seafood memiliki kandungan mineral cukup tinggi. Mineral utama yang dimiliki seafood adalah kalsium yang terdapat dalam beberapa hewan seperti kepiting, lobster, kerang dan udang. Selain itu, banyak dari jenis seafood juga mengandung tinggi vitamin D yang bisa membantu kerja kalsium dalam menjaga kekuatan tulang anda.

8. Ikan teri. Ikan ini memiliki ukurang kecil, tetapi manfaatnya tidak sekecil ukurannya. Ikan ini kurang begitu diperhitungkan karena memiliki harga relatif murah, padahal seharusnya itu menjadi kelebihan ikan ini. Memang ikan teri tidak setenar salmon atau tuna dalam hal nutrisi, tetapi ikan teri menyediakan kalsium yang tidak kalah tinggi. Salah satu yang membuatnya menjadi sumber kalsium terbaik adalah ikan teri bisa dimakan bersamaan durinya, dimana di dalam duri tersebut terdapat jumlah kalsium yang melimpah. Nah,,bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tulang, cobalah dengan memasukkan ikan teri ke dalam menu harian anda.

9. Kedelai. Bagi anda para penganut vegetarian tidak perlu khawatir jika ingin mendapatkan makanan untuk menguatkan tulang. Pasalnya ada banyak makanan dari sumber nabati yang bisa anda pilih, seperti kedelai. Kedelai selain tinggi protein nabati juga menyediakan sejumlah kalsium yang bermanfaat mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).

10. Kacang almond. Kacang sering dijadikan sebagai camilan sehat karena mengandung tinggi kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk tulang. Selain keduanya beberapa jenis kacang juga menyediakan sejumlah lemak baik seperti omega 3. Belum lagi, kacang almond diketahui juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda.

Selain makanan yang mengandung tinggi Kalsium dan vitamin D di atas anda juga membutuhkan nutrisi lain yang bisa membantu menguatkan tulang. Beberapa diantaranya seperti makanan berikut ini:

11. Makanan tinggi magnesium. Magnesium sering disebut sebagai mineral pendamping kalsium dalam pemembentuk tulang. Sayangnya, masyarakat kita kurang memperhatikan hal ini dan lebih memilih berfokus pada kalsium saja. Kurangnya asupan magnesium sering dikaitkan dengan tingginya resiko osteoporosis, serta masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung. Makanan laut dan daging merupakan sumber yang baik dari magnesium.

12. Makanan sumber mangan. Mineral ini sangat diperlukan dalam pertumbuhan tulang yang tepat. Makanan yang menjadi sumber mangan diantarnya: Biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat dan sayuran hijau. Jika anda bisa memenuhi nutrisi ini dalam jumlah yang tepat dalam menu harian anda, hal tersebut akan mempermudah usaha anda untuk menguatkan tulang.

13. Makanan tinggi vitamin K. Vitamin K adalah vitamin yang tidak bisa larut dalam air, dan hanya bisa larut dalam lemak. Vitamin ini berfungsi membantu produksi protein yang diperlukan tubuh untuk pembentukan tulang. Asupan vitamin K yang cukup memainkan peran penting dalam mencegah penumpukan kalsium di tempat yang tidak seharusnya. Makanan yang mengandung tinggi vitamin K diantarnya seperti: kubis, asparagus, kembang kol dan daun bawang.

14. Makanan sumber fosfor. Fosfor adalah jenis mineral yang utama dalam pembentukan tulang setelah kalsium. Fosfor sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kepadatan tulang manusia sekaligus mencegahnya dari kerapuhan. Makanan yang mengandung tinggi fosfor diantarnya seperti produk susu, sereal dan daging. Jumlah kebutuhan fosfor masing-masing orang bervariasi, tergantung pada usia dan jenis kelamin, tetapi setidaknya orang dewasa membutuhkan 550 mg fosfor.
loading...