17 manfaat buah bit untuk kesehatan

Buah bit adalah buah dengan tampilan menawan. Buah bit memiliki warna merah darah yang menjadi indikasi bahwa buah ini mengandung tinggi betakaroten. Buah bit tergolong sebagai buah mahal dan kurang begitu populer di Indonesia. Secara tradisional, buah bit sudah digunakan sebagai obat untuk demam dan sembelit. Hippocrates yang merupakan bapak kedokteran,  menganjurkan penggunaan daun bit untuk mengikat luka. Dari Abad Pertengahan, buah bit juga digunakan sebagai bahan pengobatan untuk berbagai kondisi, terutama Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan pencernaan dan darah. Untuk mengetahui secara detil sputar manfaat buah bit untuk kesehatan, mari kita simak ulasan berikut ini:
manfaat buah bit
Ilustrasi manfaat buah bit

1. Mengatasi masalah kulit. Makan buah bit secara teratur dipercaya dapat  mencegah dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Buah yang kaya antioksidan ini juga dapat membantu menghilangkan noda membuat kulit menjadi lebih sehat secara alami.

2. Mencegah kanker. Buah berwarna merah ini diketahui mengandung tinggi antioksidan yang merupakan komponen penting untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Ini menjadikan buah bit sebagai bahan utama untuk mencegah kanker. Kebayakan jenis kanker diakibatkan oleh radikal bebas yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus buah bit mengandung betacyanin yang membantu mencegah pembentukan tumor dan kanker.

3. Menjaga kesehatan mata. Buah memiliki warna merah menyala yang mengindikasikan bahwa buah bit mengandung  tinggi betakaroten. Nutrisi ini merupakan nutrisi utama untuk mata. Penelitian melaporkan bahwa kandungan dua senyawa penting  lutein dan zeaxanthin bermanfaat bagi retina mata. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal anda bisa memadukan jus buah bit dengan wortel atau buah naga.

4. Mengatasi anemia. Anda butuh makanan penambah darah? Mungkin buah bit bisa menjadi jawabannya. Buah ini bisa menambah sel darah merah bukan karena memiliki warna merah seperti darah. Buah bit diketahui mengandung tinggi zat besi, yang merupakan mineral utama pembentukan sel darah merah. Selain zat besi nutrisi lain yang diperlukan untuk menambah kuantitas sel darah merah adalah vitamin B12 yang bisa anda dapatkan dari kebanyakan makanan laut.

5. Meningkatkan sistem imun. Memiliki sistem imun yang kuat merupakan hal yang sangat penting untuk menghalau serangan virus dan penyakit terkait penurunan sistem imun. Kabar baiknya, buah bit mengandung tinggi aneka vitamin dan nutrisi lain yang telah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi.

6. Miningkatkan fungsi otak. Buah bit memberikan efek positif pada fungsi otak dengan membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat mengurangi risiko penurunan fungsi otak terkait usia seperti penyakit alzheimer. Para peneliti dari Translational Science Center di Wake Forest University menemukan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit memainkan peran kunci dalam melawan perkembangan demensia dan meningkatkan fungsi otak. Nitrat diubah menjadi nitrit oleh bakteri di dalam mulut yang membantu pembuluh darah terbuka di tubuh, meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak.

7. Mengontrol tekanan darah. Salah satu manfaat penting buah bit adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi  bisa mendapatkan manfaat besar dengan mengkonsumsi buah bit karena kandungan nitratnya yang tinggi. Menurut sebuah studi yang didanai oleh British Heart Foundation dan dipublikasikan secara online dalam American Heart Association journal of Hypertension, orang yang minum jus buah bisa mengalami penurunan tekanan darah dalam waktu 24 jam. Seiring kemampuannya tersebut memebuat buah bit sangat efektif digunakan sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Menurunkan berat badan. Buah bit mengandung rendah lemak dan tinggi serat yang sangat diperlukan untuk diet. Gula dalam buah bit adalah karbohidrat kompleks karena rendah gula dan tinggi serat. Ini akan membantu anda dalam usaha menurunkan berat badan, cobalah ganti menu camilan anda yang tidak sehat dengan makan buah bit.

