7 cara membersihkan paru-paru dari polusi

Paru-paru adalah organ penting di dalam tubuh yang bekerja hingga lebih dari 25.000 kali setiap harinya. Setiap hari kita menggunakan paru-paru untuk bernafas dan membawa oksigen ke aliran darah, oleh sebab itu tanpa paru-paru kita tidak akan dapat hidup. Mengingat fungsi paru-paru sangat penting, sudah seharusnya kita memperhatikan kesehatannya.

Beberapa penyakit paru-paru

Asma: Asma dalah penykit pernapasan yang menyebabkan mengi dan sesak napas. Beberapa pemicunya adalah Alergi, infeksi, atau polusi udara yang masuk ke paru-paru.

Penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK): Penyakit paru-paru jenis ini terjadi saat paru-paru tidak mampu membuang napas secara normal, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

Emfisema: kerusakan yang terjadi pada organ paru-paru yang membuat udara terjebak di paru-paru dalam bentuk PPOK. Penyakit ini ditandai dengan sulit menghembuskan udara.

Kanker paru-paru: Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Jika hal ini dibiarkan, maka pertumbuhan sel tersebut dapat menyebar ke luar jaringan yang terdekat atau bagian tubuh lain.

cara membersihkan paru-paru
cara membersihkan paru-paru

Cara membersihkan paru-paru dari polusi

1. Banyak minum air putih. Cara membersihkan paru-paru paling mudah adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Air dapat membuang kotoran dan limbah di dalam tubuh kita termasuk yang berada di dalam paru-paru. Air merupakan detoksifikasi alami paling murah dan fektif.

2. Konsumsi lebih banyak vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi penting bagi tubuh, vitamin jenis ini memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena  bersifat antioksidan. Karena sifatnya itu jugalah yang membuat makanan tinggi vitamin C cukup ampuh untuk membersihkan paru-paru dari polusi dan paparan oksidasi.

3. Cukupi kebutuhan olahraga. Aktivitas fisik sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh dan mental. Olahraga dapat menghindarkan kita dari banyak penyakit seperti jantung, kanker, diabetes dan obesitas. Latihan fisik akan memberikan latihan kepada paru-paru agar dapat bekerja optimal.

4. Latihan pernapasan. Hampir sama dengan olahraga, latihan pernapasan juga dapat membuat paru-paru anda tetap bersih dan sehat. Latihan pernapasan bermanfaat memberikan oksigen lebih kepada tubuh. Jika dilakukan dengan benar hal ini juga dapat membantu meringankan gejala asma. Latihan pernapasan bisa dilakukan dengan menghirup udara panjang kemudian mengeluarkannya secara perlahan. Perlu diketahui, pernapasan pendek sering mempengaruhi fungsi paru-paru dan membuatnya semakin melemah.

5. Konsumsi makanan tinggi asam folat. Meningkatkan asupan makanan yang mengandung tinggi asam folat juga dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari penyakit paru obstruktif kronik, atau PPOK ( sebuah istilah yang mencakup berbagai kondisi paru-paru, termasuk emfisema, bronkitis kronis dan asma). Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition" pada tahun 2010 lalu menemukan bahwa penyakit sesak napas biasanya dialami oleh orang dengan rendah asupan folat.

6. Bersihkan lingkungan anda. Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Lingkungan dalam ruangan dapat terkontaminasi dengan lebih dari 1.000 spesies jamur dan lumut. Jika anda memiliki binatang peliaraan yang serumah dengan anda seperti kucing, cobalah rutin membersihkan tempat-tempat yang biasa digunakan bermain karena bulu hewan bisa mengganggu fungsi paru-paru.  Selain itu, anda juga harus meperhatikan kebersihan tempat seperti kursi, tempat tidur atau karpet dari debu atau kotoran lainnya.

7. Hindari rokok. Jika anda berkomitmen untuk membersihkan paru-paru hal yang pertama anda lakukan adalah menghindari atau berhenti merokok. Saat seseorang merokok maka semua tar dari rokok akan mengendap di paru-paru, sehingga membuatnya sangat sulit untuk mengambil oksigen ke sel-sel dan membuang karbon dioksida.

Makanan untuk membersihkan paru-paru

Jahe: Jahe adalah tanaman herbal pembersih paru-paru. Jahe memiliki aroma terapi yang menyegarkan dan memberikan efek menenangkan. Minum wedang jahe secara rutin dapat menjadi cara bagi anda untuk menghilangkan racun dari paru-paru.

Makanan tinggi flavonoid: Bioflavonoid adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam berbagai makanan seperti bayam, brokoli, bawang putih dan bawang merah. Para ilmuwan menemukan bahwa bioflavonoid memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Antioksidan seperti flavonoid dapat menghalau radikal bebas dari polusi udara, sehingga kebersihan paru-paru dapat terjaga dengan baik.

Makanan tinggi vitamin A: Tidak jauh berbeda dengan vitamin C, vitamin A merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas dari polusi yang dapat mengancam kesehatan paru-paru anda. Makanan tinggi vitamin A seperti wortel dapat memabantu anda membersihkan sistem pernpasan seperti paru-paru. Beberapa makanan lain yang diketahui mengandung tinggi vitamin A dantaranya: anggur, ubi jalar, buah naga dan delima.

Buah dan sayur: Buah dan sayur adalah makanan sehat kaya manfaat, keduanya merupakan sumber nutrisi penting bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Epidemiologi Kanker, Biomarkers & Prevention," konsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko kanker paru-paru pada perokok. Selengkapnya bisa anda baca di 17 Makanan untuk membersihkan paru-paru

Ramuan untuk membersihkan paru-paru

Eucalyptus: Eucalyptus merupakan tanaman Asli Australia, eucalyptus biasanya digunakan sebagai makanan Koala. Di negara seperti Jerman dan Amerika tanaman ini telah digunakan sebagai aroma minyak kayu putih untuk meningkatkan kesehatan pernapasan dan mengobatai iritasi tenggorokan. Eucalyptus bermanfaat untuk keehatan paru-paru karena mengandung senyawa yang disebut cineole.

Oregano: Oregano berfungsi mengurangi peradangan dan melancarkan sistem pernapasan dengan cara membersihkan paru-paru dari sampah. Manfaat utama Oregano ini dikarenakan oregano mengandung carvacrol dan asam rosmarinic. Kedua senyawa trsebut melancarkan saluran pernapasan dan hidung bagian aliran udara.

Daun pisang: Daun pisang sudah digunakan selama berabad-abad yang lalu sebagai obat  untuk batuk berlendir. Penelitian telah menemukan bahwa daun pisang dapat membantu meringankan penyakit pada saluran pernapasan seperti batuk, pilek, dan iritasi paru-paru. Selain itu, ramuan dari daun pisang diketahui bermanfaat mengatasi batuk kering dengan cara pemijahan produksi lendir di paru-paru.

Pappermint:  Peppermint adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat dan telah digunakan selama ratusan tahun sebagai obat untuk mengatasi masalah pernapasan di sekitar paru-paru.  Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak peppermint diketahui memiliki sifat anti-kongestif, antispasmodic (yang bermanfaat membantu mengendurkan otot-otot halus pada saluran pernapasan).

Demikian tadi tips dan cara membersihkan paru-paru dari polusi dan racun, tips di atas hanya sebagai langkah pencegahan untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit paru-paru. Semoga bermanfaat.
loading...