Cara mencegah diabetes dengan 10 langkah mudah

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika seseorang memiliki kadar gula darah tinggi, hal ini biasanya disebabkan karena produksi insulin tidak memadai, atau karena sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin. Penyakit diabetes biasanya ditandai dengan sering kencing sehingga membuat pasien penyakit ini menjadi lebih mudah haus. Penyakit diabetes relatif sulit diobati dan harus mendapatkan perawatan yang serius. Meskipun demikian, dengan mengambil langkah-langkah sederhana, kita dapat mencegah diabetes, salah satunya degan memulai hidup sehat dengan  menghindari rokok, minuman beralkohol dan makanan/minuman manis secara berlebihan. Selain ketiganya, ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mencegah diabetes, beberapa cara tersebut diantaranya:
cara mencegah diabetes
ilustrasi mencegah diabetes

1. Jaga kestabilan berat badan. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika memiliki berat badan berlebih dapat memicu banyak penyakit berbahaya, termsuk diabetes. Obesitas meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe-2, sehingga menjaga kestabilan berat badan merupakan aspek penting dalam mencegah diabetes.

2. Hindari stres. Ada hubungan antara tingginya tingkat stres dengan kanaikan kadar gula darah seseorang. Saat dalam keadaan stres, maka tubuh akan membuat jantung  berdetak lebih cepat dan juga memicu kenaikan kadar gula darah seseorang. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengelola tingkat stres untuk mencegah diabetes. Beberapa kegiatan seperti bersepeda di pagi hari, menarik nafas dalam-dalam diketahui dapat memberikan bantuan relaksasi tubuh untuk membantu anda terhindar dari stres.

3. Kurangi konsumsi daging merah. Penelitian menunjukkan wanita yang makan daging merah 5 kali seminggu memiliki 29 persen risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan kurang dari satu kali dalam seminggu. Para ilmuwan menduga kandungan kolesterol dalam daging merah dan aditif dalam daging olahan lah yang menjadi penyebabnya. Jadi sebaiknya jaga asupan daging merah anda, jangan sampai berlebihan karena dapat memici penyakit diabetes.

4. Cukupi kebutuhan serat. Mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat menghindarkan anda dari penyakit diabetes dengan dua cara. Pertama serat membantu anda menurunkan berat badan yang menjadi salah satu penyebab diabetes. Kedua serat makanan secara langsung dapat mencegah diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam makanan sehingga mengurangi risiko diabetes.

5. Kurangi karbohidrat sederhana. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat sederhana bisa menempatkan seseorang pada risiko lebih besar mengalami diabetes. Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh seperti cokelat, kue kering, permen dan pemanis buatan lainnya. Makanan dengan tinggi karbohidrat sederhana ditandai dengan tinggi gula tetapi rendah serat. Sedangkan makanan tinggi karbohidrat kompleks sangat dianjurkan karena mengandung tinggi serat plus kandungan gula yang lebih rendah, beberapa diantaranya seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan dan kentang.

6. Olahraga teratur. Olahraga adalah aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Olahraga secara teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit termasuk jantung, diabetes, stroke dan osteoporosis. Berolahraga dapat menecegah diabetes dengan membantu menstabilkan berat badan. Selain itu, latihan fisik seperti olahraga juga bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menghindarkan anda dari diabetes. Penelitian telah menemukan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi resiko diabetes hingga 64%.

7. Mengkonsumsi kayu manis. Kayu manis adalah salah satu obat tradisional yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Meskipun memiliki rasa manis, kayu manis tidak akan memicu diabetes, bahkan sebaliknya, kayu manis diketahui dapat mencegah diabetes dengan cara meningkatkan metabolisme glukosa dan memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh yang biasanya terjadi saat kita mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat sederhana.

8. Banyak mengkonsumsi sayur. Sudah tidak diragukan lagi jika sayuran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Sayur mengandung tinggi serat, vitamin dan mineral yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Belum lagi sayuran seperti brokoli mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu membersihkan paru-paru dari racun dan mencegah aneka jenis kanker. Selain itu banyak mengkonsumsi sayur juga dapat menurunkan kolesterol yang menjadi salah satu penyebab diabetes.

9. Banyak minum air putih. Minum air bukan hanya untuk menghilangkan haus saja, melainkan ada banyak manfaat lain yang mungkin tidak kita sadari. Minum air putih adalah detoksifikasi alami yang membantu membuang racun dari dalam tubuh kita. Penelitian menunjukkan bahwa kurang mengkonsumsi air putih bisa menempatkan seseorang pada risiko lebih tinggi terkena diabetes.

10. Cukupi kebutuhan istirahat. Tidur adalah aktivitas yang menyehatkan, begitu juga sebaliknya kurang tidur akan menimbulkan masalah kesehatan. Para ahli merekomendasikan kita untuk tidur setidaknya 8 jam perhari bukannya tanpa sebab, pasalnya ada banyak penyakit yang hinggap pada orang yang kurang memenuhi kebutuhan tidur ini, mulai dari penyakit diabetes, penyakit jantung bahkan kanker. Jadi untuk mencegah diabetes mulai dari sekarang usahkan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.
loading...