9. Memperlambat proses penuaan. Penuaan adalah suatu proses alami, tetapi terkadang bisa menimbulkan masalah, dimana seseorang mengalami penuaan lebih cepat dari pada seharusnya. Warna merah darah buah bit berasal dari kelompok antioksidan kuat yang disebut betalains. Ada ratusan penelitian tentang manfaat kesehatan yang positif dari betalains. Kandungan Antioksidan dalam buah bit bermanfaat menghilangkan akumulasi racun dari dalam tubuh yang bisa menyebabkan penuaan.

10. Mengontrol gula darah. Buah Bit dapat menstabilkan kadar glukosa dalam darah, sehingga penderita diabetes yang rutin makan buah bit setidaknya tiga kali dalam seminggu dapat terbantu untuk mengontrol gula darah. Hal ini disebabkan dari serat larut dalam buah bit. Pasien dengan diabetes diharuskan banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat larut seperi buah bit.

11. Detoksifikasi darah. Buah bit merupakan makanan untuk membersihkan darah paling ideal karena mengandung sejumlah vitamin dan serat. Jus buah bit saat dikonsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi jerawat yang disebabkan karena darah kotor. Selain bisa menimbulkan jerawat, darah kotor juga dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya lainnya.

12. Mencegah cacat pada bayi. Manfaat buah bit yang cukup penting adalah membantu menutrisi ibu hamil, ini dikarenakan buah bit mengandung sejumlah asam folat. Asam folat merupakan komponen penting untuk perkembangan sang bayi termasuk membantu pembentukan sumsum tulang belakang . Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat memperbesar risiko cacat tabung saraf yang merupkan kondsi abnormal ketika bayi berada dalam kandungan. Untuk mencegah kondisi tersebut sang ibu diwajibkan memenuhi asam folat dari makanan seperti buah bit segar.

13. Mencegah ketombe. Manfaat buah bit bukan hanya terbatas pada pencegahan penyakit saja, melainkan untuk perawatan kecantikan. Buah bit mengandung aneka nutrisi seperti protein, fosfor, kalium dan banyak vitamin esensial yang bermanfaat meningkatkan srikulasi darah ke kulit kepala. Hal ini akan membantu menghilangkan kulit mati dari kulit kepala dan membantu pertumbuhan rambut dengan menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala.  Selain itu, buah bit juga bersifat antiseptik dan anti inflamasi, yang bisa menghilangkan dan menyembuhkan kulit mati  sehingga akan mencegah ketombe.

14. Menguatkan tulang. Buah bit adalah makanan sumber mineral yang lengkap. Buah bit mengandung kalsium, folat, vitamin C, mangan, magnesium dan tembaga, kesemua nutrisi tersebut sangat diperlukan dalam pembentukan tulang yang kuat. Mengkonsumsi setengah buah bit segar setiap hari bisa membantu menjaga tulang dari kondisi seperti osteoporosis masalah tulang lainnya.

15. Menurunkan kolesterol. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah dapat menghindarkan seseorang dari serangan jantung dan stroke. Buah bit mengandung karotenoid dan flavonoid, yang membantu menurunkan kolesterol jahat.Sebuah studi yang diterbitkan di Farmacia pada tahun 2011 menyatakan bahwa buah bit dapat menurunkan kadar kolesterol total sekaligus meningkatkan high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik.  Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi bisa mencoba mengkonsumsi buah bit untuk membantu mengendalikannya.

16. Meningkatkan kesehatan mental. Kesehatan mental yang buruk seperti stres dan depresi dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti serangan jantung dan melemahnya sistem imun, untuk itu sangat penting bagi kita menjaga kesehatan mental dengan mengkonsumsi buah segar. Buah bit sering digunakan dalam pengobatan depresi. Hal ini karena buah bit mengandung triptofan, yang memberikan efek menenangkan pikiran dan menciptakan perasaan senang, mirip dengan cokelat.

17. Detoks hati. Hati adalah organ penting di dalam tubuh yang bekerja mengeluarkan racun. Untuk membuat kerja organ hati kita maksimal kita bisa mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah bit. Mengkonsumsi buah bit bisa merangsang fungsi sel-sel hati dan melindunginya dari racun. Serat dalam buah bit memberikan efek peningkatan produksi enzim-enzim detoksifikasi di hati (SOD, katalase, glutation).
loading...