7 Manfaat dan fungsi karbohidrat bagi tubuh

Karbohidrat adalah nutrisi paling penting di dalam tubuh kita bersama dengan protein dan lemak. Ketiganya tidak bisa dipisahkan sebagai salah satu sumber nutrisi utama bagi tubuh. Tanpa ketiganya, tubuh kita tidak akan dapat bekerja dengan baik. Meskipun fungsi karbohidrat sangat penting bagi tubuh kita, tetapi sebagian orang terutama pelaku diet sangat menghindarinya karena dianggap dapat berefek buruk bagi kesehatan. Karbohidrat sebenarnya tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan, selama anda bisa memilih sumber karbohidrat yang baik. secara umum, karbohidrat dibagi menjadi dua, karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.
gambar ilustrasi fungsi karbohidrat
ilustrasi fungsi karbohidrat

Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang dengan cepat diserap oleh tubuh. Karbohidrat jenis ini sering dianggap merugikan karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Belum lagi, karbohidrat sederhana biasanya mengandung rendah serat dan tinggi gula. Beberapa makanan yang masuk dalam kategori karbohidrat sederhana adalah: kue kering, cokelat kemasan, permen, kue donat dan makanan manis lainnya.  Sedangkan jenis yang kedua adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini memiliki kualitas baik karena mengandung tinggi serat dan juga rendah gula. Karbohidrat kompleks secara bertahap akan diserap oleh tubuh sehingga membuat kita tidak mudah lapar. Selain itu, karbohidrat kompleks juga tidak memicu naiknya kadar gula darah seseorang, selama tidak dikonsumsi secara berlebih. Makanan yang masuk dalam kategori karbohidrat kompleks adalah: jagung, gandum,  beras merah, kedelai, kentang dan kacang-kacangan.


Manfaat dan fungsi karbohidrat

1. Fungsi karbohidrat sebagai sumber energi. Fungsi utama karbohidrat bagi tubuh adalah sebagai sumber energi. Saat kita beraktivitas tubuh memerlukan sumber tenaga, di situlah tubuh akan membutuhkan karbohidrat sebagai bahan bakar. Karbohidrat memasok tubuh kita  dengan energi hingga 50-80%. Selain dari karbohidrat tubuh juga mengambil sumber energi dari lemak.

2. Mencegah defisit protein. Kekurangan karbohidrat akan membuat tubuh mengambil energi dari protein, sehingga sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang berkualitas di dalam tubuh. Memenuhi kebutuhan karbohidrat akan mencegah defisit protein, sehingga fungsi protein di dalam tubuh bisa bekerja lebih optimal untuk pembentukan otot.

3. Mengenyangkan tubuh. Makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari sebagain besar berasal dari karbohidrat dan serat. Karbohidrat menyediakan tubuh dengan energi yang secara bertahap akan diserap. Inilah alasan mengapa disaat lapar anda tidak akan puas hanya menkonsumsi daging atau sayur-sayuran saja, karena tubuh membutuhkan karbohidrat untuk membuatnya kenyang.

4. Fungsi karbohidrat sebagai energi otak. Sebagian besar sel-sel tubuh Anda menggunakan glukosa dari karbohidrat sebagai energi, tidak terkecuali otak. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa fungsi penting dari karbohidrat adalah menyediakan energi untuk otak kita. Jika anda kurang mendapatkan cukup karbohidrat dalam menu harian, maka biasanya anda akan mudah lelah saat berfikir. Untuk itu usahakan penuhi keseimbangan nutrisi tubuh dengan karbohidrat, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya.

5. Fungsi karbohidrat untuk meningkatkan mood. Para peneliti telah mengaitkan antara terpenuhinya asupan karbohidrat dengan meningkatnya produksi hormon serotonin. Serotonin dalah zat kimia yang bertanggung jawab terhadap mood atau suasana hati seseorang. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa asupan karbohidrat yang kurang dalam diet harian dapat mempengaruhi suasan hati seseorang, termasuk meningkatkan stres, depresi dan kecemasan. Untuk itu, jika anda sedang menjalani diet sehat, sebaiknya jangan terlalu memotong jumlah karbohidrat, tetapi lebih memilih jenis karbohidrat yang sehat seperti dari kacang-kacangan, buah dan biji-bijian.

6. Pembentukan makromolekul. Fungsi karbohidrat di dalam tubuh kita bukan hanya sebagai sumber energi saja, melainkan karbohidrat juga digunakan sebagai pembentukan makromolekul penting, seperti DNA. Selain itu, glukosa juga diperlukan oleh tubuh untuk membuat NADPH,  molekul ini sangat penting utuk melindungi tubuh dari stres oksidatif dan gangguan mental lainnya.

7. Mencegah ketosis. Ketosis adalah suatu proses metabolisme yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa dari karbohidrat sebagai energi. Jika hal ini terjadi, maka lemak yang tersimpan akan dipecah sebagai energi untuk menggantikan karbohidrat, sehingga mengakibatkan penumpukan asam yang disebut keton dalam tubuh. Penumpukan keton yang berlebihan di dalam tubuh dapat mengakibatkan keracunan yang ditandai dengan mual, lemas bahkan dalam kasus parah bisa mengakibatkan kegagalan pada fungsi ginjal.

Makanan sumber karbohidrat kompleks

Buah-buahan. Buah merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik karena mengandung tinggi serat dan rendah gula. Belum lagi buah juga menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai macam fungsi penting.

Kacang-kacangan. Jika anda suka ngemil dengan kue kering atau makanan olahan lainnya, sebaiknya mulai dari sekarang mengurangi dan mengganti dari sumber kacang-kacangan. Karbohidrat dari makanan manis seperti kue kering dan cokelat bisa menaikkan kadar gula darah sekaligus memicu obesitas. Sedangkan sumber karbohidrat dari kacang umumnya mengandung tinggi serat dan lemak sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Gandum. Gandum adalah makanan dengan tinggi nutrisi. Gandum sangat baik digunakan sebagai menu sarapan pengganti nasi karena menyediakan serat dan karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi gandum anda tidak akan mudah lapar karena karbohidrat di dalamnya secara bertahap akan diserap oleh tubuh.

Kentang. Di berbagai negara kentang menjadi salah satu makanan pokok karena mengandung tinggi karbohidrat yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Selain itu, kentang juga padat akan nilai gizi seperti zat besi, serat dan mineral penting lainnya.

Jagung. Tidak jauh berbeda dengan kentang, jagung adalah sumber karbohidrat yang sangat baik. Jagung memiliki karbohidrat yang berkualitas karena rendah gula dan tinggi nutrisi. Jagung bisa anda manfaatkan sebagai makanan pokok pengganti nasi, terutama bagi penderita diabetes.

loading...