Tuesday, September 22, 2015

14 Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi adalah penyakit terkait  tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan faktor utama serangan jantung dan dianggap sebagai penyebab utama stroke. Hipertensi (tekanan darah tinggi) sering disebut "silent killer", karena orang yang menderita penyakit ini biasanya tidak terasa,  dan baru akan menyadarinya ketika mereka terkena stroke atau serangan jantung.

Penyakit darah tinggi sering dipicu masalah kesehatan lain seperti obesitas. Obesitas akan menyebabkan kerja jantung menjadi lebih berat sehingga dapat mengacaukan tekanan darah. Selain faktor tersebut, tekanan darah tinggi juga berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasan merokok dan mengkonsumsi makanan tinggi lemak. Makanan disisi lain memang dapat meningkatkan risiko hipertensi, tetapi disisi lain juga bisa membantu mengatasinya, beberapa contoh makanan penurun tekanan darah tinggi diantarnya:

makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi
makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

1. Buah berry. Anda butuh makanan penurun tekanan darah tinggi? cobalah memulai dengan buah berry. Buah berry masuk daftar sebagai buah dengan antioksidan tinggi karena mengandung tinggi vitamin C.  Buah berry seperti blueberry, stroberi, dan raspberry juga diperkaya dengan serat yang bermanfaat menurunkan kolesterol jahat. Selain vitamin C, Keluarga berry juga mengandung tinggi kalium yang merupakan mineral penting untuk mengontrol tekanan darah.

2. Buah pisang. Pisang merupakan buah yang lezat dan sangat populer karena mengandung tinggi nutrisi termasuk serat dan kalium. Dalam buah pisang mengandung sekitar 450 miligram kalium, yang cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk menjaga kestabilan tekanan darah, sangat penting bagi kita mengurangi jumlah garam dan meningkatkan tinggi kalium dalam menu harian. Selain itu, asupan kalium yang rendah juga dapat meningkatkan risiko penyakit stroke.

3. Yogurt. Yogurt adalah makanan tinggi kalsium yang memiliki efek menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut studi dari diet DASH Orang dewasa yang mengkonsumsi setidaknya 1000-1500 miligram kalsium perhari dari makanan dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Meskipun mengambil suplemen dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mudah, tetapi para ahli merekomendasikan kita mendapatkan asupan kalsium dari makanan. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi kalsium memiliki efek penurunan tekanan darah tinggi lebih baik dibandingkan dari suplemen.

4. Anggur merah. Red Wine atau anggur merah sering digunakan sebagai minuman beralkohol yang memberikan efek buruk bagi kesehatan dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Tetapi anggur merah yang masih belum difermentsi justru memiliki efek sebaliknya. Anggur merah bermanfaat menenangkan arteri, mengurangi kadar gula darah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Memasukkan anggur ke dalam menuh sehat harian anda bisa membantu mencegah timbulnya tekanan darah tinggi bahkan meringankan hipertensi. Anggur merah dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung beberapa zat seperti etil alkohol (etanol) dan polifenol antioksidan, termasuk resveratrol dan procyanidins.

5. Kayu manis. Kayu manis sudah sejak lama dikenal sebagai obat. Kombinasi kayu manis dengan madu dipercaya cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Belum lagi, kayu manis diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Kayu manis dapat anda pasangkan dengan aneka makanan seperti oatmeal.

6. Ikan salmon dan tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung tinggi asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Lemak sehat yang terdapat dalam kedua jenis ikan tersebut telah terbukti mampu mengurangi risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Sebuah analisis menunjukkan, bahwa suplementasi minyak ikan dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, mengkonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan asam omega-3 bukan merupakan cara ideal, karena beberapa studi menunjukkan bahwa terlalu banyak menkonsumsi minyak ikan justru dapat meningkatkan risiko kardiovaskular. Ini berbeda saat anda mendapatkan asupan omega 3 dari makanan, karena jumlah omega 3 dalam makanan biasanya tidak berlebihan.

7. Teh hibiscus (bunga sepatu). Minum teh merupakan kebiasaan sehat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Beberapa jenis teh diketahui memiliki kemampuan lebih dibandingkan yang lain dalam hal menurunkan tekanan darah. Seperti teh hibiscus, teh jenis ini telah terbukti mengurangi tekanan darah pada orang dewasa sebelum terkena hipertensi, ini sangat baik digunakan sebagai langkah pencegahan. Hibiscus adalah pohon kecil dengan bunga merah yang kaya akan flavonoid, mineral, dan nutrisi lainnya. Para ahli merekomendasikan minum teh hibiscus dua sampai tiga cangkir per hari untuk mendapatkan manfaat nyata. Meskipun demikian beberapa jenis teh mengandung tinggi kafein sehingga anda harus membatasinya.

8. Buah bit. Buah bit dikenal sebagai makanan untuk membersihkan darah dari racun karena mengandung tinggi antioksidan penting. Selain kemampuannya tersebut, buah bit telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mencegah hipertensi anda perlu menjaga tingkat emosional dan stres, dimana stres sering dipicu oleh radikal bebas, sedangkan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah bit bisa menetralisir efek buruk radikal bebas tersebut.

9. Kentang. Kentang adalah makanan yang mengandung tinggi kalium dan magnesium, dua mineral penting untuk membantu melawan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan asupan tinggi kalium di Amerika dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa hingga 10 persen. Kentang makanan serba guna karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti serat, mineral dan karbohidrat. Cobalah mengganti menu sarapan anda dengan kentang untuk terhindar dari tekanan darah tinggi.

10. Brokoli. Brokoli merupakan sayuran sehat karena mengandung tinggi serat dan antioksidan. Bahkan, brokoli selalu masuk daftar tertinggi makanan sehat karena manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan. Brokoli diperkaya dengan mineral penting seperti kalsium, kalium dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan jantung, termsuk hipertensi.

11. Makanan tinggi vitamin E. Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, vitamin ini adalah bentuk lain dari antioksidan. Vitamin E memberikan perlindungan tubuh dari peyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolesterol. Vitamin E bukan hanya menurunkan LDL tetapi juga meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), keduanya sangat penting dalam mencegah stroke yang diakibatkan tekanan darah tinggi.

12. Asparagus. Sayuran ini adalah pilihan nomor satu untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena kaya akan kalium. Meskipun banyak makanan lain yang tinggi kalium  seperti buah pisang, buah jeruk, aprikot kering dan ikan. Tetapi asparagus juga merupakan diuretik alami, yang memberikan efek kuat dalam menurunkan tekanan darah.

13. Oatmeal. Oatmeal adalah menu sarapan sehat karena bermanfaat menurunkan kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 88 orang menunjukkan bahwa makan oatmeal secara rutin bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah jenis oatmeal organik, atau anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

14. Jamur. Jamur diperkaya dengan kalium, yang merupakan mineral utama untuk mengendalikan tekanan darah. Jamur juga memiliki banyak kelebihan lain dari pada hanya sekedar mengurangi hipertensi. Makanan ini tinggi serat, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Belum lagi, jamur adalah makanan yang lezat dan bisa dibuat menjadi aneka makanan seperti sup, tumis dan sate.
loading...